sign up SIGN UP

FASHION

Retinol Bisa Mengatasi Rambut Rontok? Yuk, Cek Faktanya!

Phanie Fauziah | Kamis, 08 Apr 2021 14:15 WIB
Retinol Bisa Mengatasi Rambut Rontok? Yuk, Cek Faktanya!
Masalah Rambut Rontok/Freepik
Jakarta -

Hampir semua kaum hawa mengalami masalah rambut rontok, apalagi bagi Beautynesians yang berhijab ataupun mengalami stres. Berbagai cara kita lakukan dari mulai pemilihan sampo, kondisioner, vitamin rambut, bahkan hingga melakukan treatment perawatan rambut yang merogoh kocek yang tak sedikit. 

Pernah mendengar retinol bisa atasi rambut rontok? Selama ini mungkin kita hanya mengetahui manfaat dalam perawatan kulit. Tak sedikit, para ahli yang merekomendasikan retinol dalam perawatan wajah karena terbukti mengatasi masalah kulit yang umum, mulai dari jerawat, timbulnya garis halus hingga kerutan di wajah.

Rambut Rontok
Rambut Rontok/Freepik

Tapi, kira-kira nih bisakah retinol atau vitamin A ini diaplikasikan untuk mengatasi masalah rambut rontok? Ada satu merek perawatan rambut yang dikhususkan untuk kesehatan kulit kepala memasukkan kandungan retinyl palmitate, retinol yang paling tidak menyebabkan iritasi.

Dilansir dari instyle.com, jenis retinol ini berfungsi untuk meningkatkan pergantian sel, membersihkan kulit kepala dari berbagai macam penumpukan kotoran yang dapat menghambat pertumbuhan rambut, hingga menghambat enzim pelepas DHT yang bisa menimbulkan masalah rambut rontok, dan membuat rambut terlihat lebih tebal.

Retinol
Retinol/Freepik

Dalam sebuah penelitian di tahun 2007 menyimpulkan bahwa retinol bisa membantu memperpanjang tahap pertumbuhan siklus rambut bila dikombinasikan dengan minoksidil.

Perlu kita ketahui, bahwa kulit kepala sangat berperan penting dalam pertumbuhan rambut yang tidak muncul dan hal ini bisa memengaruhi kualitas rambut. Maka dari itu, kesehatan kulit kepala sangat penting dalam kondisi merawat rambut rontok. Penggunaan retinol pada kulit kepala bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala, sehingga pertumbuhan rambut tidak terhambat.

Penggunaan retinol pada rambut rontok mungkin tidak cocok dengan tingkat pH kulit kepala. Kulit kepala harus mempertahankan pH antara 3,5 sampai 5,5, produk yang terlalu basa justru akan menguras minyak alami kulit kepala sehingga membuat kulit kepala kering tidak terhidrasi.

Sementara, retinol alami memiliki pH sekitar 5 hingga 6, sehingga beberapa orang memungkinkan bisa merasakan dampak pada kulit kepala. Sama halnya pada perawatan kulit wajah, Kita juga bisa mengalami dampak ketidakcocokan penggunaan retinol mulai dari kemerahan hingga iritasi yang memperburuk masalah rambut. Jika kita memiliki kulit kepala sensitif, alangkah lebih baiknya penggunaan retinol tidak disarankan.

Hal ini dikarenakan retinol bisa menjadi penyebab kulit kepala kering. Jika kita memiliki kondisi kulit kepala yang sensitif, maka kondisioner tanpa bilas dengan kandungan bebas dari minyak mineral dan paraben ataupun minyak, seperti rosemary, argan, dan pohon teh yang digunakan tiga sampai empat kali dalam seminggu akan membuat kulit kepala tetap sehat dan lembab.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id