sign up SIGN UP

LIFE

5 Cara Mengatur THR dengan Bijak untuk First Jobber

Dian Purnamasari | Selasa, 27 Apr 2021 17:15 WIB
5 Cara Mengatur THR dengan Bijak untuk First Jobber
caption

Kamu para first jobber, bulan Ramadan tahun ini pasti sedang merasa bahagia, karena tahun ini adalah pertama kalinya kamu mendapatkan THR. Tunjangan Hari Raya (THR) memang jadi salah satu hal yang dinantikan para pekerja, saat menjelang hari raya.

Bayangan akan barang-barang yang ingin kamu beli, keceriaan adik atau keponakan yang menagih angpau, atau mungkin senyum orang tua saat kamu memberikannya uang belanja. Pasti sudah tergambar jelas di benakmu.

Tapi sebelum menggunakan uang THR yang kamu dapatkan, ada baiknya kamu simak dulu tips berikut agar kamu dapat dengan bijak menggunakan uang THR mu.

1. Sedekah atau Zakat

zakat
Source: pexels.com/zakat

Ini penting sekali untuk kamu utamakan, sebelum kamu menggunakan uang THR mu untuk keperluan Lebaran. Jangan lupa siapkan untuk sedekah atau zakat. Apalagi di zaman sekarang membayar zakat tidak lagi sulit.

Berkat teknologi yang semakin maju, kamu bisa membayar sedekah atau zakat melalui beragam aplikasi yang menyediakan layananan tersebut. Jadi tidak ada alasan kamu lupa membayar zakat ya.

2. Kebutuhan Lebaran

makanan lebaran
Source: pexels.com/makanan lebaran

Dengan uang THR kamu bisa membelanjakan kebutuhan lebaran. Mulai dari makanan saat Lebaran, pakaian, atau make up yang kamu inginkan. Kebutuhan Lebaran ini juga termasuk biaya mudik. Tapi karena tahun ini terdapat larangan mudik dari pemerintah, dalam rangka menekan angka kasus Covid-19.

Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya mudik, tentunya hal ini membuat kamu jadi lebih hemat. Kamu bisa mengalokasikan biaya mudik ini untuk kebutuhan lainnya.

3. Melunasi Hutang

hutang
Source: pexels.com

Yap, jika kamu memiliki hutang yang harus dibayarkan, inilah saat yang tepat untuk kamu membayarnya. Biaya mudik bisa kamu alokasikan untuk membayar hutang seperti cicilan atau tagihan kartu kredit. Jika hutang lunas sebelum lebaran, tentunya kamu akan lebih tenang bukan?

4. Memberikan Angpau

angpau
Source: pexels.com/angpau

Momen Lebaran pastinya tidak akan lepas dari memberikan angpau pada anak-anak. Adik atau keponakanmu yang tahu kamu sudah bekerja, pasti akan langsung berbaris di depanmu untuk menagih angpau. Untuk itu kamu juga harus menyiapkan budget untuk memberikan angpau pada saudaramu. Lebih baik lagi jika kamu membuat list siapa saja yang akan kamu berikan angpau, dan perhitungkan juga nominalnya.

[Gambas:Instagram]

5. Tabung atau Investasi

investasi
Source: pexels.com/investasi

Usahakan kamu menyisihkan sekitar 10% uang THR mu untuk ditabung, atau jika kamu termasuk orang yang memikirkan jangka panjang, bisa kamu jadikan uang THR mu modal investasi. Kamu bisa memilih jenis investasi yang paling cocok untukmu, dan yang paling penting pelajari terlebih dahulu mengenai risiko dari jenis investasi tersebut. Jangan sampai niatmu berinvestasi agar untung, malah jadi buntung.

Nah, itulah tips yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa menggunakan uang THR pertamamu dengan bijak, Ladies.  

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id