sign up SIGN UP

Biar Nggak Tertipu, Ini Ciri-ciri Investasi Bodong yang Perlu Dihindari! Salah Satunya Janji Datangkan Banyak Cuan

Tim Redaksi CNN Indonesia | Rabu, 24 Nov 2021 15:00 WIB
Biar Nggak Tertipu, Ini Ciri-ciri Investasi Bodong yang Perlu Dihindari! Salah Satunya Janji Datangkan Banyak Cuan
Ini Ciri-ciri Investasi Bodong yang Perlu Dihindari/Foto: Freepik.com/cookie_studio
Jakarta -

Investasi bodong kini makin marak terjadi di sekeliling kita. Hal ini karena semakin banyaknya orang yang tergiur ingin mendapatkan banyak cuan tanpa perlu susah payah bekerja. 

Memang cukup menyenangkan ya, Beauties jika kita memiliki ladang cuan yang terus mengalir setiap harinya tanpa perlu diimbangi dengan kerja keras sampai berpeluhkan keringat. Namun, kita pun perlu hati-hati karena ini rawan sekali penipuan.

Mengenal tentang investasi.Investasi Bodong/ Foto: Freepik.com/rawpixel

Satgas Waspada Investasi (SWI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kerugian masyarakat akibat investasi ilegal sampai mencapai Rp114,9 triliun dalam 10 tahun terakhir, sejak 2011 lalu.

Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Sardjito mengatakan jika besaran kerugian tersebut disebabkan oleh mudahnya masyarakat terbujuk iming-iming keuntungan selangit. 

Demi melancarkan aksinya, berbagai skema untuk menarik banyak masyarakat pun dilakukan. Nah supaya nggak mudah tertipu, berikut ini ciri-ciri investasi bodong yang perlu dihindari. Simak yuk!

1. Janji Datangkan Banyak Cuan

Mengatur KeuanganJanji Datangkan Banyak Cuan/ Foto: Freepik.com/halayalex

Ciri-ciri investasi ilegal pertama adalah mereka menjanjikan bisa mendatangkan banyak cuan. Angka atau presentase yang dijanjikan pun sudah masuk ke arah yang tidak masuk akal.

Karena hal ini, banyak orang yang kemudian tergiur untuk ikut. Padahal keuntungan sangat besar yang dijanjikan tersebut tidaklah wajar. 

2. Menjamin Bebas Risiko

Foto: Nggak Perlu Pakai Otot! Begini Cara Menyikapi Orang yang Tidak Bayar Hutang Supaya Cepat Sadar/freepik.com//wayhomestudioMenjamin Bebas RIsiko/Foto: Freepik.com//wayhomestudio/ Foto: Rani Mutiara

Apapun, baik-buruknya hal yang dilakukan pasti akan selalu ada risiko yang mengintai. Apalagi jika berbicara masalah uang.

Modus yang sering digunakan oleh investasi bodong adalah mereka mengiming-imingi keuntungan tetap dengan jaminan bebas risiko. Hal ini sangatlah tidak wajar, karena risiko dan investasi bagai dua sisi mata koin yang tidak bisa dipisahkan. 

Semakin besar potensi untung dari sebuah investasi yang dilakukan maka akan semakin besar juga risiko yang mengintai. Mustahil jika risiko bisa terlepas begitu saja dari yang namanya investasi.

Nah Beauties, adapun ciri-ciri lainnya dari investasi bodong yang perlu kamu tahu agar tidak tertipu. Baca selengkapnya di sini. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id