sign up SIGN UP

FASHION

Ingin Rambut Lebih Tebal? Simak 5 Faktor Utama yang Menunjang Pertumbuhan Rambut!

Rumaysha Milhania | Minggu, 14 Mar 2021 10:30 WIB
Ingin Rambut Lebih Tebal? Simak 5 Faktor Utama yang Menunjang Pertumbuhan Rambut!
caption

Meskipun genetika berperan dalam menjaga pertumbuhan rambut yang sehat, beberapa faktor dari luar pun ternyata juga ikut berperan. Meskipun tidak ada ramuan atau obat ajaib yang akan menghasilkan pertumbuhan rambut instan, ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk membantu rambut kamu tumbuh lebih lebat.

Meskipun genetika berperan dalam menjaga pertumbuhan rambut yang sehat, beberapa faktor dari luar pun ternyata juga ikut berperan.
Menebalkan Rambut/ Sumber: Freepik.com

1. Hindari diet ketat

Melansir dari Healthline, Dr. Lindsey Bordone, asisten profesor dermatologi di Pusat Medis Universitas Columbia, kita tidak dapat mengontrol semua yang memengaruhi pertumbuhan rambut kita. Tetapi ada hal-hal yang dapat kita hindari yang dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan peningkatan kerontokan.

Salah satunya adalah diet yang ketat. Pasalnya, diet yang sangat ketat dapat menyebabkan penurunan sumber daya dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Tak hanya itu, setelah menjalani diet sehat, rambut rontok biasanya berlangsung selama beberapa bulan.

2. Perhatikan asupan protein

Jika diet kamu sangat ketat, rambut tidak akan tumbuh secara optimal, dan kerontokan bisa terjadi dengan sangat mudah. Itulah sebabnya, sangat penting untuk makan makanan yang seimbang dengan asupan protein yang cukup untuk mendukung pertumbuhan rambut yang optimal. Para ahli gizi biasanya merekomendasikan setidaknya 50 gram protein per hari.

Jika diet kamu sangat ketat, rambut tidak akan tumbuh secara optimal, dan kerontokan bisa terjadi dengan sangat mudah.
Asupan protein untuk rambut lebih tebal/ Sumber: Freepik.com

3. Pertimbangkan asupan produk yang mengandung kafein

Kita semua tahu bahwa kafein dapat memberi kamu dorongan energi, tetapi satu studi tahun 2014 menemukan bahwa kafein juga memiliki efek meningkatkan pertumbuhan pada rambut. Menurut penelitian tersebut, kafein dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut baru pada tingkat molekuler, seluler, dan organ baik pada pria maupun wanita.

4. Mencoba minyak esensial

Minyak atsiri tidak hanya berbau harum, tetapi juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Satu studi menemukan bahwa dosis harian 400 miligram minyak biji labu dalam bentuk kapsul dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada pria. Setelah 24 minggu, pria yang mengonsumsi minyak biji labu mengalami peningkatan jumlah rambut hingga 40 persen.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa minyak rosemary sama efektifnya dengan minoksidil, yaitu bahan aktif dalam obat penumbuh rambut, dalam memulihkan pertumbuhan rambut.

Vitamin, mineral, dan asam lemak tertentu sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Tak hanya itu, ini juga memainkan peran kunci dalam menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan rambut.
Vitamin dan mineral untuk kesehatan rambut/ Sumber: Freepik.com

5. Perbaiki asupan nutrisi

Terakhir, vitamin, mineral, dan asam lemak tertentu sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Tak hanya itu, ini juga memainkan peran kunci dalam menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan rambut. Nutrisi yang harus kamu perhatikan asupannya antara lain:

  • Biotin
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin E.
  • Seng
  • Besi
  • Omega-3 dan omega-6

Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dan omega-6 selama 6 bulan dapat membantu mencegah rambut rontok.

Jadi, jangan terlalu fokus mencari produk atau ramuan untuk menebalkan rambut. Kamu bisa mulai merawat rambut kamu dengan mengubah gaya hidup kamu menjadi lebih sehat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id