sign up SIGN UP

LIFE

Banyak yang Belum Tahu, Ini 5 Cara Alami untuk Menghilangkan Ketombe

Intan Dwi | Selasa, 24 Nov 2020 10:30 WIB
Banyak yang Belum Tahu, Ini 5 Cara Alami untuk Menghilangkan Ketombe
caption
Jakarta -

Kulit kepala yang gatal dan mengelupas merupakan tanda-tanda yang khas dari ketombe yang ada di kulit kepala. Selain itu, ketombe juga bisa menyebabkan gejala lainnya seperti bercak berminyak di kulit kepala.

Ketombe sendiri disebabkan karena kulit kering, dermatitis seboroik, salah produk dan pertumbuhan jenis jamur tertentu yang hidup di kulit kepala.

Meskipun saat ini sudah banyak produk dan perawatan yang dirancang untuk mengatasi ketombe. Tapi tidak semua orang cocok menggunakan produk dan perawatan itu dan menyebabkan timbulnya ketombe yang lebih banyak. Beberapa pengobatan alami ini bisa jadi sangat efektif untuk mengatasi ketombe.

Aloe Vera

lidah buaya rupanya juga bisa bermanfaat dalam mengatasi masalah ketombe di rambut.
Aloe Vera/freepik.com

Aloe vera atau lidah buaya menjadi salah satu bahan yang sering digunakan untuk membantu mengatasi masalah kondisi kulit. Lidah buaya juga sering ditambahkan ke produk salep kulit, kosmetik dan lotion, saat dioleskan ke kulit bahan ini dipercaya dapat membantu mengobati kondisi kulit.

Tak hanya itu, lidah buaya rupanya juga bisa bermanfaat dalam mengatasi masalah ketombe di rambut.

Melansir dari Healthline, sifat antibakteri dan antijamur lidah buaya dapat membantu melindungi ketombe. Sebuah penelitian menemukan bahwa lidah buaya efektif melawan beberapa spesies jamur dan dapat membantu mengendalikan infeksi jamur yang menyebabkan rambut rontok dari kulit kepala.

Baking Soda

Soda kue juga memiliki khasiat antijamur yang bisa bermanfaat dalam pengobatan ketombe.
Bakinh Soda/pexels.com

Bahan yang satu ini mudah didapatkan karena biasanya ditemukan di dapur di setiap rumah, soda kue merupakan obat yang cepat dan nyaman untuk membantu mengatasi ketombe. Soda kue bertindak sebagai eksfoliasi yang lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi scaling dan gatal-gatal.

Soda kue juga memiliki khasiat antijamur yang bisa bermanfaat dalam pengobatan ketombe. Sifat antijamur dari soda kue juga dapat membantu meredakan gatal dan iritasi kulit kepala.

Tea Tree Oil

Tee Tree Oil juga terbukti memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang kuat, yang dapat mebantu meringankan gejala ketombe.
Tee Tree Oil/freepik.com

Tea tree oil telah digunakan untuk mengatasi masalah kulit, mulai dari jerawat hingga psosiaris. Ini juga terbukti memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang kuat, yang dapat membantu meringankan gejala ketombe.

Menurut sebuah ulasan, tea treee oil efektif melawan strain spesifik jamur yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe.

Tapi ingat, bahwa tea tree oil ini dapat menyebabkan iritasi pada mereka yang memiliki kulit sensitif. Cara terbaik untuk menggunakannya adalah mengencerkannya dengan menambahkan beberapa tetes minyak lain seperti minyak kelapa sebelum mengoleskannya langsung ke kulit.

Cuka Apel

Salah satu kegunaan cuka apel yang sering digunakan adalah sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe
Cuka Apel/freepik.com

Tidak ada salahnya menambahkan cuka apel ke dalam rutinitas kamu, karena cuka apel sudah dikaotkan dengan berbagai manfaat keseahatan. Salah satu kegunaan cuka apel yang sering digunakan adalah sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe.

Keasaman pada cuka dipercaya dapat membantu menstimulasi pengelupasan sel kulit mati di kepala. Cuka apel juga dikaitkan dapat menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan melawan ketombe.

Jika kalian ingin mencoba cuka apel untuk mengatasi ketombe, tambahkan beberapa sendok makan ke sampo atau gabungkan dengan minyak esensial lainnya dan aplikasikan langsung ke rambut.

Minimalkan Tingkat Stres

Selain menggunakan keempat bahan alami di atas, ketombe juga bisa di atasi dengan meminimalkan tingkat stres.
Mimimalkan Tingkat Stres/freepik.com

Selain menggunakan keempat bahan alami di atas, ketombe juga bisa di atasi dengan meminimalkan tingkat stres. Karena stres diyakini memengaruhi segalanya, mulai dari kondisi kronis hingga kesehatan mental.

Meskipun stres itu sendiri tidak menyebabkan ketombe, tetapi itu dapat memperburuk gejala seperti kekeringan dan gatal pada kepala. Mempertahankan tingkat stres yang tinggi dalam jangka panjang dapat menekan aktivitas sistem kekebalan.

Sistem kekebalan yang lemah dapat mengurangi kemampuan tubuh kamu untuk melawan beberapa infeksi jamur dan kondisi kulit yang menyebabkan ketombe. Jadi untuk menjaga tingkat stres tetap terkendali, cobalah beberapa teknik, seperti meditasi, yoga dan pernapasan dalam.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id