sign up SIGN UP

Dear Milenial, Begini Kiat Biar Nggak Mudah Tergiur dan Boros dalam Penggunaan Mobile Banking

Anindya Milagsita | Rabu, 24 Nov 2021 07:45 WIB
Dear Milenial, Begini Kiat Biar Nggak Mudah Tergiur dan Boros dalam Penggunaan Mobile Banking
Cara bijak mengelola pemakaian mobile banking biar nggak boros/freepik/tirachardz

Kecanggihan teknologi yang terus berkembang hingga saat ini tentu mempermudah kehidupan. Nggak terkecuali soal keuangan, Beauties. Perkembangan teknologi membuat transaksi keuangan kini bisa diakses di mana saja, bukan hanya pergi ke bank ataupun Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Bernama mobile banking yang membuat seseorang kini bisa melihat saldo rekening, melakukan transfer sesama bank, hingga membayar segala kebutuhan kapan pun dan di mana pun mereka berada. Tapi ternyata keberadaan aplikasi transaksi keuangan yang satu ini jugabisa bikin boros penggunanya kalau nggak digunakan dengan bijak.

Cara mengatur keuangan yang tepat pun dibutuhkan agar kamu nggak cepat kehabisan saldo rekening karena penggunaan mobile banking yang tak terkendali. Lalu gimana ya caranya agar bisa mengelola mobile banking dengan baik? Selengkapnya cari tahu lewat artikel berikut, yuk!

Ubah Pola Pikir Ini

Mengubah pola pikir bisa mencukupi kebutuhan bulanan berarti keuangan aman.
Cara bijak mengelola pemakaian mobile banking biar nggak boros/freepik/tirachardz

Sebelum mengetahui cara mengelola keuangan di mobile banking dengan bijak, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengubah pola pikir ini, Beauties. Melansir dari Investopedia, ada berbagai kebiasaan milenial yang seringkali menghabiskan uangnya untuk memenuhi gaya hidup. Kemudahan pemakaian mobile banking ini kalau tak dikelola dengan baik memang justru bisa memicu perilaku konsumtif bagi para milenial.

Bukan hanya sampai di situ, milenial juga menganggap saat mampu membayar tagihan tiap bulannya berarti mereka memiliki keuangan yang stabil. Padahal itu tidak sepenuhnya benar. Cara terbaik adalah dengan membuat rencana keuangan yang tepat agar bisa membantu kamu mengelola pengeluaran sekaligus pendapatan dengan baik.

Batasi Pemakaian Marketplace

Membatasi pemakaian marketplace agar terhindar dari perilaku konsumtif.
Cara bijak mengelola pemakaian mobile banking biar nggak boros/freepik/tirachardz

Selanjutnya, ada kebiasaan para milenial yang nggak bisa dilepaskan dalam keseharian mereka. Salah satunya adalah memakai marketplace untuk berbelanja kebutuhan atau sekadar memenuhi keinginan mereka. Kehadiran marketplace memang membuat transaksi belanja online semakin mudah dan praktis, Beauties.

Tapi kalau tidak dikelola dengan bijak, justru yang terjadi kamu bisa menjadi boros dan cenderung konsumtif. Terlebih pemakaian mobile banking yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja membuat proses transaksi marketplace ini bisa tak terkendali.

Hati-hati, kalau nggak diimbangi pengelolaan keuangan yang tepat kamu justru sering bertanya-tanya, ke mana saja perginya uang gaji ataupun pendapatan kamu, lho.

Bijak Menggunakan Media Sosial

Bijak menggunakan media sosial agar tak tergiur belanja online.
Cara bijak mengelola pemakaian mobile banking biar nggak boros/freepik/tirachardz

Pernah nggak kamu melihat di media sosial ada yang membagikan video berbagai jenis barang lucu ataupun aesthetic yang bisa mudah didapatkan di marketplace? Biasanya di bagian caption tertulis keterangan di mana kamu bisa mendapatkan link produknya. Nggak jarang momen ini bikin kita tergoda untuk membeli produknya ya, Beauties.

Hati-hati, kalau tak ditanggapi dengan bijak kamu justru bisa kalap dan tanpa pikir panjang akan ikutan membeli produknya, lho. Terlebih bagi pengguna mobile banking, kemudahan untuk bisa bertransaksi di mana saja dan terhubung dengan markeplace bisa meningkatkan peluang kamu untuk berbelanja online tanpa mempertimbangkan rencana keuangan.

Tetapkan Tujuan Serius

Menetapkan tujuan keuangan secara serius.
Cara bijak mengelola pemakaian mobile banking biar nggak boros/freepik/rawpixel.com

Buat bisa mengelola pemakaian mobile banking dengan baik, kamu harus menentukan tujuan keuangan dengan serius, Beauties. Mengutip dari Yahoo Finance, bagi sebagian orang, bisa memenuhi kebutuhan semaksimal mungkin dan tabungan yang cukup untuk akhir bulan adalah sebuah tujuan keuangan. Tapi kondisi itu hanya  berlaku untuk jangka pendek, bukan jangka panjang.

Saat memiliki tujuan finansial yang serius baik jangka panjang ataupun pendek, bisa membantu kamu untuk mencapainya, lho. Salah satunya untuk bisa memakai mobile banking dengan bijak, saat memiliki tujuan finansial yang jelas kamu pun akan lebih mudah menentukan mana kebutuhan yang benar-benar harus dipenuhi saat ini dan mana yang bisa dipangkas atau bahkan ditunda terlebih dahulu.

Meningkatkan Tabungan

Meningkatkan jumlah tabungan di awa agar bisa melakukan penghematan.
Cara bijak mengelola pemakaian mobile banking biar nggak boros/freepik/jcomp

Mengatur penggunaan mobile banking dengan baik juga bisa rutin dilakukan dengan menyisihkan uang gaji atau penghasilan untuk ditabung, Beauties. Ada berbagai metode menabung yang bisa kamu coba. Dengan adanya aktivitas rutin menabung, pemakaian mobile banking kamu pun diharapkan bisa lebih terkendali. Ini karena kamu memiliki kewajiban untuk bisa menyisihkan sejumlah uang untuk tabungan, alih-alih terus membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Masih melansir dari Yahoo Finance, membiasakan diri berperilaku hemat dan meningkatkan tabungan bisa membantu kamu capai tujuan finansial yang baik untuk masa depan.

Meningkatkan tabungan tiap kali kamu memiliki bonus gaji ataupun promosi bisa membantu kamu untuk raih kesejahteraan dalam segi finansial di masa mendatang. Ini juga bisa berlaku bagi kamu  yang memiliki bisnis ataupun usaha, lho. Selamat mencoba, ya!

[Gambas:Youtube]


---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id