sign up SIGN UP

FASHION

Hindari Kuku Patah, Ini 5 Tips yang Bisa Kamu Lakukan

Izzul Millati Umami | Senin, 07 Sep 2020 06:00 WIB
Hindari Kuku Patah, Ini 5 Tips yang Bisa Kamu Lakukan
caption
Jakarta -

Seperti halnya dengan rambut yang sehat, kuku yang kuat serta terawat juga dapat menjadikan penampilanmu menjadi semakin menarik. Tidak hanya itu, kuku yang sehat juga dapat menjadi indikator kesehatan. Kamu yang memelihara kuku juga wajib untuk menjaga kekuatan kuku-kukumu supaya tidak mudah patah. Kamu tidak harus menghabiskan banyak uang untuk melakukan perawatan kuku agar tetap sehat.

Hindari dari Paparan Detergen

detergen
detergen/Sumber:pixabay.com

Sudah lazim bagi orang yang memanjangkan kuku untuk selalu menjaga kelembaban serta kebersihan kuku yang mencegah bakteri tumbuh di kuku. Sebenarnya ada lagi, yakni menghindari kuku dari paparan detergen dan air yang dapat menyebabkan kukumu rapuh. Maka dari itu, kamu ketika mencuci piring atau baju dengan menggunakan tangan, kamu bisa mengenakan sarung tangan karet agar tidak langsung kontak dengan detergen.


Mengonsumsi Cukup Air

Air Mineral
Air Mineral/Sumber:pixabay.com

Mengonsumsi cukup air penting untuk kesehatanmu, termasuk juga kesehatan kuku. Kalau kamu kekurangan mineral, kukumu dapat menjadi rapuh dan gampang patah. Jadi, ketika kamu ingin kukumu tidak gampang patah, konsumsilah air dalam porsi yang cukup agar kelembaban kuku terjaga.

Rutin Pakai Pelembab TanganĀ 

Pelembab
Pelembab/Sumber:pixabay.com

Kuku yang gampang patah dan rapuh bisa disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya adalah kuku yang terlalu kering. Memakai pelembab adalah salah satu solusi untuk menjaga kuku tidak mudah patah. Ketika kamu menggunakan lotion di tangan, cobalah untuk menggosok lotion tersebut ke bagian kuku-kukumu.

Hindari Zat Kimia Berlebih

Zat Kimia Berlebih
Zat Kimia Berlebih/Sumber:pixabay.com

Kamu yang memanjangkan kuku dan biasa mengecat kuku dengan kuteks harus berhati-hati menggunakannya karena kuteks juga mengandung bahan kimia keras yang bisa membuat kukumu rapuh dan mudah patah. Setelah menggunakan cat kuku, hapuslah cat kuku tersebut dengan penghapus cat yang bebas aseton. Kalau bisa kamu jangan terlalu sering menggunakan cat kuku.

Jangan Kebiasaan Menggigit Kuku

Agar kukumu tidak gampang patah, jangan membiasakan kebiasaan menggigit kuku karena dapat merusak kuku dan berpotensi mematahkan kuku. Mungkin awalnya kuku akan tersobek sedikit, namun kalau kamu memegang sesuatu, ia bisa saja tidak sengaja patah.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id