sign up SIGN UP

FASHION

Yuk Kenali Tipe Kerusakan Pada Rambut dan Cara Mengatasinya!

Astari Dewi Larasati | Rabu, 01 Jul 2020 14:00 WIB
Yuk Kenali Tipe Kerusakan Pada Rambut dan Cara Mengatasinya!
Rambut rusak/freepik.com
Jakarta -

Rambut adalah mahkota setiap wanita yang menunjang kesempurnaan penampilan. Maka dari itu, wanita selalu menjaga kesehatan rambut sebisa mungkin. Namun tidak seterusnya rambut akan selalu sehat, bisa saja mengalami kerusakan. Hal ini akan mengganggu penampilan yang wanita tidak suka.

Penyebab kerusakan ini biasanya karena salah memakai produk rambut hingga stress. Kerusakan rambut juga tidak semuanya sama, ada beberapa tipe yang membedakannya. Berikut perbedaan tipe kerusakan rambut sekaligus cara mengatasinya.


Bercabang

Memotong rambut adalah salah satu cara mengatasi rambut bercabang.
Rambut bercabang/freepik.com

Rambut yang bercabang adalah salah satu permasalahan rambut yang paling umum dan sering dijumpai. Dimana kondisi ujung rambut akan terpecah menjadi beberapa bagian. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memotong rambut yang bercabang tersebut. Namun jika rambut bercabang masih saja muncul, maka bisa coba serum rambut yang mengandung polimer karena dapat mengisi serta memperbaiki setiap belahan rambut.

Kerusakan warna

Biasanya yang mengalami adalah orang yang sering mewarnai rambut.
Kerusakan warna/freepik.com

Mewarnai rambut memang memperindah tampilan Ladies. Namun jika tidak memperhatikan dampaknya pada kesehatan rambut akan merusak warna alami rambut. Maka pilihlah hair stylist yang memang mengerti untuk mewarnai rambut agar tidak pudar namun tetap sehat. Produk rambut seperti kondisioner dan masker juga harus lebih diperhatikan lho.

Kerusakan karena zat kimia

Komposisi produk perawatan rambut perlu diperhatikan lebih teliti lagi untuk menghindari kerusakan.
Kerusakan karena zat kimia/freepik.com

Selanjutnya, kerusakan rambut bisa dikarenakan bahan kimia yang terdapat pada produk perawatan rambut atau mewarnai rambut dengan tidak memperhatikan cara yang tepat. Untuk itu, bisa mengatasinya dengan memakai masker rambut atau hair oil sebelum keramas. Cara ini berguna untuk memberi protein pada rambut agar terlindungi dari kerusakan yang tidak diinginkan.

Kerusakan karena panas

Terlalu sering mencatok akan membuat lapisan rambut rusak.
Kerusakan karena panas/pinterest.com/katherineferguson

Panas dari catokan atau iron flat akan membuat rambut kering bahkan bisa lebih parah, seperti bercabang. Apalagi jika melakukannya setiap hari, maka kerusakan pada rambut tidak akan terhindari. Cara lain untuk mengatasinya adalah mengatur panas yang sesuai dengan tekstur rambut, hindari mencatok pada rambut yang belum bersih, dan hindari untuk menggunakannya setiap hari.

Kerontokan

Masalah kerusakan rambut yang paling banyak dialami oleh wanita maupun pria.
Rambut rontok/freepik.com

Biasanya diawali tanda rambut mengalami kerontokan hingga rambut menjadi tipis lalu kulit kepala menjadi terlihat. Penyebab kerusakan rambut seperti ini adalah stress, mengikat rambut terlalu kencang sehingga rambut tidak bisa bernapas, ketombe, hingga autoimun.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id