sign up SIGN UP

FASHION

Mengenang Perjalanan Barli Asmara di Dunia Mode Tanah Air

Esra Dopita | Jumat, 28 Aug 2020 11:00 WIB
Mengenang Perjalanan Barli Asmara di Dunia Mode Tanah Air
caption

Desiner kenamaan Tanah Air Barli Asmara meninggal dunia pada hari ini, Kamis, 27 Agustus 2020, sekitar pukul 13.30 WIB. Barli mengembuskan napas terakhir dalam usia 42 tahun. Nama Barli Asmara sangat terkenal dan diperhitungkan di dunia fashion Tanah Air.

Desainer kelahiran Bandung pada 3 Maret 1978 itu hampir 20 tahun berkarier di dunia fashion. Ia telah menghasilkan banyak karya busana, dari busana siap pakai atau ready to wear, pakaian pengantin atau bridal, busana couture, sampai busana muslim. 

Sejak usia 12 tahun, pemilik nama lengkap Barli Perdana Asmara itu telah bercita-cita menjadi perancang busana.
https://www.instagram.com/barliasmara/

Bahkan, pemilik nama lengkap Barli Perdana Asmara itu melebarkan sayap ke dunia sepatu dan high heels. Semua hasil karya Barli ini selalu indah, stylish, kekinian, dan timeless. Tak heran, hasil karyanya kerap menjadi langganan para pesohor maupun artis Indonesia.


Impian Barli menjadi perancang busana sudah muncul sejak usia 12 tahun. Namun, cita-cita itu tak didapat Barli begitu saja. Ia mengawali kariernya di dunia mode dengan menjadi pesuruh di sebuah rumah produksi batik. 

Barli Asmara sudah hampir 20 tahun berkarier di dunia fashion.
https://www.instagram.com/barliasmara/

Kecintaannya terhadap dunia mode membuatnya serius menekuni bidang tersebut. Pada 2002, tepatnya usia 24 tahun, ia membuka label fashion pertamanya. Tanpa ragu, ia menggunakan namanya sendiri sebagai brand label pertamanya. Label ini mulanya memproduksi ready to wear.

Namun, perjalanan Barli di dunia fashion tidaklah mulus. Tempat kerjanya dulu berada di sebuah gang sempit yang penuh dengan lumpur. Bahkan pria berkacamata itu juga pernah hampir tidak ikut acara fashion show lantaran tak ada uang untuk membayar ongkos taksi. 

Pada 2002, tepatnya usia 24 tahun, Barli Asmara membuka label fashion pertamanya.
https://www.instagram.com/barliasmara/

Hingga akhirnya, hasil karya Barli pun mulai mendapat perhatian pencinta mode Tanah Air. Kerja keras Barli mulai membuahkan hasil. Berbagai busana hasil desainnya melejit. Ia pun kerap tampil dalam berbagai acara fashion show, baik nasional maupun internasional. Barli juga sempat menjadi perancang busana untuk artis Dewi Sandra pada awal-awal kariernya. 

Sejumlah penghargaan pun diraihnya, di antaranya salah satu perancang busana terbaik dari Majalah Dwi, The Best 20 Designer for High End Masterpiece, Kartika Magazine Best Designer of The Year, juga AMICA Young Talented Designer Award. 

Barli Asmara mengawali karier di dunia mode dengan menjadi pesuruh di sebuah rumah produksi batik.
https://www.instagram.com/barliasmara/

Demi mengenang perjalanan dan perjuangannya sebagai perancang busana, pada 2016, ia menerbitkan sebuah buku berjudul Lima Belas Warsa Barli Asmara, di Antara Gemerlap Ornamentasi. Buku ini juga menceritakan 15 tahun perjalanannya di dunia fashion.

Setiap musim, Barli selalu mengeluarkan koleksi terbarunya. Terbaru, ia baru merilis koleksi bertema Unchained yang didominasi warna hitam dan putih. Kini, desainer muda itu telah tiada, tapi karya-karyanya akan abadi dan tercatat dalam sejarah mode Indonesia.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id