sign up SIGN UP

Jangan Ikut-ikutan Tren Terus, Tentukan Signature Style-mu Agar Lebih Berkarakter

Ayuliy Lestari | Kamis, 17 Jun 2021 08:30 WIB
Jangan Ikut-ikutan Tren Terus, Tentukan Signature Style-mu Agar Lebih Berkarakter
caption

Mengikuti perkembangan zaman memang perlu dilakukan supaya jiwa kamu tetap muda dan penampilan pun tetap trendy. Namun terlalu ikut-ikutan tren juga membuat kantong mudah jebol karena kamu lebih sering shopping, Ladies.

Padahal, nggak harus sama persis dengan tren fashion wanita yang saat ini sedang booming, untuk itu kamu perlu punya gayamu sendiri. Kalau terlalu fanatik dengan tren fashion terkadang kamu pun tidak sengaja memakai outfit yang sama persis dengan orang lain di tempat-tempat umum, lho!

Supaya hal tersebut tidak terjadi, kamu bisa menentukan signature style-mu yang disesuaikan dengan kenyamanan namun juga tak kalah trendy. Nantinya kamu akan punya ciri khas dan mudah diingat.

Untuk menentukan signature style memang butuh usaha. Beberapa langkah simpel ini bisa kamu lakukan, Ladies.

1. Cari Beberapa Referensi

Cara cari signature style
Cara-cari signature style/Freepik.com

Pertama, kamu bisa mengumpulkan gambar yang bisa dijadikan inspirasi fashion. Misalnya jika kamu menyukai style ala Korea, kamu bisa mencari OOTD artis atau selebgram Korea di media sosial seperti Pinterest, Instagram dan lain-lain untuk referensi.

Bahkan editor, stylish, hingga creative director juga sering mengawali proyek fashion mereka dengan mencari inspirasi dari banyak tempat. Kamu pun bisa melakukannya untuk dirimu sendiri agar memiliki inspirasi penampilan yang trendy namun iconic.

2. Cek Foto-foto Lama

Cara cari signature style
Cara-cari signature style/Freepik.com

Melihat foto-foto lama terkadang membuat kamu jadi ilfeel sendiri. Ada banyak foto jadul yang menurut kamu ‘gak banget’. Nah, cara ini sangat penting dilakukan untuk membuat kamu tahu, outfit jenis apa saja yang sebenarnya kurang cocok.

Kamu bisa mengeliminasi beberapa outfit yang menurut kamu tidak cocok dengan bentuk tubuh atau warna kulitmu. Ingat-ingat juga baju jenis apa yang membuat kamu merasa nyaman dan percaya diri. Dengan begitu kamu bisa mempersempit jenis outfit yang akan menjadi gaya ciri khasmu, Ladies.

3. Eksperimen dengan Outfits yang Sudah Kamu Punya

Cara cari signature style
Cara-cari signature style/Freepik.com

Nggak perlu beli baru, lho! Kamu tinggal membongkar lemari dan melihat baju-baju lama kamu. Jika memiliki waktu luang untuk melakukannya, hal ini bisa jadi kegiatan yang menyenangkan.

Pilih lagi baju dari lemari kamu yang sekiranya bisa mewakili gaya fashion atau style kamu saat ini. Memang bertambahnya usia membuat selera fashion seseorang menjadi berubah. Kamu bisa menyortir baju mana saja yang masih ingin kamu pakai dan baju mana yang sebaiknya dieliminasi.

4. Foto Dirimu Sendiri

Cara cari signature style
Cara-cari signature style/Freepik.com

Setelah bereksperimen dengan koleksi outfit di lemari, kamu perlu memilih beberapa gaya yang cocok dengan karakter kamu saat ini sekaligus nyaman dipakai dan membuat percaya diri. Kamu bisa memfoto diri sendiri dengan potret head to toe, dari ujung kaki hingga kepala kemudian melihat hasilnya satu persatu.

Nantinya, kamu bisa menyortir kembali mana gaya yang sesuai dan mana yang menurutmu kurang trendy. Kamu juga bisa mengirimkan hasil foto ke sahabat-sahabat kamu agar mereka juga membantu mengevaluasi.

5. Evaluasi Lagi dan Sortir Isi Lemarimu

Cara cari signature style
Cara-cari signature style/Freepik.com

Terakhir, ketika kamu sudah menemukan ide outfits yang cocok jadi signature style-mu, saatnya totalitas dalam menyortir isi lemari. Sumbangkan outfits yang sudah tak lagi memberi kesenangan dan rasa percaya diri.

Mungkin aktifitas ini cukup melelahkan, tapi nantinya, kamu akan merasa puas jika sudah selesai. Lemari pakaian jadi lebih rapi dan akan ada lebih banyak ruang untuk outfits baru yang pas dengan gaya kamu sekarang. Mudah kan?


Our Sister Site

mommyasia.id