sign up SIGN UP

4 Cara Budgeting Skincare yang Bisa Kamu Ikuti

Rani Mutiara | Kamis, 17 Jun 2021 09:00 WIB
4 Cara Budgeting Skincare yang Bisa Kamu Ikuti
caption
Jakarta -

Semenjak pandemi, semakin banyak yang merasa bahwa skincare sudah menjadi kebutuhan primer yang harus segera dipenuhi ketika stoknya sudah menipis. Namun, tidak jarang ketika ingin membeli stok skincare baru ternyata uang juga lagi menipis. Maka dari itu, ikuti langkah-langkah budgeting skincare di bawah ini supaya kamu bisa lebih hemat dan dapat membeli stok skincare tepat waktu!

Investasi di Skincare yang Memberikan Hasil Signifikan

using serum | pict : freepik.com
using serum | pict : freepik.com

Kamu bisa menentukan produk skincare mana yang berpengaruh besar terhadap kesehatan kulitmu. Misalnya, jika kamu merasa serum A sangat membantumu menghilangkan bekas jerawat, maka kamu bisa mengeluarkan duit lebih banyak untuk serum tersebut. Pastikan juga bahwa kamu hanya memilih 1-3 produk yang emang memberikan hasil signifikan supaya kamu tidak perlu melakukan hal yang sama pada semua rangkaian skincare rutinmu.

Budget Lebih Rendah untuk Sunscreen dan Cleanser

Poin satu ini sebenarnya opsional, tapi kalau kamu masih bingung dengan poin nomor 1, mungkin penjelasan ini akan membantumu!

washing face | pict : freepik.com
washing face | pict : freepik.com

Fungsi utama cleanser pada umumnya hanyalah membersihkan saja. Sekalipun dia mengandung bahan-bahan yang melembabkan dan mencerahkan, hasilnya tentu tidak sebanding dengan menggunakan serum, toner ataupun pelembab. Hal ini karena cleanser hanya stay di kulit beberapa menit saja kemudian langsung dibilas. Oleh karena itu, mencari cleanser dengan harga murah asalkan dia sudah bisa membersihkan tanpa membuat kulit ketarik itu sudah cukup. Sama halnya dengan sunscreen yang harus kamu reapply setiap 2 jam sekali untuk proteksi maksimal.

Tentu saja penggunaan sunscreen jauh lebih boros daripada skincare lain sehingga kamu bisa menetapkan budget lebih rendah untuk sunscreen.

Membeli Sesuai Kebutuhan

shopping | pict : freepik.com
shopping | pict : freepik.com

Munculnya berbagai jenis skincare terkadang bisa membuatmu terkecoh ingin memiliki semua rangkaiannya. Padahal kulitmu tidak selalu butuh semua itu. Beberapa jenis skincare bisa saja memiliki fungsi yang sama sehingga kamu hanya perlu memilih salah satu. Misalnya seperti hydrating toner dengan essence, exfoliating toner dengan peeling serum, emulsion dengan pelembab. Dari opsi skincare tadi, kamu cukup memilih 1 dari 2 pilihan yang emang lebih kamu butuhkan.

Bahkan sebenarnya tahapan basic skincare yang terdiri dari cleanser, toner, moisturizer dan sunscreen juga sudah cukup bagi beberapa orang. Selain lebih hemat, cara ini juga akan semakin mempermudahmu dalamĀ budgeting.

Memperkirakan Masa Habis Skincare

using skincare | pict : freepik.com
using skincare | pict : freepik.com

Menghitung kapan skincaremu akan habis juga bisa membantumu dalam budgeting. Misalnya kamu membeli cleanser seharga 40 ribu yang diperkirakan akan habis dalam waktu 2 bulan setengah, maka kamu bisa menyiapkan uang sebesar 40 ribu dalam 2 bulan ke depan. Supaya ketika cleanser-mu akan habis, uangmu sudah terkumpul untuk membeli stok yang baru. Begitu juga dengan skincare lainnya.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id