sign up SIGN UP

FASHION

Ketahui Waktu dan Alasan Kenapa Kita Harus Mengganti Hairbrush

Intan Dwi | Kamis, 11 Feb 2021 10:30 WIB
Ketahui Waktu dan Alasan Kenapa Kita Harus Mengganti Hairbrush
caption
Jakarta -

Hairbrush atau sikat rambut merupakan salah satu alat kecantikan untuk merawat rambut agar tetap rapi dan sehat. Banyak orang yang menggunakan ini karena ini alat yang nyaman digunakan untuk menyisir rambut pendek maupun panjang. Keuntungan lainnya, kamu bisa mendapatkan gaya rambut yang kamu inginkan hanya dengan menggunakan hairbrush.

Tapi masih banyak orang yang tidak menjaga hairbrush dengan baik, salah satunya malas untuk membersihkan atau tidak tahu kapan dia harus mengganti hairbrush miliknya. Berikut ini adalah alasan kenapa dan kapan kamu harus mengganti hairbrush.

Kenapa perlu mengganti sikat rambut?

Sikat rambut yang kamu gunakan itu mengandung bakteri dan debut yang menumpuk setelah setiap hari digunakan. Hal itu membuat bakteri dan debu yang menempel pada sikat rambut kamu mustahil untuk dihilangkan.
Alasan harus mengganti hairbrush/freepik.com

Sikat rambut yang kamu gunakan itu mengandung bakteri dan debu yang menumpuk setelah setiap hari digunakan. Hal itu membuat bakteri dan debu yang menempel pada sikat rambut kamu mustahil untuk dihilangkan. Terutama buat kalian yang memiliki ketombe, setiap kali kamu menyisir rambut maka ketombe akan kembali ke rambut kamu kalau tidak diganti.

Selain itu, jika sikat rambut kamu terdapat sisa produk perawatan rambut, maka kamu juga menyapu produk tersebut kembali ke rambut. Terakhir, jika sikat kamu tidak memiliki bulu, maka sikat tidak akan bekerja secara efektif dan mungkin kamu akan menggunakan lebih banyak alat panas (catokan dan hairdryer) saat menata rambut yang menyebabkan kerusakan dan ujung rambut bercabang.

Katakanlah kalau kamu memiliki sikat bundar dan bulunya telah rusak, maka kamu enggak bisa mendapatkan gaya rambut yang kamu inginkan. Bulu yang bengkok pada semua jenis sikat rambut juga bisa menyebabkan kerusakan.

Jadi kalau rambut kamu keriting, tebal atau menggunakan banyak produk sebelum menggunakan sikat rambut, kemungkinan besar sikat rambut kamu perlu diganti lebih sering.

Cara membersihkan sikat rambut

Ketika kamu sudah menggunakannya, kamu juga harus melakukan pembersihan yang mendalam pada sikat rambut kamu dua minggu atau sebulan sekali.
Cara membersihkan sikat rambut/freepik.com

Ketika kamu sudah menggunakannya, kamu juga harus melakukan pembersihan yang mendalam pada sikat rambut kamu dua minggu atau sebulan sekali. Buang semua rambut dari bulu-bulu sikat, lalu bilas sikat dengan air hangat dan beberapa tetes sampo. Kemudian hempaskan beberapa kali dan biarkan hingga kering.

Kalau kamu memiliki sikat kayu, pastikan untuk tidak merendam sepenuhnya di bawah air. Tapi kalau sikat plastik itu bisa dibiarkan dalam mangkuk berisi air hingga 20 menit agar benar-benar terendam dengan baik.

Tanda kamu membutuhkan sikat baru

Tanda yang paling jelas adalah saat sikat kamu sudah kehilangan bulu atau ruasnya atau terlalu kotor untuk dibersihkan.
Tanda kamu membutuhkan sikat baru/freepik.com

Tanda yang paling jelas adalah saat sikat kamu sudah kehilangan bulu atau ruasnya atau terlalu kotor untuk dibersihkan. Bulu atau cabang yang hilang dalam kuas bisa menyebabkan kerusakan.

Jika sikat kamu sangat kotor sehingga kamu enggka bisa menghilangkan rambut dan seratnya, maka inilah waktunya untuk menggantinya dengan yang baru. Tanda lainnya adalah jika bantalan terlalu licin atau retak, sikat kemungkinan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada rambut kamu.

Bagaimana merawat sikat rambut agar tahan lama?

berapa lama sikat rambut kamu terjaga itu tergantung pada kualitas sikat, jenis dan tekstur rambut kamu serta perawatan dan produk yang digunakan.
Merawat sikat rambut agar tahan lama/freepik.com

Bagi kalian yang menggunakan sikat rambut, disarankan untuk menggantinya setiap enam hingga 12 bulan sekali, terutama jika itu sikat rambut plastik atau karet. Tetapi, berapa lama sikat rambut kamu terjaga itu tergantung pada kualitas sikat, jenis dan tekstur rambut kamu serta perawatan dan produk yang digunakan.

Jadi tidak ada aturan yang tepat mengenai cara merawat sikat rambut, karena ada berbagai faktor yang berperan. Selalu pastikan untuk memperhatikan tanda-tanda di atas atau cukup menggantinya setiap tahun jika kamu tidak yakin.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id