sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Penuh Misteri, 5 Alasan Kamu Perlu Nonton Film Enola Holmes di Netflix

Esra Dopita | Selasa, 29 Sep 2020 11:30 WIB
Penuh Misteri, 5 Alasan Kamu Perlu Nonton Film Enola Holmes di Netflix
caption

Layanan streaming Netflix kembali menghadirkan film terbarunya berjudul Enola Holmes. Film netflix yang resmi diluncurkan pada Rabu, 23 September 2020, ini menceritakan tentang seorang detektif remaja putri yang berusaha memecahkan misteri hilangnya anggota keluarganya.

Enola Holmes merupakan adik perempuan dari Sherlock Holmes, seorang detektif terkenal di dunia. Film Enola Holmes merupakan spin-off atau sekuel dari kisah Sherlock Holmes yang diangkat dari novel dengan judul sama karya novelis Amerika Serikat, Nancy Springer. Nah, berikut ini alasan kamu perlu menonton film Enola Holmes

Mencari Sang Ibu

Fil Enola Holmes menceritakan tentang seorang detektif remaja putri yang memecahkan misteri hilangnya sang ibu.
https://www.instagram.com/enolaholmesnetflixfilm/

Berbeda dengan Sherlock yang kerap menyelidiki kasus pembunuhan atau kejahatan, film yang diperankan Millie Bobby ini justru menyelidiki hilangnya sang ibu tercinta, Eudoria Holmes (Helena Bonham Carter). Eudoria menghilang pada hari ulang tahun Enola yang ke-16 tahun.

Awalnya, Enola terbangun dari tidurnya pada hari ulang tahunnya. Namun, ia terkejutnya mendapati sang ibu tak ada di rumah dan meninggalkan berbagai jenis hadiah. Sayangnya, tak ada satu pun petunjuk mengenai kepergian sang ibu. 

Konflik Kakak Beradik

Enola nemiliki dua kakak laki-laki,  Sherlock Holmes (Henry Cavill) yang merupakan detektif terkenal dan Mycroft Holmes (Sam Claflin). Sejak sang ibu menghilang, Enola diasuh sang kakak.
https://www.instagram.com/netflixfilm/

Hilangnya sang ibu membuat Enola terpaksa diasuh kedua kakaknya, Sherlock Holmes (Henry Cavill) yang merupakan detektif terkenal dan Mycroft Holmes (Sam Claflin). Kedua kakak beradik ini memiliki karakter berbeda serta sikap dalam mengasuh Enola. Sherlock berkarakter sangat emosional serta peduli dengan sang adik. Sedangkan Mycroft temperamental serta displin.

Ia tidak begitu senang dengan keberadaan Enola dan memaksanya masuk ke asrama khusus perempuan untuk belajar mengenai etika dan persiapan menikah. Namun, Enola enggan menuruti perintah sang kakak. Apalagi, sang ibu telah mengajarkannya banyak ilmu dan kemampuan seperti bela diri, ditambah membebaskannya menentukan jalan hidupnya sendiri. 

Perlawanan dan Keberanian Perempuan

Film Enola Holmes juga mengangkat tentang perlawanan dan keberanian seorang perempuan yang menolak tunduk pada norma-norma di masyarakat yang menempatkan perempuan di posisi bawah.
https://www.instagram.com/enolaholmesnetflixfilm/

Malam sebelum ia dikirim ke asmara, Enola menemukan petunjuk dan sejumlah uang yang ditinggalkan ibunya. Uang itu pun ia gunakan untuk kabur dari rumah dan mencari sang ibu ke London, Inggris.

Langkah ini juga diambilnya sebagai bentuk perlawanan terhadap lelaki yang menganggap perempuan tak bisa melakukan hal hebat dan keberanian serta hanya dipersiapkan untuk menikah. Enola menolak norma-norma di masyarakat yang menempatkan posisi perempuan di bawah lelaki.

Ia pun menyamar seperti anak lelaki dan berpetualang ke London mengumpulkan satu per satu petunjuk layaknya seorang detektif untuk memecahkan misteri hilangnya sang ibu. Hingga di perjalanan, ia bertemu Tewkesbury, seorang bangsawan muda progresif yang kabur dari rumah karena tak ingin menjadi raja tradisional.

Latar Belakang Era Ratu Victoria

Film Enola Holmes mengambil latar belakang waktu tahun 1884. Tahun tersebut terjadi pada era Ratu Victoria pada 1837-1901.
https://www.instagram.com/netflixfilm/

Film Enola Holmes mengambil latar belakang waktu 1884. Tahun tersebut terjadi pada era Ratu Victoria pada 1837-1901. Tak heran, film yang disutradarai Harry Bradbeer itu mengandung unsur gaya Victorian. Produksi dan syuting film ini juga berlokasi di bagian Timur Inggris, yakni kawasan Bedfordshire, tepatnya di Luton Hoo.

Selain latar tempat, pakaian yang dikenakan para pemain Enola Holmes juga menonjolkan gaya berbusana Inggris pada masa lalu. Mulai dari, gaun, setelan jas, hingga tatanan rambut. Pada satu scene, film ini juga menampilkan satu rangkaian kereta khas Inggris yang masih kuno. 

Misteri dan Penuh Petualangan

Enola Holmes merupakan sebuah film bertema misteri dan penuh petualangan. Meski demikian, film ini dikemas secara ringan dan menyenangkan berbeda dengan film bertema misterius atau detektif lainnya.
https://www.instagram.com/netflixfilm/

Berdasarkan plot tersebut, tentunya Enola Holmes merupakan sebuah film bertema misteri dan penuh petualangan. Meski demikian, film ini dikemas secara ringan dan menyenangkan berbeda dengan film bertema misterius atau detektif lainnya. Jadi, para penonton bisa menikmatinya secara nyata tanpa harus berpikir keras mencernanya. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id