sign up SIGN UP

FASHION

Sering Tertukar! Begini Perbedaan Dry Scalp dan Ketombe

tyana | Minggu, 14 Mar 2021 15:00 WIB
Sering Tertukar! Begini Perbedaan Dry Scalp dan Ketombe
caption

Kalau ditanya apa itu ketombe? Kita sering menjawab permasalahan rambut yang menyebabkan butiran putih yang menempel di rambut. Ladies, ternyata tak hanya ketombe aja yang mengganggu penampilan dengan butiran putihnya yang menempel di baju tetapi bisa juga dry scalp. Meskipun memiliki bentuk yang hampir sama, keduanya memiliki permasalahan yang berbeda. 

Perbedaan Dry Scalp dan Ketombe

Perbedaan Dry Scalp dan Ketombe
Ilustrasi Rambut Indah Tanpa Ketombe/Freepik.com

Sama halnya dengan ketombe, dry scalp juga merupakan kulit mati yang telah mengelupas. Perbedaannya ketombe disebabkan oleh jamur dan kulit berminyak, sebaliknya permasalahan rambut ini disebabkan oleh kekurangan minyak.

Sesuai namanya dry scalp merupakan kondisi dimana kulit kelapa mengering dan mengelupas karena kekurangan minyak. Permasalahan ini juga menyebabkan rasa gatal dan iritasi. 

Pengelupasan kulit kepala yang menjadi ketombe disebabkan oleh jamur Malassezia sp yang berkembang saat kulit kepala berminyak dan kotor. Buliran putih kulit kepala yang disebabkan oleh dry scalp dan ketombe juga cukup berbeda dari bentuk dan warnanya. Buliran yang disebabkan oleh dry scalp lebih kecil dan berwarna putih, sedangkan ketombe lebih menumpuk dan berminyak.

Penyebab Dry Scalp dan Ketombe

Perbedaan Dry Scalp dan Ketombe
Ilustrasi Rambut Indah Tanpa Ketombe/Freepik.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dry scalp disebabkan oleh kekurangannya minyak pada kulit kepala. Permasalahan ini sering dialami oleh pemilik kulit kering atau bisa diperparah dengan kondisi cuaca, produk shampoo ataupun terlalu sering mencuci rambut. 

Sebaliknya, ketombe sering terjadi pada pemilik rambut berminyak. Dimana kondisi minyak berlebih dan juga kulit kepala yang kotor menyebabkan jamur tumbuh. 

Perbedaan Perawatan

Perbedaan Dry Scalp dan Ketombe
Ilustrasi Perwatan Rambut/Freepik.com

Disebabkan oleh hal berbeda, kedua permasalahan kulit kepala ini juga harus diatasi dengan cara yang berbeda juga. Untuk mengatasi ketombe kita dapat menjaga kebersihan kulit kepala dengan rajin keramas dengan menggunakan shampoo yang mengandung salicylic acid, ketoconazole ataupun zinc. 

Untuk mengatasi dry scalp kita dapat mengubah jadwal keramas kita yang biasanya seminggu 3 kali menjadi satu minggu sekali. Gunakan juga perawatan rambut khusus kulit kepala kering. Kita juga dapat menggunakan minyak kemiri, minyak kelapa ataupun minyak zaitun untuk massage kulit kepala. Hindari juga bahan aktif yang dapat menyerap minyak pada produk perawatan rambut.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id