sign up SIGN UP

Ingin Cepat Kaya? Yuk Kenali 5 Sumber Penghasilan yang Bikin Cuan

Dian Aprilia | Selasa, 02 Feb 2021 09:30 WIB
Ingin Cepat Kaya? Yuk Kenali 5 Sumber Penghasilan yang Bikin Cuan
caption
Jakarta -

Rekeningku kok stagnan ya? Pernah gak sih kamu bertanya-tanya mengapa uang di rekening kok tidak pernah meningkat secara signifikan? Memang ada banyak penyebab yang bikin keuangan kamu stagnan. Mulai dari cara pengelolaan yang kurang tepat, boros, atau kamu belum mampu mengupgrade pemasukanmu.

Nah salah satu cara efektif untuk mengupgrade penghasilan adalah tidak fokus pada satu sumber pemasukan saja. Jika saat ini kamu sudah bekerja, kamu bisa memperoleh penghasilan lainnya di luar gaji bulanan lho! Meski harus ada effort lebih, tapi hasil yang didapatkan juga gak main-main.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 sumber penghasilan yang bisa kamu dapatkan:

Gaji sebagai Karyawan

Karyawan
Karyawan/pexels.com

Gaji sebagai karyawan biasanya menjadi sumber penghasilan pokok yang dimiliki setiap orang. Gaji inilah yang menjadi penopang utama untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu, sumber pemasukan ini sering bikin kita terjebak di zona nyaman, akibatnya tidak berusaha mencari penghasilan lain. 

Hal ini akan berdampak, jika tiba-tiba di PHK atau resign, penghasilan bisa menurun drastis dan bahkan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Untuk itu, bagi yang sudah memiliki pekerjaan fulltime, jangan lengah. Kamu tetap perlu mencari sumber penghasilan lain untuk jadi cadangan apabila ada kondisi krisis.

Keuntungan dari Jual Beli

Ilustrasi jual beli
Ilustrasi jual beli/pexels.com

Sumber penghasilan sampingan yang bisa kamu dapatkan di luar gaji karyawan adalah keuntungan dari jual beli. Kamu bisa menjual produk atau jasa, sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang kamu miliki.

Saat ini sudah banyak e-commerce yang menjadi jembatan penjual dan pembeli. Kamu bisa memanfaatkannya untuk berjualan online, tanpa perlu membuka toko atau berbagai kebutuhan lainnya.

Selain itu kamu juga bisa menjual keahlianmu dengan menjadi freelancer. Misalnya keahlian menulis, fotografi, desain, translator, dan lain sebagainya Banyak sekali platform yang bisa kamu jajaki untuk mendapatkan pekerjaan freelancer. Seperti freelancer.com, sribulancer, fiverr, upwork, dan lainnya.

Uang Sewa

Rumah
Rumah/pexels.com

Sumber penghasilan selanjutnya adalah uang hasil sewa aset yang kamu miliki. Bisa rumah, ruko, tanah, mobil, sepeda motor dan berbagai aset lainnya. Memang sumber penghasilan ini harus didukung dengan memiliki aset terlebih dahulu yang biayanya juga tidak kecil.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin memiliki penghasilan pasif ini, maka kamu perlu menabung jauh-jauh hari untuk membeli aset tertentu. Dan nantinya, uang hasil sewa ini bisa menjadi sumber penghidupan utama kamu di masa tua atau pensiun nanti.

Profit dan Dividen Saham

Saham
Saham/pexels.com

Saat ini, gencar sekali edukasi mengenai investasi, salah satunya adalah investasi saham. Nah saham ini juga bisa menjadi sumber penghasilan lain yang bisa kamu andalkan. Tapi ingat, investasi saham termasuk investasi jangka panjang, jadi kamu tidak akan memperoleh hasil dalam waktu dekat.  

Dan lagi, investasi saham tak bisa dilakukan dengan menggunakan uang panas ya, seperti hutang, dana darurat, dana pendidikan anak, dan lainnya. Jadi sebelum masuk di investasi saham pastikan keuangan basic kamu sudah mapan dulu ya.

Royalti dari Buku

Buku
Buku/pexels.com

Kalau bukan penulis, apa bisa mendapat royalti dari buku? Buku itu tidak hanya ditulis oleh mereka yang memang berprofesi sebagai penulis ya, melainkan banyak sekali ahli yang memutuskan untuk membuat buku guna membagi ilmu yang dimiliki. Seperti dosen, sutradara, penyanyi, manajer, programmer dan lainnya.

Nah bagi kamu yang berprofesi atau ahli di bidang tertentu, kamu juga bisa membagikan pengalaman hidup atau pengetahuanmu dalam sebuah buku. Nantinya hasil penjualan buku tersebut bisa jadi sumber penghasilan sendiri yang lumayan.

Itulah 5 jenis sumber penghasilan yang bisa kamu upayakan untuk tingkatkan keuanganmu. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id