sign up SIGN UP

FASHION

Kondisi Potong Rambut yang Haram Dilakukan Saat Ramadan

Ayuliy Lestari | Sabtu, 08 May 2021 18:45 WIB
Kondisi Potong Rambut yang Haram Dilakukan Saat Ramadan
caption

Ladies, pernah nggak sih kamu merasa ragu untuk memotong rambut di bulan ramadan? Seperti yang diketahui, ada asumsi di masyarakat kalau potong rambut saat puasa tidak diperbolehkan.

Puasa sendiri memang adalah kewajiban bagi setiap umat muslim dimana kamu perlu menahan haus, lapar dan hawa nafsu. Kamu juga dianjurkan menjauhi perasaan iri, dengki dan lain-lain. Lalu bagaimana dengan potong rambut saat berpuasa? Apakah benar bisa membatalkan puasa?

Hukum Memotong Rambut Saat Berpuasa

memotong rambut untuk muslimah
memotong rambut untuk muslimah/freepik.com

Untuk kamu yang masih ragu ketika akan memotong rambut saat sedang berpuasa, tenang, Ladies, ternyata hal tersebut tidak membatalkan puasa.

Diperjelas oleh Syaikh bin Bazz Rahimahullah, mencukur rambut, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, semua itu tidak menjadikan batal puasanya orang yang berpuasa.

Tidak hanya itu, ada juga dalil yang membolehkan wanita untuk memotong rambut seperti yang diriwayatkan dalam hadits Abi Salamah bin Abdurrahman.

Bahwa para istri Nabi mencukur rambut mereka sampai seperti wafrah (rambut yang melebihi pundak atau pelipis telinga),” (HR. Muslim: 320).

Kondisi yang Tidak Diperbolehkan Memotong Rambut

memotong rambut untuk muslimah
memotong rambut untuk muslimah/freepik.com

Namun ternyata meski diperbolehkan memotong rambut saat puasa namun ada larangan yang membahas mengenai mencukur rambut. Ada aturan saat perempuan memendekkan rambut dan akan menjadi haram jika....

Mau tahu aturannya? KLIK DI SINI untuk informasi selengkapnya ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id