sign up SIGN UP

FASHION

Inspirasi Fashion Untuk Sambut Kemerdekaan RI ke 75

Verticallya S.E Pratiwi | Sabtu, 15 Aug 2020 21:00 WIB
Inspirasi Fashion Untuk Sambut Kemerdekaan RI ke 75
caption
Jakarta -

Indonesia, Negara kita tercinta kini telah memasuki usia kemerdekaan 75 tahun. Semenjak merdeka dari penjajahan negeri asing, Indonesia telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan. Menyambut hari bersejarah Negara kita, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Jika tak bisa ikut acara kemerdekaan karena sibuk, atau tak sempat menghias kita bisa memperingatinya dengan melestarikan kebudayaan Negara kita sendiri. Bagaimana caranya? Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah mengenakan baju yang menjadi ciri Indonesia, seperti batik, kain songket atau kebaya.

Tapi, mengenakan pakaian batik, kain songket, atau kebaya, sering kali identik dengan acara formal saja. Padahal untuk outfit sehari – hari juga bisa loh ladies. Kamu gak perlu bingung bagaimana mix and matchnya, bisa kamu intip inspirasi berikut ini!

 


Batik Sebagai Outer

Batik Outer
Batik Outer dari Zalora/Zalora.co.id

Mengenakan batik, tak melulu berupa blouse atau kemeja resmi saja. Kamu bisa gunakan kemeja batik kebesaranmu menjadi outer untuk melapisi kaus polos berwarna hitam milikmu, dipadukan dengan celana polos berwarna senada atau jeans akan sangat pas menjadi paduan. Tambahan kalung atau bros sebagai aksesoris juga dapat menambah kesan elegant namun tetap simple.

 

Kebaya Casual

Atasan Kebaya Hitam dari Javinka, Berrybenka
Javinka Kebaya Top Black/Berrybenka

Tak perlu menunggu acara kondangan atau pesta resmi lainnya untuk mengenakan kebaya kesayanganmu. Kamu bisa padu padankan kebaya dengan celana jeans atau celana bahanmu loh. Mau itu kulot atau celana katun bisa kamu coba! Kesan tradisional dan sisi casual-modern akan membuatnya bisa digunakan untuk sehari – hari, sekaligus melestarikan kebudayaan agar semakin dikenal.

 

Celana Batik

Celana Batik Ikiru
Celana Batik/Ikiru Blibli.com

Kalau bosan pakai bajunya, bisa kamu coba mengenakan celana batik. Bisa kamu kenakan untuk ke kampus atau nongkrong. Celana batik dipadukan dengan atasan polos berwarna senada dengan motif, ditambah sandal selop ataupun sneakers, akan terlihat nyentrik tapi mempesona untuk kamu kenakan. Sangat cocok untuk waktu santai bukan?

Celana Batik Kulot dari Ikiru
Celana Batik Kulot/Ikiru Blibli.com

  

Batik Etnik Floral Sebagai Atasan

Batik floral
Batik floral/Fasninafashion.com

Batik etnik floral memiliki pesona tersendiri dengan potongan tangan di atas siku dan bodyline terbuka. Sehingga bisa menjadi ilusi bentuk tubuh agar tak terlihat terlalu berisi, terutama bagi yang tak nyaman mengenakan pakaian yang ketat. Padu padan dengan celana kain berwarna putih akan sangat cocok. Seperti yang dikenakan oleh fashion blogger, Faras Nina berikut ini.

 

Scarf Batik

Scarf batik emas
Scarf Batik Emas/Amora Storee Shopee.com

Kalau menurutmu repot pakai bajunya langsung, ada pilihan lain nih. Supaya bisa cepat dikenakan dan tak ribet, kamu bisa kenakan scarf sebagai aksesoris dan menghangatkan diri, apalagi buat yang pergi ngantor atau keluar rumah pagi hari yang dingin. Kamu bisa kenakan pakaian yang tak bermotif dan polos untuk lebih menonjolkan scarf yang kamu kenakan. Cocok untuk dipakai kemanapun dalam segala situasi.

 Paling penting dari memadu padankan pakaian, adalah kepercayaan dirimu. Jadi, kenakan pakaianmu dengan percaya diri, dan mari lesatrikan budaya Indonesia!

Selamat Hari Kemerdekaan ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id