sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

To All The Boys: Always and Forever Tamat, Ini Beberapa Pelajaran yang Dipetik untuk Pasangan

Sheila Fathin | Kamis, 18 Feb 2021 09:00 WIB
To All The Boys: Always and Forever Tamat, Ini Beberapa Pelajaran yang Dipetik untuk Pasangan
caption

"I wanna be the one by your side, I know it wont be easy but I wanna do whatever it takes to make this work because that's what you do when you love someone" 

Dengan berakhirnya serial film Netflix To All The Boys I've Loved : Always dan Forever yang ditayangkan dua hari sebelum Valentine kemarin, berhasil meninggalkan kesan yang mendalam. To All The Boys I've Loved: Always and Forever mampu menunjukkan hubungan Peter dan Lara Jean yang semakin berkembang seiring berjalannya kisah cinta mereka. Hubungan yang semakin berkembang bukan berarti tidak ada konflik sama sekali. Justru dengan adanya konflik hubungan bisa semakin lebih baik dan rasa kedewasaan mulai tumbuh. 

Couple goals seperti Peter dan Lara Jean di akhir perjalanannya kisah cintanya mengajarkan beberapa hal yang bisa kita ambil sisi positifnya dalam menjalani hubungan dengan pasangan. Apa saja hal-hal itu?

LDR Bukan Penghalang 

Lara Jean
To All The Boys I've Loved Before/youtube.com

Seringnya hubungan kandas karena beberapa pasangan hanya fokus pada jarak itu sendiri. Mereka tidak berfokus bagaimana cara membuat jarak itu tidak terlihat, tidak berfokus pada bagaimana membuat momen yang bisa berkesan walau jarak memisahkan. Fokuslah pada solusi yang bisa dipecahkan bersama pasangan untuk membuat hubungan LDR ini tidak kandas. 

Peter dan Lara Jean menunjukkan bahwa hubungan mereka bisa berhasil walau terpisah jarak beberapa kilo jauhnya. Mereka berfokus pada rencana apa yang bisa dibuat agar hubungan yang terpisah jarak ini bisa berkesan dan tidak mempengaruhi hubungan mereka. Kedua pasangan harus bisa bekerja sama untuk mewujudkannya. Itulah mengapa menjalin hubungan bukan tentang diri sendiri melainkan kita dan pasangan adalah satu kesatuan yang utuh. 

Menjadi Pasangan yang Suportif

Peter dan Lara Jean
To All The Boys I've Loved/filmfutter.com

Kita memiliki keinginan yang ingin kita capai, bukan? Sama halnya dengan pasangan kita yang juga memiliki keinginan. Sebagai pasangan yang dewasa dan mature, dukunglah apapun hal-hal positif yang ingin dilakukan oleh pasanganmu. Karena dengan kamu mendungkungnya, pasanganmu merasa kamu menghargai segala keputusan dan keinginannya. Pasanganmu juga merasa kamu bisa menjadi tempat di mana nanti dia bisa berkeluh-kesah.

Saling Terbuka

To All The Boys I've Loved Before
To All The Boys I've Loved : Always dan Forever/insider.com

Kamu tidak ingin berakhir dengan pasanganmu merasa kamu sedang berbohong kan? Berbohong adalah kesalahan fatal yang akan melukai hati pasanganmu. Apalagi bila pasanganmu memiliki trust issues. Kebohongan adalah hal terkahir yang kamu inginkan.

Dengan saling terbuka membuat hubungan kalian bisa semakin berkembang ke arah lebih baik. Bila ada masalah pun, kamu bisa terbuka dan menceritakan kepada pasangan agar bisa menemukan solusi terbaik. Tidak hanya bisa menemukan solusi terbaik, pasangan akan merasa dibutuhkan kehadirannya di saat kamu membutuhkan pertolongan. 

Seperti yang Peter dan Lara Jean lakukan, sesaat ketika Lara Jean menceritakan bahwa dirinya tidak diterima di Stanford. Lara Jean menceritakannya kepada Peter dan akhirnya mereka bisa menemukan jalan keluarnya.

Mengerti Tentang Arti Consent

Semua memang harus atas dasar persetujuan. Dan itulah consent di mana kita harus meminta izin terlebih dahulu atas sesuatu yang bukan milik kita. Dalam konteks hubungan percintaan consent di sini adalah meminta izin untuk menyentuh tubuh pasangan kita.

Peter selalu menghomati Lara Jean apapun yang dia inginkan, begitu pula sebaliknya. Peter tidak akan melakukan sesuatu hal yang Lara Jean tidak inginkan atas dirinya. Hal itu sama berlakunya dengan Lara Jean terhadap Peter.

Cita-cita Lebih Penting

Peter and Lara Jean
To All The Boys I've Loved : Always dan Forever//bookstacked.com

Terdengar egois memang jika kita melihat sebuah film roman picisan dengan tokoh utama yang lebih mementingkan cita-citanya daripada memilih cinta dari pasangan. Tapi realitasnya berbeda, To All The Boys I've Loved : Always and Forever menghadirkan jalan cerita yang berbeda dari kebanyakan film roman picisan.

Peter dan Lara Jean memutuskan untuk memilih cita-cita yang mereka inginkan dan juga berusaha untuk membangun hubungan mereka menjadi lebih baik. 

Sejujurnya jika kita hanya mengandalkan cinta saja dalam dunia nyata, itu tidak akan berhasil. Cita-cita dan keinginan kita adalah pilihan yang wajib kita utamakan terlebih dahulu.

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id