sign up SIGN UP

FASHION

Tips Padu Padan Outfit untuk Kamu yang Bertubuh Mungil

Liana Dewi | Sabtu, 06 Feb 2021 18:30 WIB
Tips Padu Padan Outfit untuk Kamu yang Bertubuh Mungil
caption

Memiliki tubuh mungil membuat pilihan outfit sehari-hari jadi agak tricky ya, Ladies. Terkadang ketika membeli pakaian, sering kali ukurannya tidak fit di badan. Jadi harus rajin-rajin mencoba dan sabar hunting brand apa yang ukurannya tepat bagi si tubuh mungil ini.

Penampilan dan gaya berpakaian mencerminkan kepribadian diri. Jadi, harus tahu betul nih apa yang pas di badan kita dan apa yang kurang cocok, apalagi jika bertubuh kecil. Salah-salah tampilan malah jadi kurang menarik dan kurang presentable.

Agar terhindar dari masalah itu, Beautynesia menghadirkan beberapa tips berpakaian untuk pemilik tubuh mungil agar terlihat lebih tinggi dan ramping. Yuk, langsung saja simak tipsnya!

1. Outfit Atas Bawah Senada

atas bawah senada
Foto: Instagram.com/wendyslookbook

Ketika kamu menggunakan atasan dan bawahan berwarna senada, tidak ada pemisah yang jelas antara bagian badan dan kaki. Badan dan kaki kamu jadi seperti sebuah kesatuan sehingga terlihat lebih panjang.

Jika kamu mau menggunakan belt, lebih baik memilih warna yang juga senada atau usahakan jangan terlalu kontras. Karena belt yang kontras akan memberi batasan antara badan dan kaki sehingga terlihat lebih pendek. Jadi, memilih warna monochrome lebih disarankan untuk tema outfit ini.

Kemudian kalau mau terlihat lebih langsing, kamu bisa memilih warna hitam untuk atasan dan bawahannya. Jika ingin menggunakan outer, usahakan juga untuk tidak menggunakan warna yang terlalu kontras sehingga tubuhmu tidak terlihat penuh oleh outfit yang ber-layer.

2. Mengenakan Model Crop Top

model crop top
Foto: Unsplash.com

Tips kedua ini merupakan cara untuk memberikan ilusi pada proporsi tubuh. Dengan menggunakan crop top, area tubuh atasmu seakan lebih pendek sehingga kakimu akan terlihat lebih jenjang.

Secara bersamaan, crop top yang menampilkan sedikit bagian perut dan lengan juga membantu memperluas area tubuh atas kamu sehingga tetap terlihat seimbang dengan area kaki yang kini terkesan lebih panjang.

Kamu dapat dengan mudah memadupadankan crop top dengan outer favoritmu. Karena ketika menggunakan crop top, sebagian tubuhmu akan tetap terlihat sehingga bisa memberikan tampilan ber-layer tanpa "memakan" badan mungilmu.

3. Jangan Pasangkan Atasan Loose dengan Bawahan yang Loose

atasan loose bawahan fit
Foto: Instagram.com/wendyslookbook

Jika tubuhmu mungil lalu mengenakan atasan dan bawahan longgar, malah akan memberikan efek tubuh yang lebih lebar dan lebih pendek dari aslinya. Kamu terlihat seakan-akan tenggelam dalam busana yang kamu kenakan. Kurang presentable jadinya. Di samping itu, kamu juga terlihat kurang dewasa dengan tampilan ini.

Jadi, jika kamu ingin menggunakan atasan loose, fit pants menjadi padu padan yang baik. Begitu pula sebaliknya, jika bawahan kamu loose, maka gunakanlah atasan yang lebih fit di badan. Dengan begitu, tubuh mungilmu tidak akan terlihat semakin mungil dan penampilanmu terlihat semakin chic.

4. Bawahan Andalan! High Waist dan High Ankle Pants

high waist jeans
Foto: Instagram.com/wendyslookbook

Menggunakan bawahan high waist memberikan ilusi yang sama dengan memakai crop top, yaitu memperkecil area tubuh atas. Bedanya, bawahan high waist memusatkan ilusi pada bagian kaki. Jadi ketika kamu menggunakan high waist jeans misalnya, bagian kakimu seakan terlihat 10 cm lebih panjang karena potongan pinggang yang lebih atas.

Begitu pula dengan high ankle pants. Ilusi yang ditampilkan ketika menggunakannya memperpanjang jarak antara bagian bawah celana dengan punggung kaki kamu. Dengan demikian, secara keseluruhan kakimu pun akan terlihat semakin panjang.

Untuk memberi efek seperti high ankle pants, kamu juga bisa menggulung celana yang sudah fit di kamu tanpa perlu memotongnya.

5. Menggunakan Alas Kaki Berwarna Nude

nude shoes
Foto: Instagram.com/jeanwang

Tidak harus high heels atau wedges, kamu juga juga bisa tampil jenjang dengan menggunakan flat shoes. Pilihlah flat shoes nude untuk kamu gunakan sehari-hari. Bukan berarti tidak bisa menggunakan alas kaki warna lain ya, Ladies.

Hanya saja ketika kamu menggunakan nude, space antara engkel dan kaki kamu terlihat lebih panjang dibandingkan ketika menggunakan alas kaki berwarna kontras seperti hitam misalnya. Warna kontras seperti ini malah memberi batasan jelas antara engkel dan kaki sehingga terlihat lebih pendek.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id