sign up SIGN UP

LIFE

Duh! 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kita Susah Nabung

Rumaysha Milhania | Minggu, 14 Jun 2020 23:55 WIB
Duh! 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kita Susah Nabung
caption

Pernahkah kamu bertanya, pergi kemana gaji yang selama ini kamu terima? Apakah kamu sering merenungkan mengapa tidak ada uang di rekeningmu pada akhir setiap bulan? Selain itu, bagaimana dengan tabungan untuk hal-hal yang kamu impikan tetapi tidak pernah tercapai? Jika itu adalah masalahmu, artikel ini bisa memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaanmu tersebut. Berikut ini adalah 5 kebiasaan buruk yang ternyata bisa membuat seseorang kesulitan untuk menabung. 

image
menabung/freepik.com

Pengeluaran Bertambah Saat Naik Gaji

Siapa yang tidak senang saat penghasilan bulanan naik? Tentu hal ini akan membuatmu memiliki lebih banyak anggaran untuk bisa memenuhi keinginan yang tidak bisa tercapai dengan gaji sebelumnya. Memang, memenuhi keinginan saat penghasilan bertambah merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, sadari bahwa kondisi keuangan tidak akan selamanya baik. Itulah sebabnya sangat penting bagi kita untuk bisa mengendalikan pengeluaran tetap berada dalam batas wajar meskipun pendapatan naik.


Menjalani Hidup Saat Ini Tanpa Memikirkan Masa Depan

Banyak dari kita memiliki prinsip hidup you only live once. Prinsip ini biasanya diikuti dengan tindakan-tindakan tanpa memikirkan masa depan. Jika seseorang ingin membeli gadget terbaru dengan uang yang pas-pasan, ia akan tetap membelinya tak peduli dengan apapun yang mungkin terjadi di waktu yang akan datang. Hal ini biasanya akan membuat seseorang kesulitan untuk bisa menabung karena ia tidak bisa menahan keinginannya. 

image
pengaturan keuangan/freepik.com

Berpikir Bahwa Ini Masih Terlalu Awal Untuk Menabung

Bagi sebagian orang, masa muda seharusnya perlu dinikmati. Ada waktunya untuk benar-benar memikirkan masa depan dan menabung. Sayangnya, hal ini akan menyebabkan seseorang kehilangan momen besar untuk bisa memulai kehidupan finansial yang sehat. Mulailah menabung sejak dini dan pelajari betul bagaimana mengelola keuangan dengan baik. Cara ini bisa membantumu untuk keluar dari kehidupan paycheck to paycheck.

Tidak Mencatat Anggaran, Pemasukan, dan Pengeluaran

Ketahuilah bahwa dengan mencatat keuangan, kamu akan bisa lebih sadar tentang kondisi keuanganmu. Kehidupan yang sudah serba cashless saat ini memang kerap membuat kita lebih santai dengan pengeluaran. Padahal, inilah yang nantinya menyebabkanmu kehilangan momen untuk benar-benar memahami kondisi keuanganmu. 

image
keuangan/freepik.com

Tidak Dapat Membedakan Keinginan dan Kebutuhan

Terakhir, untuk dapat menghemat uang dan berinvestasi, sangat penting bagi kamu untuk benar-benar peduli pada yang harus dimiliki karena kebutuhan dan apa yang hanyalah sebuah keinginan. Kamu harus benar-benar paham tentang prioritas target keuangan. Apabila menjadi kaya adalah prioritas utama bagimu, maka kamu perlu mengorbankan beberapa kesenangan saat ini, untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik di masa depan.

Jadi, jangan sepelekan kebiasaan-kebiasaan kecil yang bisa membuatmu sulit untuk mengelola keuangan dengan lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id