sign up SIGN UP

FASHION

Mau Panjangin Kuku? Begini 7 Cara Mengatasi Kuku Tipis dan Mudah Patah

Intan Dwi | Jumat, 05 Feb 2021 08:00 WIB
Mau Panjangin Kuku? Begini 7 Cara Mengatasi Kuku Tipis dan Mudah Patah
caption
Jakarta -

Tidak sedikit orang yang memiliki kuku lunak dan tipis yang membuat kuku mereka mudah patah, sehingga harus lebih ekstra merawatnya. Sama halnya seperti kulit, kuku juga membutuhkan perawatan agar tetap terlihat bagus dan kuat.

Sering menggonta-ganti warna cat kuku menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kuku rapuh dan menguning. Berikut ini ada tujuh cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kuku yang tipis dan mudah patah.

Minimalkan paparan air

Terlalu sering terkena paparan air dapat menyebabkan kuku menjadi lemah dan rapuh,
Minimalkan paparan air/freepik.com

Terlalu sering terkena paparan air dapat menyebabkan kuku menjadi lemah dan rapuh, karena itu lebih baik kurangi kuku dari paparan air. Kenakan sarung tangan saat mencuci piring dan jangan mandi terlalu lama. Mungkin memang sulit untuk menghindari kuku dari paparan air, tetapi ini adalah sesuatu yang harus diperhatikan.

Berhati-hati dengan produk yang digunakan

Banyak cat kuku atau perawatan yang mengandung bahan kimia keras yang dapat melemahkan kuku.
Berhati-hati dengan produk yang digunakan/unsplash.com

Banyak cat kuku atau perawatan yang mengandung bahan kimia keras yang dapat melemahkan kuku. Jadi, sebaiknya dihindari penghapus cat kuku yang mengandung aseton karena itu bersifat keras pada kuku yang lemah dan dapat mengeringkan kuku yang keras sehingga akan merusak kuku kamu. Carilah cat kuku yang mengandung bahan kimia keras dan pembersih cat kuku yang bebas aseton.

Istirahatkan kuku dari penggunaan cat

Menghias kuku dengan cat warna-warni memang terlihat bagus dan cantik. Tapi kuku kamu perlu bernafas, sehingga kurangi penggunaan cat kuku dan biarkan kuku istirahat.
Istirahatkan kuku dari penggunaan cat/unsplash.com

Menghias kuku dengan cat warna-warni memang membuat penampilan kuku terlihat bagus dan cantik. Tapi kuku kamu perlu bernafas, sehingga kurangi penggunaan cat kuku dan biarkan kuku istirahat. Penggunaan cat kuku secara terus menerus, bahkan cat yang tidak beracun sekalipun itu dapat melemahkan kuku.

Setelah memakai cat kuku selama seminggu atau lebih, bersihkan dengan pembersih cat kuku yang bebas aseton lalu biarkan kuku kamu bebas dari cat selama seminggu.

Lembapkan kuku secara teratur

Sering melembapkan kuku dan di sekitarnya dengan krim tangan atau lotion dapat mencegah kerusakan lebih lanjut.
Lembapkan kuku secara teratur/pexels.com

Sering melembapkan kuku dan di sekitarnya dengan krim tangan atau lotion dapat mencegah kerusakan lebih lanjut. Kamu bisa menggunakannya setelah menghilangkan cat kuku atau jika kamu merasa tidak cukup terhidrasi pastikan untuk melembapkan kuku dengan krim tangan atau lotion.

Perhatikan produk sampo

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui hal ini, ternyata penggunaan sampo yang mengeringkan atau bertujuan untuk menghilangkan minyak itu akan mengeringkan kuku.
Perhatikan produk sampo/unsplash.com

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui hal ini, ternyata penggunaan sampo yang mengeringkan atau bertujuan untuk menghilangkan minyak itu akan mengeringkan kuku. Sehingga dapat menyebabkan kuku menjadi lemah dan rapuh. Cobalah ganti sampo selama beberapa minggu dan lihat apakah kamu melihat perbedaannya.

Tetap terhidrasi

Minum air yang cukup sangat penting untuk kesehatan, tidak terkecuali kesehatan kuku. Tanpa kelembapan yang memadai, kuku bisa menjadi rapuh dan patah
Tetap terhidrasi/freepik.com

Minum air yang cukup sangat penting untuk kesehatan, tidak terkecuali kesehatan kuku. Tanpa kelembapan yang memadai, kuku bisa menjadi rapuh dan patah atau terkelupas dengan mudah. Tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup akan membantu kuku kamu mempertahankan kelembapan dan tetap kuat.

Gunakan vitamin E oil

Karena vitamin E oil  memiliki manfaat, seperti melembapkan, menguatkan dan melindungi kuku.
Gunakan vitamin E oil/freepik.com

Vitamin E Oil menjadi salah satu bahan yang sering digunakan di salon untuk perawatan kuku. Karena bahan tersebut memiliki manfaat, seperti melembapkan, menguatkan dan melindungi kuku. Vitamin E oil juga akan meningkatkan nutrisi ke kuku yang  akan membuat kuku tetap kuat dan sehat sehingga tidak rapuh, kering dan bergerigi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id