sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Dari Serial Netlfix The Queen's Gambit, Gak Nyangka Bisa Ambil Pelajaran Ini

Astari Dewi Larasati | Sabtu, 19 Dec 2020 15:15 WIB
Dari Serial Netlfix The Queen's Gambit, Gak Nyangka Bisa Ambil Pelajaran Ini
caption
Jakarta -

Serial Netflix The Queen’s Gambit yang rilis pada bulan Oktober telah menjadi pembicaraan hangat dan masuk ke dalam Top 10 di Indonesia. Menceritakan seorang wanita bernama Elizabeth Harmon atau biasa dipanggil Beth yang belajar catur dari petugas kebersihan di ruang bawah tanah panti asuhan Methuen.

Namun bukan hanya catur saja, The Queen’s Gambit juga menggambarkan wanita muda yang tumbuh dewasa, mengejar impian besar, dan mengatasi rintangan. Jadi sambil menonton serial Netflix ini, akan ada hal yang bisa dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan sebagai berikut.

Jangan menilai seseorang atau sesuatu terlalu cepat

Hal ini membuat Beth harus membuktkan dirinya, mudah membuat penilaian, dan sulit berpikiran terbuka.
Jangan menilai seseorang atau sesuatu terlalu cepat/pinterest.com/theentertainment

Serial ini diadopsi dari buku fiksi 60 tahun lalu dan menampilkan adegan yang serupa dengan nuansa kental. Beth selalu dinilai seseorang atau suatu hal terlalu cepat dan hal ini mengakibatkan ia harus membuktikan dirinya berkali-kali.

Mulai dari wanita yang tidak boleh berkarir dalam kompetisi catur, kemudian setelah diadopsi Beth harus memulai hal baru seperti dansa, dan menganggapnya terlalu glamor untuk tetap berkarir di dunia catur.

Tidak melabeli tiap orang

Sejak kecil, Beth mudah melabeli tiap orang disekitarnya padahal ia sendiri jauh dari kata sempurna.
Tidak melabeli tiap orang/pinterest.com/thesun

Memang mudah melabeli atau judge tiap orang berdasarkan penampilan, sifat, dan perilaku. Tapi hal ini bukanlah hal yang terpuji dan patut dicontoh. Sejak kecil, Beth mudah melabeli tiap orang disekitarnya padahal ia sendiri jauh dari kata sempurna. Dari wajah yang datar, sepatu serta tali cokelat, serta karakternya yang tidak biasa. Beth sendiri digambarkan sebagai yatim piatu, anak ajaib, pemain catur, dan remaja tahun 60an.

Mulailah sebelum siap

Jadi sambil mempersiapkan secara matang, siapkan mental untuk menghadapi sesuatu yang diluar kehendak.
Mulailah sebelum siap/pinterest.com/zannyshehata

Beth adalah contoh kehidupan nyata dari belajar sambil bekerja. Misalnya saat muncul di turnamen catur pertamanya, ia tidak tahu mengenai struktur dan cara menggunakan jam catur. Meskipun penelitian dan persiapan penting, namun perlu diingat bahwa kejadian tidak terduga sulit dicegah.

Jadi sambil mempersiapkan suatu hal secara matang, siapkan mental untuk menghadapi sesuatu yang di luar kehendak. Karena jika tidak, maka nantinya akan selalu menunda bahkan tidak memulai langkah sama sekali.

Percayalah pada diri sendiri

Beth mempunyai mimpi yang besar, namun selalu bekerja keras untuk menggapainya.
Percayalah pada diri sendiri/pinterest.com/hollywoodlife

Pada awal karir catur, Beth selalu menerima ejekan dan dianggap remeh oleh lawannya. Namun, ia tetap percaya pada diri sendiri dan mempunyai motto yaitu, jika impian tidak membuatnya takut berarti mimpinya belum cukup besar.

Hal ini bisa diterapkan oleh para penontonnya, untuk semakin bermimpi lebih tinggi dan semakin termotivasi. Beth selalu bekerja keras, berlatih, menambah pengetahuan, dan ingin terbiasa bermain catur. Sehingga ia bisa memenangkan kompetisi, bahkan Beth belajar Bahasa Rusia saat mempersipakan turnamen luar negeri.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id