sign up SIGN UP

Penting! 5 Kiat Memakai High Heels agar Tetap Nyaman dan Terhindar dari Cedera Kaki

Ayuliy Lestari | Kamis, 25 Nov 2021 17:45 WIB
Penting! 5 Kiat Memakai High Heels agar Tetap Nyaman dan Terhindar dari Cedera Kaki
Penting! 5 Kiat Memakai High Heels agar Tetap Nyaman dan Terhindar dari Cedera Kaki/Foto: Pinterest.com/Heels

Sepatu heels memang memberikan look yang lebih feminin, cantik dan membuat bentuk kaki tampak lebih jenjang. Namun sayangnya, ketika kamu menggunakan sepatu jenis ini terlalu lama atau terlalu tinggi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan mengganggu kesehatan.

Memakai sepatu heels dalam jangka waktu yang lama atau terlalu sering bisa meningkatkan resiko terjadinya cedera kaki, nyeri tumit dan lutut. So, kamu harus berhati-hati memilih bentuk atau jenis sepatu heels.

Jika memang harus sering menggunakan sepatu heels, ada beberapa kiat agar kamu tetap nyaman saat memakainya. Simak yuk!

1. Pastikan Kamu Memilih Ukuran yang Sesuai

Kiat memakai heels agar tetap nyaman
Kiat memakai heels agar tetap nyaman/Foto: Pinterest.com/Heels

Pertama, kamu perlu memastikan sepatu heels yang kamu pakai memang sesuai dengan ukuran kaki. Karena ukuran sepatu merupakan faktor terpenting untuk menentukan kenyamanan. Saat mengukur kaki, jangan hanya berfokus pada panjang kaki namun kamu perlu menghitung lebarnya.

2. Sebaiknya Pilih Hak Tebal

Kiat memakai heels agar tetap nyaman
Kiat memakai heels agar tetap nyaman/Foto: Pinterest.com/Shein

Dibanding sepatu dengan hak lancip, sebaiknya pilih sepatu dengan hak tebal seperti wedges. Sepatu dengan hak yang lebih tebal akan menahan beban tubuh lebih merata. Kaki juga akan stabil dibanding ketika kamu menggunakan stiletto dengan hak berukuran kecil dan tajam.

3. Pilih Sepatu Heels dengan Ujung Terbuka

Kiat memakai heels agar tetap nyaman
Kiat memakai heels agar tetap nyaman/Foto: Pinterest.com/Wedges

Kamu juga perlu memilih sepatu dengan ujung yang lebar. Penting sekali menghindari ujung sepatu yang terlalu sempit atau runcing karena dapat menimbulkan rasa nyeri di bagian jari kaki. Lebih disarankan memilih high heels dengan ujung terbuka karena dapat mencegah nyeri dan mengurangi tekanan pada ujung jari.

4. Perhatikan Bahan Sepatu Heels

Kiat memakai heels agar tetap nyaman
Kiat memakai heels agar tetap nyaman/Foto: Pinterest.com/Shein

Selain memilih model, bentuk ujung sepatu dan haknya, jangan lupa pula memilih sepatu yang berbahan lembut dan lentur. Hindari menggunakan sepatu heels yang terbuat dari bahan kulit yang keras dan kaku, karena hanya akan menyiksa kaki.

5. Gunakan Bantalan Alas Kaki

Kiat memakai heels agar tetap nyaman
Kiat memakai heels agar tetap nyaman/Foto: Pinterest.com/Insole

Kamu juga bisa menambahkan bantalan alas kaki untuk meningkatkan rasa nyaman saat memakai high heels. Bantalan ini bisa berfungsi mengurangi tekanan pada ujung jari kaki dan mencegah nyeri. Pilih bantalan yang pas untuk jenis sepatu, agar semakin nyaman saat kamu memakainya.

Itulah beberapa kiat simpel yang bisa kamu praktikkan agar tetap nyaman meskipun harus memakai high heels dalam jangka waktu cukup lama.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id