sign up SIGN UP

FASHION

Tips Mencuci Jeans yang Tepat Agar Tidak Cepat Belel dan Luntur

Anggiputriw | Rabu, 08 May 2019 11:00 WIB
Tips Mencuci Jeans yang Tepat Agar Tidak Cepat Belel dan Luntur
caption
Pakaian berbahan jeans seperti celana dan jaket merupakan bahan pakaian yang hampir dimiliki semua orang. Bahkan saking favoritnya, bahan ini seringkali dikenakan. Namun di sisi lain, pakaian berbahan jeans membutuhkan perawatan khusus terutama saat dicuci. Ada yang bilang, jika pakaian berbahan jeans lebih baik tidak sering dicuci, apakah benar?

1. Set Warnanya Terlebih Dahulu


Kemungkinan yang paling sering terjadi dari pencucian pakaian berbahan jeans adalah luntur. Luntur akan membuat celana atau jaket jeans tidak bagus dipandang karena kusam dan terkesan rusak. Tips mencucui jeans agar tidak luntur yang pertama adalah set terlebih dulu warnanya sebelum mencuci.

Caranya, adalah dengan merendam celana atau jaket jeans pada sebuah wadah berisi air dan campuran garam serta garam. Cara ini akan mempertahankan warna jeans terutama untuk warna gelap agar enggak luntur saat pencucian pertama kali.


Foto: Istimewa

2. Balik Jeans Saat Dicuci


Tips mencuci celana jeans pada mesin cuci yang sering dilupakan adalah membaliknya. Dengan membalik celana jeans akan mengurangi resiko gesekan pada bagian terluar celana. Gesekan yang terlalu sering dan keras akan mengikis permukaan jeans secara perlahan. Hal ini mengakibatkan jeans akan menjadi semakin tipis dan cepat rusak. Selain itu gesekan juga bisa membuat warna jeans perlahan memudar.


Foto: https://www.blogunik.com

[Gambas:Youtube]


3. Pilih Deterjen yang Tepat


Tips ini juga penting dalam perawatan pakaian berbahan jeans. Menggunakan sembarang deterjen bisa merusak warna jeans dan membuatnya semakin pudar. Kamu bisa memilih deterjen yang khusus untuk mempertahankan warna. Deterjen bentuk cair lebih disarankan daripada deterjen bubuk. Selain itu hindari penggunaan produk pemutih untuk celana atau jaket jeans karena itu juga bisa membuat warna jeans pudar lebih cepat.
 


Foto: https://www.pixabay.com

4. Jangan Mencuci Terlalu Banyak


Hal terpenting saat mencuci pakaian berbahan jeans adalah memisahkannya dengan pakaian lain. Jangan cuci bersamaan dengan banyak pakaian. Karena itu akan menimbulkan gesekan yang terlalu sering. Bahkan pisahkan pakaian yang sama-sama berbahan jeans namun berbeda warna. Jangan lupa memilih mode gentle wash jika menggunakan mesin cuci agar pengucekan tidak terlalu kasar. Juga hindari mengeringkan dengan mesin cuci.


5. Jangan Terlalu Sering Dicuci


Pakaian berbahan jeans sebaiknya enggak dicuci terlalu sering apalagi setiap hari. Terlalu sering terkena deterjen akan membuat warna jeans cepat memudar dan kusam. Jika terkena noda ringan, lebih baik bersihkan sementara dengan cairan pembersih atau lap basah. Noda lemak bisa dibersihkan dengan cairan pembesih lantai. Noda cat bisa dibersihkan dengan cairan penghapus tinta.
 


Foto: https://www.pixabay.com/
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id