sign up SIGN UP

FASHION

Sepatumu Jadi Terbengkalai dan Bau Apek karena #dirumahaja? Ini Solusinya!

Nisrina Salsabila | Jumat, 06 Nov 2020 17:15 WIB
Sepatumu Jadi Terbengkalai dan Bau Apek karena #dirumahaja? Ini Solusinya!
caption
Jakarta -

Sepatu merupakan salah satu item fashion yang banyak dikoleksi oleh pria maupun wanita. Coba Ladies hitung, ada berapa pasang sepatu yang Ladies punya saat ini? Apa semua sepatumu sudah disimpan dan dirawat dengan benar selama kamu jarang berpergian?

Eits, jangan salah, loh. Sepatu yang jarang dipakai bukan berarti juga minim perawatan. Apalagi, sepatu yang disimpan secara tidak baik akan membuatnya tidak awet dan berubah bentuknya. Jangan sampai ketika Ladies ingin memakai sepatu tersebut, eh, sayangnya malah rusak padahal jarang dipakai.

Yuk, simak solusi menyimpan dan merawat sepatu agar tetap awet ala Beautynesia berikut ini!

1. Bersihkan Sepatu sebelum Disimpan

cara merawat dan menyimpan sepatu
Bersihkan sepatu sebelum disimpan/Foto: Pinterest

Khususnya bagi sepatu yang tidak dipakai dalam waktu yang lama, bersihkan dahulu sebelum kamu menyimpannya di rak atau kotak sepatu. Menyimpan sepatu yang kotor malah membuat noda yang menempel makin susah untuk dihilangkan. Akibatnya, sepatumu jadi terlihat kusam dan bisa menimbulkan bau tak sedap.

Bagi kamu yang kakinya mudah berkeringat sehingga berbau tak sedap, usahakanlah untuk selalu membersihkan bagian dalam sepatu setelah mengenakannya. Kamu bisa seka menggunakan alkohol, bedak anti jamur, ataupun tea tree oil yang kerap dipakai sebagai aromaterapi. 

Setelah dibersihkan dengan cara di lap atau cuci menggunakan sabun, pastikan sepatu benar-benar kering sebelum disimpan. Untuk sepatu yang cenderung sering dipakai, angin-anginkan terlebih dahulu sebelum kamu taruh ke dalam kotak sepatu.

2. Jaga Bentuk Aslinya

cara merawat dan menyimpan sepatu
Shoe tree berfungsi untuk menjaga bentuk sepatu/Foto: Pinterest

Isi bagian dalam sepatu dengan buntalan tisu, kertas bekas ataupun pengganjal khusus sepatu (shoe tree). Gunanya, untuk menjaga bentuk sepatumu tanpa tertekuk walaupun tidak dipakai dalam waktu yang lama. Selain itu, hal ini untuk mencegah hewan kecil seperti laba-laba bersarang di bagian dalam sepatumu.

Ada lifehack nih, untuk menyimpan boots panjang kesayanganmu. Masukan majalah bekas ke dalam boots untuk menjaga bentuk boots tetap berdiri tegak.

3. Pilih Tempat Penyimpanan yang Sesuai

cara merawat dan menyimpan sepatu
Pilih rak sepatu terbuka berdesain miring/Foto: Pinterest

Pada dasarnya, simpanlah sepatu di suhu ruang. Jangan taruh di bawah sinar matahari langsung, ya, karena akan membuat warnanya cepat pudar. Terdapat dua pilihan tempat penyimpanan sepatu yang bisa kamu gunakan. Pilihlah rak sepatu terbuka dan berbentuk miring supaya sirkulasi udara sepatu baik meski disimpan bersama sepatu lainnya.

Bagi Ladies yang memiliki lebih dari enam pasang sepatu, disarankan untuk menaruh sepatu tersebut di kotak sepatu agar lebih rapi. Kamu bisa mencari pilihan kotak sepatu dari plastik dengan berbagai varian di online shop. Susun kotak-kotak tersebut sesuai jenis dan kebutuhan atau beri label untuk menandai.

4. Pentingnya Silica Gel

cara merawat dan menyimpan sepatu
Bagus Anti Bau Sepatu/Foto: Instagram/bagus.idn

Jika kamu menyimpan sepatu di dalam kotak, pastikan untuk menyertakan silica gel ke dalamnya. Silica gel berfungsi untuk menjaga kelembaban bagian dalam sepatu sehingga tak mudah bau dan berjamur. Direkomendasikan untuk menggunakan 25-40 gram silica gel yang ditaruh pada tiap pasang sepatu.

Eits, jangan lupa untuk mengganti silica gel tiap 3 sampai 6 bulan sekali, ya, Ladies!

5. Pantangan dalam Menyimpan Sepatu

cara merawat dan menyimpan sepatu
hindari menumpuk sepatu/Foto: Pinterest

Hindari menumpuk sepatu karena berakibat merubah bentuk sepatu serta mengundang debu. Ditambah lagi, kamu bisa saja lupa bahwa kamu punya sepatu tersebut karena terhalang oleh tumpukan sepatu lainnya. Susun secara rapi dan bersebelahan tanpa menumpuk satu sama lain di rak sepatu.

Pantangan lainnya adalah, jangan membungkus sepatu dengan plastik. Alih-alih melindungi dari air maupun debu, hal ini justru dapat membuat sepatumu lembab hingga berjamur, loh. Itu sebabnya, jangan menyimpan sepatu yang jarang dipakai menggunakan plastik, ya.

Cukup taruh sepatumu di dalam kotak, lalu taruh kertas bekas di atas sepatu tersebut sebagai perlindungan ekstra dari debu yang mungkin masuk dari celah-celah kotak sepatu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id