sign up SIGN UP

LIFE

Biar Kantong Enggak Jebol, Simak 4 Tips Mengelola Keuangan Saat Lebaran!

Lifia Mawaddah Putri | Jumat, 30 Apr 2021 11:30 WIB
Biar Kantong Enggak Jebol, Simak 4 Tips Mengelola Keuangan Saat Lebaran!
caption

Hari raya Idul Fitri adalah momen yang ditunggu-tunggu seluruh umat muslim. Enggak heran ketika hari lebaran semakin dekat, kebanyakan orang sulit untuk mengontrol pengeluaran keuangan mereka. Apalagi bagi para pekerja kantoran, mereka akan mendapatkan THR atau Tunjangan Hari Raya. Wah, makin semangat berbelanja kan?

Nah, agar hal ini enggak terjadi, Beautynesia.id punya beberapa tips untukmu. Sehingga kamu bisa tetap berhemat dan enggak menguras kantong. Yuk intip 4 tips mengelola keuangan menjelang lebaran berikut ini!

Buat Pembukuan Khusus

Pembukuan keuangan enggak hanya berlaku untuk bisnis saja lho, Beautynesian. Pembukuan keuangan juga penting untuk kamu lakukan secara pribadi agar pemasukan dan pengeluaranmu lebih terstruktur.
Menulis/freepik.com

Pembukuan keuangan enggak hanya berlaku untuk bisnis saja lho, Beautynesian. Pembukuan keuangan juga penting untuk kamu lakukan secara pribadi agar pemasukan dan pengeluaranmu lebih terstruktur. Catatlah semua pengeluaranmu mulai dari belanja kebutuhan lebaran hingga biaya tagihan atau cicilan yang kamu miliki. Catat semuanya secara rinci agar kamu tahu berapa jumlah dana yang harus kamu keluarkan.

Tentukan Jumlah Maksimal

Agar kamu enggak belanja sesuka hati, sebaiknya tentukan jumlah dana maksimal yang akan kamu keluarkan.
Menghitung/freepik.com

Agar kamu enggak belanja sesuka hati, sebaiknya tentukan jumlah dana maksimal yang akan kamu keluarkan. Jika kamu sudah tahu jumlah maksimalnya, hal ini akan membantu kamu untuk lebih mengontrol diri. Jadi setelah kamu membuat rincian pembukuan untuk hari raya, jumlahkan semua pengeluaran tersebut. Setelah itu, disiplinkan dirimu untuk enggak berbelanja melewati angka maksimal yang sudah kamu tentukan.

Sisihkan untuk Dana Darurat

Dana darurat adalah hal yang sangat penting untuk kamu pikirkan. Jadi, jangan menghabiskan seluruh THR-mu.
Menabung/freepik.com

Dana darurat adalah hal yang sangat penting untuk kamu pikirkan. Jadi, jangan menghabiskan seluruh THR-mu. Sisihkanlah sebagian untuk dana darurat. Sebab jika kamu memiliki dana darurat, kelak kamu enggak akan kebingungan saat sesuatu yang mendesak terjadi. Enggak perlu terlalu banyak. Sisihkanlah uang untuk dana darurat secukupnya.

Bedakan Keinginan dan Kebutuhan

Keinginan tentu berbeda dengan kebutuhan. Nah agar keuanganmu lebih teratur, kamu harus bisa membedakan kedua hal ini.
Menghitung/freepik.com

Keinginan tentu berbeda dengan kebutuhan. Nah agar keuanganmu lebih teratur, kamu harus bisa membedakan kedua hal ini. Misalnya jika kamu ingin membeli baju baru untuk hari raya, coba hitung terlebih dulu anggaranmu. Jika dana yang kamu miliki sedikit, sebaiknya urungkan niat untuk membeli baju baru ya, Beautynesian. Jika kamu masih memiliki baju lama yang masih bagus atau jarang dipakai, kamu bisa memakai pakaian tersebut di hari raya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id