sign up SIGN UP

FASHION

Kulit Kepala Kering dan Gatal? Ini Cara Mengatasinya

Penny Fatikasari | Selasa, 18 Aug 2020 07:00 WIB
Kulit Kepala Kering dan Gatal? Ini Cara Mengatasinya
caption

Bukan cuma masalah rambut yang kasar, rontok, bercabang, tipis dan lepek. Kulit kepala kering dan gatal juga menjadi permasalahan tersendiri bagi seseorang.

Kulit kepala yang kering dan gatal dapat menimbulkan masalah ketombe membandel dan mengakibatkan kerontokan. Ladies, jangan anggap sepele masalah kulit kepala yang kering, cepat lakukan perawatan dan cara khusus agar tetap terjaga nutrisinya seperti beberapa cara berikut ini.

Pilihlah Shampoo dan Kondisioner yang Tepat

pilih shampo dan kondisioner
Pilihlah Shampo dan Kondisioner yang Tepat/Freepik.com

Jangan mudah terpancing dengan iklan di TV maupun promosi dari beauty influencer ya, Ladies? Tentunya kamu harus cermat memilih shampoo dan kondisioner yang tepat bagi rambut maupun kulit kepala.


Jika biasanya kamu hanya menggunakan shampoo untuk membersihkan rambut, maka mulai sekarang kamu pun bisa membiasakan diri untuk menggunakan kondisioner untuk mengombinasikan keduanya. Hal ini pun tentunya akan membantu mengatasi kulit kepala kering dan gatal lebih bersih serta sehat.

Bilas Rambut dengan Air Hangat

Bilas rambut dengan air hangat
Bilas Rambut dengan Air Hangat/Freepik.com

Saat keramas, kamu dapat membilas rambut dengan air hangat untuk menyehatkan kulit kepala. Hal ini bertujuan untuk membantu menjaga kelembapan kulit kepalamu.

Gunakan Hair Serum

gunakan hair serum
Gunakan Hair Serum/Freepik.com

Ladies, kamu pun bisa mengaplikasikan hair serum untuk mengatasi kulit kepala kering, gatal, berketombe maupun masalah rambut lainnya. Hair serum pun akan lebih baik digunakan ketika setelah keramas, hal ini berupaya agar lebih meresap dan membantu menghidrasi kulit kepalamu.

Lakukan Perawatan Khusus

lakukan perawatan khusus
Lakukan Perawatan Khusus/Freepik.com

Ladies, merawat rambut hingga ke kulit kepala saja enggak cukup jika hanya menggunakan shampoo dan kondisioner. Kamu bisa melakukan perawatan khusus kulit kepala untuk mengurangi masalah kulit kepala kering dan membasmi kotoran yang menempel pada kulit kepala agar lapisan rambut tumbuh dengan baik.

Kamu dapat melakukannya di salon maupun klinik khusus rambut dan berkonsultasi langsung kepada ahlinya. Namun, bagi kamu yang ingin hemat budget dan anti bahan kimia, bisa membuat sendiri dengan racikan bahan alami khusus mengatasi masalah kulit kepala kering.

Misalnya dengan menggunakan biji aprikot ataupun argan oil yang dapat membantu mengatasi masalah kulit kepala kering serta membersihkan kulit kepala dari kotoran yang menempel sekaligus membuat rambutmu menjadi lembut.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id