sign up SIGN UP

Biar Nggak Boros, Ini 4 Kiat Mudah Atur Uang yang Cocok untuk Generasi Millennial

Zeyra Haya | Jumat, 20 Aug 2021 08:30 WIB
Biar Nggak Boros, Ini 4 Kiat Mudah Atur Uang yang Cocok untuk Generasi Millennial
caption

Mengatur keuangan bulanan adalah hal yang penting, terutama bagi generasi millennial yang memiliki banyak kebutuhan. Cara mengatur keuangan harus kita sesuaikan dengan kebutuhan, namun seringkali kebutuhan tak terduga muncul sehingga budget bulanan saat akhir bulan kocar kacir.

Masalah yang paling banyak dirasakan millennial dalam hal mengatur keuangan bukan cuma sulit menabung, namun juga sering berbelanja secara impulsif bahkan habis sebelum waktu gajian selanjutnya datang.

Untuk itu perlu adanya pengaturan budget bulanan dan penyisihan dana darurat agar saat akhir bulan kepenuhan tetap dapat terpenuhi. Namun terkadang ini juga tidak berhasil. Lalu bagaimana?

Berikut adalah 4 kiat mengatur keuangan di akhir bulan untuk generasi millennial.

1. Hemat Jajan

Hemat jajan jadi tips mengatur uang akhir bulan millenials/Foto: freepik.com
(Hemat jajan jadi tips mengatur uang akhir bulan millenials/Foto: freepik.com)

Generasi millennial identik dengan gaya hidupnya yang suka hangout dan kumpul bersama teman. Nah, ini jadi salah satu yang harus dikurangi Beauties. Nyatanya, meskipun membeli makanan atau minuman dengan harga murah namun jika dilakukan secara sering pun tetap akan boros. Untuk itu, cara menghematnya adalah dengan mengurangi agenda makan di luar sebisa mungkin.

2. Hindari Belanja Secara Impulsif

Rencanakan belanja hindari pemborosan/Foto: freepik.com
(Rencanakan belanja hindari pemborosan/Foto: freepik.com)

Hal lain yang seringkali buat kita jadi boros adalah berbelanja barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan secara impulsif. Yang niatnya tidak mau beli, namun karena diskon dan barangnya bagus kamu jadi beli meskipun tidak ada budget belanja. Kebiasaan seperti ini perlu dihindari karena sangat membahayakan keuangan di akhir bulan. Kamu harus menentukan kapan harus belanja dan barang apa saja yang perlu dibeli agar tidak terjadi pemborosan.

3. Menyisihkan Uang Saku Harian

Cara hemat uang bulanan dengan menyisihkan uang jajan per hari/Foto: freepik.com
(Cara hemat uang bulanan dengan menyisihkan uang jajan per hari/Foto: freepik.com)

Tips ampuh lainnya adalah dengan menyisihkan uang saku per harinya. Dengan memberikan uang saku harian kepada diri sendiri, kita akan terbiasa untuk berpikir saat jajan dan menyesuaikan budget tersebut. Tips ini ampuh untuk menghemat dan efektif bagi kamu yang ingin menabung.

4. Jangan Tergoda Diskon!

Jangan kalap saat lihat diskon. Manfaatkan promo seperlunya/Foto: freepik.com
(Jangan kalap saat lihat diskon. Manfaatkan promo seperlunya/Foto: freepik.com)

Diskon sering membuat kita kalap dan lupa diri saat berbelanja, apalagi saat berbelanja online. Berbagai promo dan penawaran menarik yang ditawarkan sering membuat kita melupakan tujuan awal membeli dan mengabaikan budget belanja. Alhasil, keuangan akan berantakan di akhir bulan. Maka menghindari diskon perlu kita lakukan. Memanfaatkan diskon boleh-boleh saja, namun jangan malah lupa diri ya Beauties.

Itulah 4 kiat mengatur keuangan akhir bulan untuk millennial. Sudahkah kamu mencobanya?

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id