sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

5 Film Indonesia Kekinian dengan Setting Era 90-an yang Bikin Nostalgia

Nisrina Salsabila | Sabtu, 03 Apr 2021 09:30 WIB
5 Film Indonesia Kekinian dengan Setting Era 90-an yang Bikin Nostalgia
caption

Tanggal 30 Maret ditetapkan sebagai hari Film Nasional untuk memperingati peristiwa bersejarah atas film “Darah dan Doa” karya Usmar Ismail yang merupakan debut produksi Perusahaan Film Nasional (Perfini) di tahun 1950. Atas dedikasi Usmar Ismail dalam sejarah dunia perfilman Indonesia, akhirnya sosok beliau pun diangkat sebagai Bapak Perfilman Indonesia.

Nah, mumpung masih terasa vibes Hari Film Nasional, ada beberapa film Indonesia kekinian dengan jalan cerita menarik untuk anak muda. Tak seperti biasanya, film-film ini mengambil latar belakang waktu era 90-an yang bikin kamu auto nostalgia. Wah, apa saja, ya, daftar filmnya?

1. Generasi 90-an: Melankolia (2020)

film indonesia
Generasi 90-an: Melankolia/Foto: Instagram.com/generasi90anmelankolia

Film yang menceritakan tentang kehilangan dan yang tak tergantikan ini diadaptasi dari buku “Generasi 90-an” karya Marchella FP. Film Generasi 90-an: Melankolia secara epik menampilkan setting waktu saat ini namun dengan warna dan desain  produksi yang bertemakan nuansa era 90-an.

Sutradara Angga Dwimas Sasongko menggandeng artis-artis muda berbakat seperti Ari Irham, Aghniny Haque, Taskya Namya hingga Wafda Saifan serta para aktor yang hits di era 90-an seperti Gunawan dan Marcella Zalianty. Tonton Generasi 90-an: Melankolia secara streaming via Netflix.

2. Dilan 1990 (2018) dan Dilan 1991 (2019)

film indonesia
Dilan 1991/Foto: Instagram.com/fajarbustomi

Siapa yang tak kenal film Dilan? Walaupun mengambil setting tahun 90-an, nyatanya film adaptasi dari novel karya Pidi Baiq ini berhasil menembus hati para kaum remaja kekinian. Latar belakang drama percintaan remaja antara Dilan dan Milea di masa SMA dianggap ‘relate’ dengan kehidupan mereka.

Apalagi, pesona juga chemistry dari pemeran utamanya, Iqbaal Ramadhan sebagai Dilan dan Vanesha Prescilla sebagai Milea bikin penonton jadi baper. Apa kamu termasuk penonton Dilan?

3. Bebas (2019)

film indonesia
Bebas/Foto: Instagram.com/scbachtiar

Film Bebas karya Riri Riza dan Mira Lesmana bakal jadi film yang akan menghanyutkanmu dalam memori nostalgia masa-masa remaja di tahun 1995-1996. Bebas berkisah tentang persahabatan enam remaja yang terpisah selama 23 tahun sejak tahun 1996 dan kembali berkumpul di tahun 2019.

Tak hanya dari alur cerita yang bergaya maju mundur, nuansa 90-an juga kental dalam pemilihan soundtrack lagu yang hits pada masa itu, salah satunya lagu "Bebas" dari rapper Iwa K.

4. Tersanjung The Movie (2021)

film indonesia
Tersanjung The Movie/Foto: Instagram.com/film_tersanjung

Masih ingat dengan sinetron fenomenal Tersanjung yang punya ribuan episode? MVP Pictures bersama sutradara Hanung Bramantyo berupaya membuat ulang sinetron ini menjadi sebuah film Tersanjung The Movie.

Tumbuh besar dalam keluarga yang penuh gejolak, Yura (Clara Bernadeth) terjebak dalam cinta segitiga antara kedua sabahatnya, Oka (Kevin Ardilova) dan Christian (Giorgino Abraham). Hadir pula pemeran original dalam sinetron Tersanjung, seperti Ari Wibowo dan Feby Febiola. Mulai April 2021 kamu bisa menyaksikannya secara streaming di Netflix.

5. Pengabdi Setan (2017)

film indonesia
Pengabdi Setan/Foto: Instagram.com/pengabdisetan_official

Film horor akan semakin mencekam bila setting waktunya dibuat lebih lampau. Latar waktu era 80-an pada film Pengabdi Setan dipilih oleh Joko Anwar dalam rangka proyek remake film berjudul serupa yang tayang tahun 1980 silam.

Film yang digawangi oleh Tara Basro, Bront Parale, Dimas Aditya hingga Ayu Laksmi ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang harus mengusir hantu mendiang ibu mereka ketika ia mencoba menyeret anak-anaknya. Film horor ini pun berhasil menyaring banyak penonton sekaligus meraih banyak penghargaan bergengsi tingkat nasional sampai internasional.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id