sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Film Asia yang Punya Rating Tinggi di Skala Internasional, Sudah Nonton?

Allyoo Ri | Kamis, 15 Apr 2021 14:30 WIB
Film Asia yang Punya Rating Tinggi di Skala Internasional, Sudah Nonton?
caption
Jakarta -

Tak melulu film dari hollywood yang berjaya secara internasional, Asia juga memiliki banyak jagoan untuk dapat bersaing di kancah international loh. Tak hanya masuk box office atau mendapat keuntungan serta penonton banyak, namun juga penghargaan yang didapat tidak main-main.

Berikut, sederet film dari Asia yang mampu bersaing dan berjaya di berbagai penghargaan internasional!

Minari

Official poster film
Minari/Official poster film

Film ini tengah ramai dibicarakan di kalangan banyak pecinta film, khususnya film Asia. Dibintangi Steven Yeun, Han Yeri serta Youh Yunjung, ini adalah sebuah film yang mengisahkan tentang dasar kehidupan kita. Minari memiliki kisah tentang sebuah keluarga Korea-Amerika yang pindah ke sebuah pertanian kecil di Arkansas untuk mencari "Impian Amerika".

Rumah keluarga ini kemudian berubah total dengan kedatangan nenek mereka yang licik, bermulut kotor, tetapi sangat penyayang. Di tengah ketidakstabilan dan tantangan kehidupan baru di Ozarks yang keras tersebut, Minari menyajikan gambaran ketahanan keluarga yang tak terbantahkan dan apa yang sebenarnya membuat sebuah rumah.

Disutradarai oleh Lee Isaac Chung, film ini berhasil meraih Best Supporting Actress di BAFTA atau Best Academy F T Award.

Selain itu dalam OSCAR, Minari tak tanggung-tanggung menjadi nominasi di enam kategori. Di antaranya adalah, Film Terbaik, Aktor Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, Naskah Asli Terbaik, Sutradara Terbaik dan Musik Orisinil Terbaik.

Shoplifters

Official poster film
Shoplifter/Official poster film

Film Jepang ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang menjadi pencuri di mini market atau toko-toko. Diawali oleh Osamu yang bekerja sebagai buruh harian, ia dan putranya, Shota pulang mengutil di supermarket, Osamu menemukan gadis kecil bernama Yuri yang menggigil kedinginan di sebuah gang.

Osamu pun membawanya pulang bersama mereka. Selain Osamu dan anak laki-lakinya, ibunya (Hatsue), istrinya, Nobuyo dan adik perempuannya tinggal bersama di rumah itu. Memiliki rencana untuk mengembalikan Yuri kepada keluarga aslinya, namun Yuri lebih memilih untuk mengubah nama serta penampilannya dan tinggal bersama keluarga Osamu. Suatu hari, terjadi sebuah kejadian yang membuat segala hal berubah ke arah yang tak terduga.

Disutradarai oleh Hirokazu Koreeda, film ini mendapatkan penghargaan sebagai surprise winner dari Palme d'Or Festival Film Cannes 2018, tak hanya itu film ini juga ditayangkan kembali di Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) yang ke-13.

Parasite

Official poster film
Parasite/Official poster film

Menceritakan tentang Keluarga Ki-taek yang memiliki empat orang pengangguran dengan masa depan suram menanti mereka. Suatu hari Ki-woo sebagai anak laki-laki tertua direkomendasikan oleh sahabatnya yang merupakan seorang mahasiswa dari universitas bergengsi. Sahabatnya itu meminta agar Ki-woo menjadi guru les yang dibayar mahal dan membuka secercah harapan penghasilan tetap.

Membawa harapan besar dari keluarga, Ki-woo menuju ke rumah keluarga Park untuk wawancara. Setibanya di rumah Mr. Park pemilik perusahaan IT global, Ki-woo bertemu dengan Yeon-kyo, wanita muda yang cantik di rumah itu. Mulai dari Kiwoo yang bekerja di sana, mulailah satu persatu kejadian terjadi secara tak terduga dan mendebarkan di antara keluarga kaya dan miskin tersebut.

Karya Bong JoonHo yang dikenal fenomenal ini telah berhasil masuk 6 nominasi OSCAR, dan memenangkan 4 di antaranya: Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Asli Terbaik, Film Internasional Terbaik. Dari total 299 nominasi penghargaan, Parasite memboyong 180 piala. Tak hanya itu, Parasite juga memenangkan Palme d’Or dari Cannes Film Festival loh!

The Salesman

Official poster film
The Salesman/Official poster film

Disutradarai oleh Asghar Farhadi yang juga memenangkan piala Oscar melalui filmnya A Separation, tahun 2017 lewat filmnya yang berjudul The Salesman Asghar juga sukses menjadikan The Salesman meraih penghargaan Film Berbahasa Asing Terbaik di ajang piala Oscar.

Memiliki kisah yang pilu, film ini mengisahkan tentang seorang suami yang mencari sosok pelaku yang telah melakukan penyerangan terhadap istrinya. Film ini dibintangi dengan apik oleh Shahab Hosseini, Taraneh Alidoosti dan Babak Karimi.

Dalam Cannes Film Festival, The Salesman berhasil meraih penghargaan film serta aktor terbaik. Tak hanya itu, dalam Chicago International Film Festival mendapatkan Silver Hugo Special Jury Prize.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id