sign up SIGN UP

Heboh Kasus Medina Zein, Ini Cara Bedakan Tas Hermes Asli dan Palsu

Rayoga Firdaus | Senin, 30 Aug 2021 21:45 WIB
Heboh Kasus Medina Zein, Ini Cara Bedakan Tas Hermes Asli dan Palsu
caption
Jakarta -

Kontroversi akan tas mewah palsu atau KW kembali terjadi di mana kali ini diduga melibatkan pengusaha dan selebgram Medina Zein. Kehebohan ini dimulai ketika influencer lain Marrisya Icha dalam unggahannya membeberkan bahwa Medina Zein menjual tas Hermès palsu pada sejumlah selebriti. Marrisya juga menekankan bahwa permasalahan utamanya adalah, Medina sedari awal mengetahui bahwa tas yang dijualnya memang palsu alias KW namun ia menyebut tas tersebut asli pada calon pembelinya.

Pemalsuan tas mewah memang telah ada sejak dari dulu. Dan seiring dengan perkembangan zaman para pemalsu juga kian canggih dalam membuat tiruan. Kita tentu pernah mendengar berbagai macam level tas KW ini, dengan berbagai nama seperti mirror atau super.

Permasalahan lainnya adalah Hermès juga tidak pernah merilis sebuah panduan khusus mengenai karakteristik dari produk lansirannya. Karena hal tersebut juga merupakan bagian dari rahasia perusahaan. Hermès dan label fashion lainnya juga terus berinovasi dalam hal desain dan kualitas produk agar semakin sulit dibuat tiruannya.

Pada akhirnya, memang konsumen sendiri yang harus lebih kritis. Untungnya ada banyak literatur dan juga video dari para ahli dan pelanggan Hermès yang memberikan tip nya agar kita bisa membedakan tas asli dan palsu. Berikut rangkumannya.

Hermès Tidak Pernah Memberikan Authenticity Card

Berbeda dengan sejumlah label mewah lain, rumah mode yang identik dengan warna orange ini tidak pernah memberikan authenticity cards dalam setiap pembelian. Jadi jika ada yang menawarimu sebuah tas Hermès Birkin yang dibilang 'lengkap' dengan authenticity cards itu sudah pasti palsu ya Beauties! Kelengkapan lain yang bisa kamu cek adalah dust bag. Dilansir dari situs Love To Know, bahwa logo Hermès harus berwarna dark brown.

Stamp

Perbedaan tas Hermès asli dan palsuPerbedaan tas Hermès asli dan palsu/ Foto: LegitGrails.com


Di bagian depan tas Birkin terdapat tulisan 'Hermès Paris Made in France'. Dilansir dari Legit Grails, selalu pastikan penulisannya benar dan penempatannya tepat berada di tengah, sejajar dan dalam ukuran yang sama.


Blind Stamp

Blind stamp tas HermèsBlind stamp tas Hermès/ Foto: Rebag


Pada tas Hermès terdapat sebuah kode unik yang sering disebut blind stamp atau date stamp. Situs jual beli preloved barang mewah kenamaan 1stdibs dalam artikelnya menuliskan bahwa Hermès mulai memberikan 'kode' huruf pada tasnya sejak tahun 1945 dengan huruf 'A' dan berakhir pada tahun 1970 dengan kode 'Z'. Tahun 1971 siklus kembali dimulai dari awal dengan desain penulisan yang berbeda dengan huruf ditulis di dalam lingkaran. Lalu pada tahun 1997 kembali berubah dengan bentuk kotak. Pada model Birkin dan Kelly, kode ini terdapat pada bagian exterior arm. Namun per 2020, Hermès mulai memindahkan kode ini ke bagian dalam tas. Beberapa edisi di sejumlah tahun bahkan tidak terdapat kode ini. Simak di bawah.

Stamp tas HermèsStamp tas Hermès/ Foto: Codogirl.com

Kualitas Hardware

Perbedaan tas Hermès asli dan palsuPerbedaan tas Hermès asli dan palsu/ Foto: LegitGrails.com


Sebagai tas yang telah menjadi simbol kemewahan, Hermès selalu menggunakan material terbaik dalam setiap bagian dari tasnya. Tas asli akan selalu terdapat tulisan Hermès pada bagian zipper. Lalu jenis hardware yang dipakai Hermès adalah emas dan palladium. Dan penggunaanya akan membuat tas menjadi lebih berat.

Kualitas Kulit

Hermès dikenal memiliki banyak pilihan jenis kulit untuk tasnya. DT Sidabutar seorang Luxury Sales Specialist dari situs marketplace Kick Avenue memaparkan fakta lain. "Salah satu yang banyak dimiliki adalah tas dengan jenis kulit Togo. Publik berasumsi bahwa tas Hermès akan selalu terlihat sempurna seiring waktu. Namun untuk jenis ini, justru jika sering dipakai akan menjadi lebih 'softened up' atau lemas karena memang karakteristiknya demikian. Pengecualian jika tas tersebut hampir tidak pernah dipakai sama sekali,".

Kualitas Jahitan

Perbedaan tas Hermès asli dan palsuPerbedaan tas Hermès asli dan palsu/ Foto: LegitGrails.com


Setiap jahitan pada tas Hermès dijahit langsung oleh tangan ahli artisan yang telah melewati pelatihan bertahun-tahun. Ini juga salah satu alasan mengapa tas seperti Birkin dan Kelly jarang tersedia di butik. Dari sisi pemalsuan, biasanya tas palsu jahitannya terlihat sangat rapi karena memakai mesin. Sementara yang asli, meski rapi namun tetap terlihat ada sedikit perbedaan dalam setiap jahitan.

DT Sidabutar juga menambahkan bahwa kualitas jahitan dan date stamp menjadi salah dua karakteristik yang paling sulit untuk dipalsukan. "Kualitas jahitan Hermès itu khas. Dan konsumen juga perlu lebih teliti dalam melihat date stamp terutama jika membeli di luar butik atau preloved,".

Harga

Tas Birkin dan KellyTas Birkin dan Kelly/ Foto: Getty Images


Bersikap realistis dan jujur mengenai harga sebetulnya cara paling mudah menentukan mana tas KW dan tas asli. Situs Pursebop dalam artikelnya menuliskan untuk harga tas Hermès Birkin jenis Sellier Epsom Calfskin ukuran 30 per tahun 2021 harganya mencapai 13.400 USD atau sekitar Rp192 juta. Ini tentu akan berbeda dengan jenis kulit dan tipe lainnya. Lalu bagaimana dengan harga preloved?

DT Sidabutar kembali memaparkan bahwa untuk preloved Birkin ukuran 35, paling murah biasanya berkisar Rp60 jutaan dan paling mahal bisa sampai Rp150 jutaan. Tergantung kondisi dari tas tersebut. "Kini semakin kecil ukuran akan semakin mahal harganya, di reseller dan situs jual preloved. Sangat tidak mungkin untuk preloved Birkin ukuran 25 atau Kelly ukuran 25 dan 28 dengan harga di bawah Rp100 juta. Biasanya untuk ukuran tersebut akan berkisar Rp150 juta ke atas,".

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id