sign up SIGN UP

FASHION

Tips OOTD Anti Gerah untuk Kamu yang Berhijab

Liana Dewi | Kamis, 04 Feb 2021 12:15 WIB
Tips OOTD Anti Gerah untuk Kamu yang Berhijab
caption

Buat kaum berhijab, musim kemarau bisa jadi momok yang menyebalkan. Apalagi kita tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Hawa panas bisa bikin badan cepat lelah dan mengganggu aktivitas. Belum lagi keringat bisa bikin bau badan jadi tak sedap. Enggak banget. deh!

Makanya kamu perlu menyiasati supaya musim kemarau terasa lebih adem. So, apa saja sih yang perlu kamu perhatikan agar tampilan kamu tetap maksimal meski hawa panas menerjang? Yuk, simak tips di bawah ini!

Material Hijab dan Pakaian

Hijab dan pakaian
Foto: Instagram.com/megaiskanti

Saat panas menyengat, kulit perlu bernapas dengan lebih leluasa. Oleh karena itu, memilih pakaian yang breathable menjadi sangat penting. Material seperti katun dan linen bisa jadi pilihan karena kedua material tersebut mampu menyerap keringat dengan baik.

Tidak hanya untuk pakaian, material katun pun nyaman digunakan untuk hijab dan mudah dibentuk. Material katun juga bisa mengurangi efek rambut lepek karena keringat seharian.

Selain katun dan linen, ada bahan jersey yang mudah kering dan dapat mengatur kelembapan kulit. Dengan menggunakan pakaian berbahan jersey, kamu bisa terhindar dari bau badan. Apalagi kalau kamu sering beraktivitas outdoor, bahan jersey bisa jadi pilihan tepat buat kamu.

Memilih Warna dan Pola

Pakaian berpola
Foto: Instagram.com/richaeu

Ketika cuaca terik sebaiknya tidak memilih pakaian berwarna gelap, karena pakaian berwarna gelap mudah menyerap panas. Warna-warna pastel yang lembut seperti krem, biru muda, salem, dan abu-abu memberikan kesan yang lebih cerah tanpa membuat kamu kepanasan.

Tren pakaian print and pattern yang sedang in pun akan sangat cocok dengan warna-warna pastel. Kamu tinggal memadupadankannya dengan jilbab pastel polos. Dijamin kamu terlihat semakin modis dan cantik.

Oversized Look

oversized look
Foto: Instagram.com/richaeu

Oversized look sangat pas untuk yang berhijab karena tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Selain material yang tepat, model pakaian oversized juga memberikan sirkulasi udara yang baik untuk kulit kamu.

Oversized look biasanya lebih identik dengan street style. Namun jika kamu pandai mix and match, overzized look juga digunakan untuk formal occasion

Psst, tips penting nih! Bagi kamu yang bertubuh mungil jangan lupa melipat sebelah pakaianmu ke dalam ya agar tampak lebih tinggi. Seperti yang dilakukan oleh Richa Etika Ulhaq pada foto di atas.

Selain itu, kamu juga bisa menyiasati tubuh mungilmu dengan menggunakan bawahan model high waist supaya kakimu terlihat lebih panjang. Lalu jika kamu menggunakan atasan oversized, untuk bawahannya pakailah yang lebih pas di kaki. Dengan begitu, proporsi tubuhmu akan terihat lebih seimbang.

Aksesoris Penting di Musim Kemarau

Aksesoris musim kemarau
Foto: Instagram.com/megaiskanti

Aksesoris tidak bisa lepas dari gaya sehari-hari kita. Khusus untuk musim kemarau, topi dan kacamata gelap jadi aksesoris yang wajib kamu bawa. Kacamata gelap berfungsi untuk menjaga penglihatan kamu. Lalu gunakanlah topi lebar  atau model floppy hat agar wajah kamu terlindungi dari sengatan langsung sinar matahari. Tentunya jangan lupa pakai sunscreen, ya!

Layer Pakaian? Siapa Takut!

Layer pakaian
Foto: Instagram.com/gitasav

Musim kemarau memang lebih nyaman menggunakan pakaian simple dan minimalis. Tapi apalah daya, outer memang salah satu fashion item yang mampu membuat kamu terlihat lebih stylish

Ketika udara sedang panas, coba gunakan outer bermaterial tipis atau sheer outer. Misalnya outer berbahan lace atau tule yang bisa jadi alternatif.

Model outer yang akan kamu kenakan juga bisa disiasati supaya enggak bikin gerah. Model kimono yang loose dan jatuh akan memberikan kesan kasual namun tetap terlihat feminin dan pastinya anti gerah.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id