sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Yuki Kato, Luna Maya dan Dion Wiyoko Isi Suara Film Mulan

Rima WK | Minggu, 22 Nov 2020 21:00 WIB
Yuki Kato, Luna Maya dan Dion Wiyoko Isi Suara Film Mulan
Foto: Instagram.com/lunamaya

Kabar gembira bagi penikmat film live action 'Mulan'. Jelang penayangan Film Mulan di Indonesia pada 4 Desember 2020, sederet nama aktor dan aktris dalam negeri diumumkan sebagai pengisi suara tiga tokoh utamanya. 

Ketiganya yaitu Yuki Kato, Luna Maya dan Dion Wiyoko yang akan mengisi suara dalam Bahasa Indonesia dalam penayangan Mulan di Indonesia. 

1. Yuki Kato sebagai Mulan

Yuki Kato dalam sebuah pemotretan bernuansa Jepang
Yuki Kato berpose dan bergaya Jepang/Instagram Yukikt

Yuki Kato didapuk untuk menjadi dubber (penyulih suara) tokoh utama dalam film ini, Hua Mulan yang diperankan oleh Liu Yifei.

Dalam sebuah wawancara, Yuki mengaku sempat tak percaya saat terpilih mengisi suara sebagai Mulan. Gadis berdarah Indonesia-Jepang ini pun telah lama menyukai karakter film Mulan.

Mengingat pengalaman sebagai sulih dubber  yang tak banyak, selama proses rekaman Yuki didampingi oleh dubber profesionial untuk mengontrol intonasi, artikulasi dan emosi karakter yang dia bawakan. 

2. Luna Maya sebagai Xianniang

Luna Maya mengisi suara dalam Bahasa Indonesia untuk tokoh Xianniang di film Mulan.
Luna Maya dalam konferensi pers Film Mulan/Instagram lunamaya

Luna Maya terpilih untuk menjadi dubber tokoh Xianniang yang diperankan oleh Gong Li. Ia akan membawakan suara tokoh penyihir kuat Xianniang dalam film ini.

Ini menjadi proyek perdana Luna menjadi seorang dubber. Aktris berdarah Bali ini mengaku pengalamannya menjadi seorang dubber tidak mudah dan menemukan tantangan tersendiri. Sebab, Luna mengisi suara untuk tokoh yang tidak dia perankan sendiri.

Meski begitu, Luna diberi kelancaran selama proses rekaman suara tokoh Xianniang. Cukup 1 jam saja Luna menyelesaikan proses rekamannya. 

3. Dion Wiyoko sebagai Honghui

Dion Wiyoko terpilih untuk mengisi suara tokoh Huanghui dalam bahasa Indonesia di film Mulan
Pose Dion Wiyoko dalam unggahan di Instagram/Instagram Dion Wiyoko

Aktor Dion Wiyoko akan mengisi suara dalam Bahasa Indonesia untuk tokoh Chen Honghui di Film Mulan yang diperankan oleh Yoson An. Dion akan membawakan suara tokoh yang ambisius dan naksir dengan karakter Mulan.

Selama proses menjadi dubber, Dion mengaku belajar untuk mengambil suara tenggorokan sehingga membuatnya serak. Ia pun menjalani proses rekaman suara selama 1-2 jam. 

Itu lah tadi 3 aktor dan aktris Indonesia yang suaranya akan kalian dengar dalam Film Mulan yang tayang di Indonesia Desember nanti. Penasaran kan?

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id