sign up SIGN UP

FASHION

Kesal dengan Baju yang Menyusut? Ini Dia Cara Merawat Baju Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Rumaysha Milhania | Kamis, 06 Feb 2020 11:15 WIB
Kesal dengan Baju yang Menyusut? Ini Dia Cara Merawat Baju Agar Lebih Awet dan Tahan Lama
caption
Pakaian yang menyusut saat pertama kali dicuci memang merupakan hal yang menyebalkan. Untuk itu, pahami cara merawat baju agar awet dan lebih tahan lama berikut ini.

Pernahkah kamu mendapatkan baju barumu menyusut saat pertama kali dicuci? Hal ini tentu sangat menjengkelkan. Apalagi saat kamu sudah dengan yakin memilih ukuran baju yang pas dan nyaman untuk dikenakan.

Tentu baju yang menyusut itu akan menjadi tidak nyaman dipakai, bahkan membuat tampilan menjadi tidak enak dilihat. Namun, tidak bisa dipungkiri, baju yang menyusut memang merupakan hal yang sangat sering terjadi. Itulah sebabnya dangat penting untuk mengetahui cara merawat baju agar lebih tidak mudah menyusut. Simak ulasannya berikut ini.
 



1. Baca dan Ikuti Instruksi pada Label

Semua pakaian pada umumnya memiliki label yang mencantumkan apa yang harus / tidak boleh dilakukan dalam pencuciannya. Sebagian besar label itu akan memberikan anjuran atau instruksi pencucian untuk menghindari kerusakan.

Beberapa pakaian menganjurkan pencucian dengan proses dry cleaning, pencucian manual dengan tangan, pengatuarn suhu air, hingga siklus cucian saat menggunakan mesin cuci yang penting untuk diperhatikan. Namun, antisipasi beberapa pakaian pakaian yang terbuat dari serat alami (seperti Wol) yang memiliki lebih banyak regangan karena mereka lebih mudah menyusut dibandingkan pakaian dengan bahan serat buatan (seperti akrilik, poliester, dan nilon).
 


Foto: https://laundrybasketfc.com/


 



2. Gunakan Air Dingin Saat Mencuci

Penggunaan air dingin memang tidak menjamin 100% penyusutan akan terjadi. Namun, ini mengurangi kemungkinannya untuk menyusut. Pasalnya, air dingin tidak bersifat merusak kain seperti air hangat dan panas. Air panas yang digunakan untuk mencuci pakaian dapat menyebabkan serat pada pakaian menjadi rileks hingga menyebabkan kain menyusut. Pada akhirnya, ini membuat kain menjadi lebih menciut. 
 


Foto: https://www.whirlpool.com/


 



3. Jemur Pakaian, Jangan Gunakan Mesin Pengering

Jika kamu ingin benar-benar menghindari penyusutan, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah melakukan air dry atau mengeringkan pakaian yang dicuci dengan diangin-anginkan. Ini adalah metode teraman yang biasanya dilakukan pada pakaian berbahan rajut yang dirajut secara longgar. Sebaliknya, penggunaan mesin pengering malah dapat membuat pakaian menjadi semakin susut.
 


Foto: https://www.kogan.com/


 



4. Cuci Manual dengan Tangan

Mencuci dengan mesin cuci terkadang lebih berisiko menyebabkan pakaian menjadi menciut. Untuk itu, pastikan untuk mencuci pakaian dengan metode manual menggunakan tangan. Kamu dapat mengatur sendiri intensitas penyikatan sehingga serat kain tidak menjadi mudah rusak. Mencuci dengan mesin cuci terkadang sulit untuk dikontrol sehingga kerap merusak kain.
 


Foto: https://fredsappliance.com/


Itulah beberapa cara merawat baju dan mengatasi baju menyusut. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba, ya!


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id