sign up SIGN UP

LIFE

5 Kesalahan Finansial yang Sering Dilakukan Anak Muda

Anindya Milagsita | Rabu, 31 Mar 2021 17:00 WIB
5 Kesalahan Finansial yang Sering Dilakukan Anak Muda
caption

Ladies, pernahkah kamu merasa bingung sendiri ke mana sajakah uang gaji atau pendapatan yang kamu peroleh selama ini pergi? Kalau kamu pernah atau bahkan sering merasakannya, berarti kemungkinan ada yang salah dengan cara kamu mengelola keuangan selama ini. 

Kesalahan finansial yang dialami bisa berpengaruh ke kehidupan kamu di masa yang akan datang lho. Agar kamu terhindar dari hal itu, yuk kenali dulu kesalahan finansial yang sering terjadi. Cari tahu lebih lengkapnya lewat artikel berikut ini!

Menerapkan 'You Only Live Once' Berlebihan

Terlalu sering memakai penghasilan secara berlebihan.
Kesalahan Finansial Para Milenial/sumber: freepik.com/

You Only Live Once sebenarnya istilah yang bisa bermakna ganda, Ladies. Tergantung pandangan orang-orang yang melakukannya. Sayangnya, ada sebagian anak muda yang memandang istilah ini untuk melakukan apapun yang disukai termasuk soal gaya hidup dan kebutuhan mereka. Akibatnya gaya hidup konsumtif dan cenderung boros justru jadi kebiasaan yang sering dilakukan.

Besar Pasak Daripada Tiang

Pengeluaran lebih banyak dibandingkan penghasilan.
Kesalahan Finansial Para Milenial/sumber: freepik.com/

Pernah dengar pepatah 'lebih besar pasak dari pada tiang'? Sebagian anak muda sering melakukannya lho. Gaya hidup dan keinginan yang cenderung tinggi, membuat mereka menjadi pribadi yang konsumtif secara berlebihan. Kesalahan finansial yang satu ini mengakibatkan pengeluaran pun jadi melebihi ambang batas dibanding pendapatan.

Tak Menyiapkan Dana Darurat

Tak menyiapkan dana darurat.
Kesalahan Finansial Para Milenial/sumber: freepik.com/

Mengalami hal yang tak terduga dan membutuhkan dana secepatnya, membuat kamu sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk mempersiapkan dana darurat. Kesalahan finansial yang sering dilakukan anak muda adalah dengan mengabaikan dana darurat. Padahal dana darurat ini yang nantinya bisa membantu kamu, Ladies.

Beberapa kondisi yang membutuhkan dana darurat antara lain saat terkena PHK, tiba-tiba sakit, atau mengalami kondisi sulit lainnya yang butuh pengeluaran mendesak. Nah, saat udah mempersiapkan dana darurat jauh-jauh hari, kamu pun bisa mengatasi problem yang dialami dengan lebih mudah dan tenang.

Memilih Tidak Investasi

Menunda untuk melakukan investasi.
Kesalahan Finansial Para Milenial/sumber: freepik.com/

Adakah di antara kamu yang masih ragu dan maju-mundur buat melakukan investasi, Ladies? Padahal investasi penting dilakukan untuk jangka panjang lho. Inflasi yang akan terus terjadi membuat nilai uang akan jauh berbeda nantinya. 

Untuk itu diperlukannya investasi agar nantinya kamu bisa memenuhi kebutuhan sekaligus mempersiapkan dana untuk masa tua. Ada berbagai pilihan investasi yang bisa dipilih, seperti saham, reksa dana, tabungan emas, sampai tanah dan juga properti.

Mengabaikan Kebiasaan Menabung

Enggan membiasakan diri menabung.
Kesalahan Finansial Para Milenial/sumber: freepik.com/

Last but not least, meskipun menabung udah ditanamkan sejak kecil, pada kenyataannya seringkali sulit terealisasi saat seseorang beranjak dewasa lho. Berbagai kebutuhan yang ada membuat kebiasaan menabung justru diabaikan. Padahal menabung akan sangat bermanfaat dan bisa membantu kamu suatu saat nanti.

Selain itu, sebagian orang memilih untuk menabung dari sisa penghasilan ataupun di akhir saat kebutuhan telah tercukupi. Saat uang tak bersisa pada akhirnya enggak jadi menabung. Kesalahan finansial ini sebaiknya mulai diubah ya, Ladies. Kamu bisa menyisihkan sebagian penghasilan di awal untuk disimpan sebagai tabungan. Buat besarannya bisa disesuaikan dengan prioritas dan kebutuhan kamu sebulan ke depannya. Selamat mencoba ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id