sign up SIGN UP

FASHION

Sedih dengan Rambut yang Terus Menipis? Simak 7 Cara Efektif Mengatasinya!

Ade Suryani | Senin, 23 Mar 2020 12:30 WIB
Sedih dengan Rambut yang Terus Menipis? Simak 7 Cara Efektif Mengatasinya!
caption
Memiliki rambut yang terus menipis selain mengkhawatirkan juga dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang. Hal ini dikarenakan rambut yang terlihat jarang dapat membuat kulit kepala terlihat jelas. Lantas bagaimana cara mengatasi rambut yang terus menipis? Selain berkonsultasi ke dokter, kamu juga dapat melakukan beberapa cara berikut ini Ladies!

1. Konsumsi Makanan yang Dapat Memicu Pertumbuhan Rambut




Foto: https://freepik.com

Mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung protein, zat besi, vitamin B12, dan zinc dapat merangsang pertumbuhan rambutmu lho Ladies. Kamu bisa memilih berbagai makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, sayuran hijau dan kacang-kacangan sebagai menu makanan dan cemilanmu sehari-hari, Ladies.


2. Pijat Kulit Kepala




Foto: https://freepik.com

Salah satu cara paling mudah yang dapat kamu lakukan untuk menghentikan penipisan rambut dan membuatnya lebih tebal adalah dengan memijat kulit kepala. Saat akan keramas, kamu bisa memberikan sedikit pijatan ketika menuangkan dan meratakan shampo. 

Memijat kulit kepala secara perlahan akan berfungsi untuk melancarkan aliran darah di kepala. Hal ini juga dapat mendorong pertumbuhan rambut baru lho. Selain itu, sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala yang mungkin memicu penipisan rambut juga bisa terangkat.


3. Gunakan Minyak Esensial




Foto: https://freepik.com

Mengutip dari Dr. Axe, minyak rosemary merupakan salah satu minyak esensial terbaik yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Minyak ini sendiri diketahui mampu meningkatkan metabolisme sel dalam menstimulasi pertumbuhan rambut, sehingga rambut dapat menjadi lebih tebal. 

Meskipun belum banyak bukti yang menyatakan bahwa minyak esensial dapat mengatasi rambut tipis, tetapi tidak ada salahnya jika kamu mencobanya di rumah sebagai perawatan tambahan. Namun sebelum itu, baiknya kamu menguji reaksi alergi terlebih dahulu. Caranya, teteskan sedikit minyak tersebut di lengan atau belakang telinga.

Selama dalam waktu 24 jam kamu bisa melihat apakah kulitmu menimbulkan reaksi alergi seperti kemerah-merahan dan gatal-gatal atau tidak sama sekali. Namun perlu diingat ya Ladies, minyak esensial wajib diencerkan dengan minyak lainnya, seperti minyak zaitun atau minyak jojoba. 



4. Hindari Penataan Rambut yang Berlebihan




Foto: https://freepik.com

Untuk menghindari rambut yang semakin tipis adalah dengan menghindari penataan rambut yang berlebihan. Pemakaian pengering rambut, catokan, pewarna rambut dan serangkaian penataan rambut lainnya akan sangat berpengaruh pada kerusakan dan penipisan rambut jika dilakukan berlebihan.


5. Gunakan Sampo yang Dikhususkan untuk Rambut Tipis




Foto: https://freepik.com

Bagi kamu yang memiliki rambut tipis, sebaiknya gunakanlah sampo yang dikhususkan untuk rambut tipis. Karena shampo tersebut mengandung vitamin dan asam amino yang dapat membuat kulit kepalamu lebih sehat, sehingga akan mampu menghasilkan lebih banyak rambut.


6. Akupuntur




Foto: https://freepik.com

Menurut praktisi pengobatan tradisional Tiongkok, bahwa kesehatan rambut berkaitan dengan energi ginjal dan darah. Hal ini sendiri dianggap berperan dalam memelihara kesehatan rambut. Sedangkan Maureen Conant yang merupakan praktisi akupuntur di Seattle menyatakan, bahwa pada beberapa kasus, akupuntur dapat membantu penipisan rambut pada wanita menjadi berhenti dan berangsur membaik dalam hitungan minggu hingga bulan setelah perawatan.


7. Kelola Stres dengan Baik




Foto: https://freepik.com

Selain dapat memicu beberapa penyakit, stres juga berakibat pada penipisan rambut lho. Oleh karena itu, kamu perlu mengelola stres dengan berbagai cara yang dapat menyenangkanmu, seperti berjalan-jalan atau olahraga. Berusahalah untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi tetap rileks meskipun sedang dalam masalah. Karena hal ini sendiri akan membuat kesehatan tubuhmu tetap terjaga, termasuk kulit kepala.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id