sign up SIGN UP

Kiat Aman dan Bijak Gunakan Paylater, Biar Nggak Kewalahan Bayar ke Depannya!

Fina Prichilia | Selasa, 12 Oct 2021 15:00 WIB
Kiat Aman dan Bijak Gunakan Paylater, Biar Nggak Kewalahan Bayar ke Depannya!
Bahaya dan risiko menggunakan paylater/ Foto: Freepik.com
Jakarta -

Fasilitas paylater kini dengan mudah ditemukan di berbagai perusahan fintech juga e-commerce. Memang akan memudahkanmu dalam penggunaannya, Beauties, tetapi jangan lupa ya, sebenarnya hampir tak ada beda dengan kartu kredit.

Mengutip detikFinance, pada dasarnya kedua cara pembayaran ini sama-sama punya limit, lalu memungkinkan pengguna membayar nanti sesuai jadwal.

Perbedaan paling utama, yakni dari penggunaan teknologi. Kalau paylater terapkan layanan full digital, sementara kartu kredit menggunakan fisik berupa kartu. Selain itu paylater juga dinilai lebih mudah mengurusnya dari sisi persyaratan atau pengajuan.

Kiat Aman dan Bijak Pakai Paylater

Meski mudah dan cicilan bayarnya terjangkau, namun kamu juga perlu punya strategi agar nggak berujung bencana ya, Beauties!

Paylater bisa berpengaruh ke financial planning.Mengenal fitur paylater/Foto: www.freepik.com

- Pahami Kontrak Perjanjian

Sebelum kamu teken kontrak, pahami dulu seperti apa metode bayarnya, suku bunga, juga memastikan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kah, dan sebagainya. Dengan memahami dengan sadar, kamu jadi terhindar dari rasa menyesal suatu hari nanti.

- Terapkan Batasan Nilai Pinjaman

Manfaatkan fitur untuk mengatur limit pinjaman, Beauties! Sesuaikanlah dengan kemampuan diri kamu. Pastikan jumlahnya nggak sampai mendominasi dari jumlah penghasilanmu, hingga lebih besar pengeluaran dari pemasukan.

- Lunasi Tepat Waktu

Nah, setelah secara sadar mengajukan pinjaman dan memahami aneka peraturannya, kamu perlu konsisten dan disiplin untuk membayar secara tepat waktu. Bila tidak, tentu ada denda yang menanti. Nggak mau, kan, sampai kewalahan?

Bahaya dan risiko menggunakan paylaterKenali bahaya dan risiko menggunakan paylater/ Foto: Freepik.com

- Tanamkan Dalam Diri, Digunakan Saat Darurat

Promo yang ditawarkan mungkin memang menarik, belum lagi terlihat sedikitnya biaya yang mesti dicicil tiap bulannya. Meski begitu, kamu mesti ingat kalau paylater artinya berutang.

Untuk itu, sebaiknya kalau tidak dalam keadaan darurat lebih baik pakai dana cash yang memang kamu punya saja. Sebaliknya, kamu bisa memanfaatkan fitur ini saat darurat dan dana cash kamu nggak cukup. Semisal laptop dan perangkat kerja lain yang tiba-tiba mati total.

- Pilih Transaksi Bunga 0%

Kamu bisa membandingkan beberapa paylater beserta fitur yang ditawarkan, sebelum menggunakannya. Pilihlah bunga yang 0% agar menguntungkan kamu. Tetapi, biasanya akan ada syarat-syarat tertentu lagi yang mesti dipenuhi. Pastikan kamu telah memahami dengan cermat semua aturan itu ya, Beauties!

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id