sign up SIGN UP

FASHION

Tips Memilih Gaun Pengantian Adat yang Tepat untuk Pernikahan

Dini Nurhayati | Rabu, 20 Feb 2019 13:35 WIB
Tips Memilih Gaun Pengantian Adat yang Tepat untuk Pernikahan
caption
Pernikahan adalah salah satu perayaan yang kompleks dan penuh dengan hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah baju yang digunakan oleh kedua pengantin saat dipelaminan. Jika ladies memutuskan untuk menggunakan baju pengantin adat, jangan sampai ketinggalan tips berikut ini agar kamu tidak salah pilih.

Berkonsultasi Dengan Keluarga


Terkadang jika ladies dan suami berbeda daerah maka akan menghasilkan baju adat pernikahan yang berbeda pula. Hal yang pertama harus ladies lakukan adalah mengkonsultasikan dengan pasangan dan keluarga baju pengantin adat apa yang akan digunakan. Jika kedua pihak menginginkan menggunakan baju pengantin dari masing-masing daerah, maka kompromi adalah hal yang penting. 

Ladies bisa menggunakan baju adat dari pihak perempuan pada pagi hari lalu berganti menjadi baju adat pihak calon suami pada siang hari dan memakai gaun pengantin bergaya internasional pada malam harinya.


Foto: https://id.pinterest.com/pin/42291683979346098/

Memerhatikan Bahan Yang Digunakan


Jika ladies memutuskan untuk membuat baju adat pengantin ladies alangkah lebih baiknya jika ladies tidak membeli terlebih dahulu bahannya, namun mengkonsultasikan dengan penjahit atau desainer baju yang ladies telah percaya. Hal ini bertujuan untuk mencegah kekurangan bahan dan kesalahan dalam pembelian bahan. 

Biasanya pengantin adat sunda menggunakan warna putih pada proses akad nikah dengan dihiasi oleh brokat atau payet dan puring warna putih. Tapi jika ladies tidak mau terlalu monoton, ladies bisa kok memadupadankannya dengan warna gold pada perhiasaan atau aksesoris yang digunakan. Misalnya saja ladies menggunakan siger dan kembang goyang yang berwarna gold dan dipadukan dengan kebaya putih dan rok kain warna coklat dengan hiasan warna gold. 


Foto: https://id.pinterest.com/pin/446700856772208685/

Menyewa Baju


Jika ladies memiliki budget yang terbatas, ladies bisa melakukan penyewaan baju pengantin. Biasanya salon tempat rias pengantin menyediakan satu paket rias dan baju pengantin adat lho. Tentu saja ini akan memangkas banyak biaya tanpa mengurangi kesakralan pernikahan.


Melakukan Fitting


Hal yang terpenting adalah jangan lupakan melakukan fitiing baju dari jauh hari untuk melihat apakah ukurannya sudah cocok. Bagi ladies yang memutuskan untuk menjahit baju pengantin sendiri, alangkah lebih baik seminggu sebelumnya ladies telah memastikan baju pengantin telah selesai dan melakukan fitting baju kembali untuk memperkirakan apakah masih perlu melakukan perubahan seperti mengecilkan atau memeprbesar. 


Foto: https://id.pinterest.com/pin/479985272773609625/

Mengkonsultasikan dengan Wedding Organizer


Keserasian busana dengan dekorasi adalah hal yang penting. Jangan sampai ladies memakai baju penganti jawa tetapi wedding organizer malah menyediakan pelaminan dengan adat minang. Bukannya perbedaan ini tidak boleh, namun alangkah semuanya bisa dibicarakan dan disetuju oleh kedua pihak untuk membuat pernikahan yang tidak terlupakan bagi ladies dan pasangan.
 


Foto: Istimewa
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id