sign up SIGN UP

Kiat Menjaga Keuangan di Tengah PPKM Darurat

aqillah diaz | Sabtu, 03 Jul 2021 14:15 WIB
Kiat Menjaga Keuangan di Tengah PPKM Darurat
caption
Jakarta -

Kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan tiap hari. Dilansir dari worldometers per tanggal 2 Juli 2021 Indonesia sudah mencapai jumlah kasus hingga 2,2 juta kasus dan hal ini mengakibatkan melonjaknya pasien positif Covid-19. Pemerintah juga tidak tinggal diam melihat tingginya angka kasus ini. Pemerintah segara bertindak dengan mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Adanya pandemi Covid-19, berdampak bagi seluruh masyarakat, yang mana juga berdampak bagi kondisi keuangan. Oleh karena itu, diperlukan beberapa cara dan kiat agar kondisi keuangan tetap bisa stabil dan terjaga di masa PPKM berlangsung. Berikut adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan agar kondisi keuangan terjaga

Menyiapkan Dana Darurat

sumber : freepik
sumber : freepik

Menyiapkan dana darurat adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan pengeluaran di masa pandemi. Banyak perusahaan dan individu yang mengalami penurunan perekonomian. Oleh karena itu, sebisa mungkin kalian harus selalu menyisihkan uang setiap kalian mendapatkan pemasukan ya!

Waspadai Pengeluaran yang Tidak Tetap

Nah, ini adalah salah satu hal yang sangat bisa terjadi. Banyak kebutuhan yang harus dipenuhi sebelum pandemi datang, kemudian sekarang kebutuhan tidak terduga pun datang, seperti penggunaan wifi, kuota akibat work form home (WFH). Tagihan listrik di rumah juga dapat berpotensi meningkat karena aktivitas cukup banyak dilakukan dari rumah.

Menyiapkan Asuransi Kesehatan

sumber : freepik
sumber : freepik

Tidak semua orang memiliki fasilitas asuransi kesehatan. Biasanya jika tidak mendapatkan asuransi dari tempat kerja, kalian bisa memiliki asuransi kesehatan swasta. Dengan memiliki asuransi kesehatan juga dapat memudahkan kalian jika sedang sakit untuk mendapatkan perawatan segera, mengingat banyak rumah sakit juga mengutamakan pasien Covid-19.

Menambah Pendapatan

sumber : freepik
sumber : freepik

Di saat seperti ini, kalian harus memiliki potensi untuk mengumpulkan uang agar bisa meningkatkan pendapatan. Hal tersebut bisa dilakukan  agar mempermudah cepatnya pengumpulan dana darurat, membayar tagihan, dan lainnya. Kalian bisa mencari pekerjaan sampingan atau memulai berbisnis. 

Membiasakan untuk Menabung

sumber : freepik
sumber : freepik

Mulailah kebiasaan menabung sejak saat ini. Kalian dapat mencatat pengeluaran dan pemasukan uang kalian tiap bulannya. Hal ini mengingatkan kalian agar tidak boros dan selalu menabung. Karena kondisi yang juga tidak pasti, maka kalian harus tetap menjaga keuangan agar tetap stabil dengan menabung.

Tidak Mengikuti Keinginan untuk Belanja

sumber : freepik
sumber : freepik

Karena sering menghabiskan waktu di rumah, akhirnya membuat kalian tergiur oleh diskon dan promo yang ada pada marketplace. Hal itu yang membuat kalian akan belanja terus menerus karena itu adalah kebiasaan yang dapat memperburuk kondisi keuangan. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id