sign up SIGN UP

LIFE

Langkah Mudah Mengatur Keuangan untuk Sandwich Generation!

Fahira mahza | Selasa, 04 May 2021 10:00 WIB
Langkah Mudah Mengatur Keuangan untuk Sandwich Generation!
tips keuangan untuk sndwich generation/ foto: freepik.com

Pernahkah kamu mendengar istilah sandwich generation? Mungkin istilah ini masih kurang familiar di telinga kita. Pada dasarnya sandwich generation sendiri merupakan sebutan untuk individu yang harus mencukupi kebutuhan ekonomi banyak pihak dalam waktu bersamaan. Kebanyakan mencakup keluarga seperti orang tua maupun saudara.

Generasi ini banyak dijumpai di negara berkembang, salah satunya Indonesia yang memang kental dengan nilai kekerabatan. Tantangan yang dihadapi oleh sandwich generation terutama dalam segi finansial karena tanggung jawabnya dalam memenuhi kebutuhan banyak orang.

Tak jarang banyak yang kesulitan dalam mengatur keuangan dan berakhir dengan besar pasak daripada tiang. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah ikuti tips-tips ini! 

Buatlah anggaran keuangan 

Buatlah anggaran keuangan
Buatlah anggaran keuangan/foto: sociocampaign.com

Untuk memastikan bahwa pemasukanmu dapat memenuhi semua kebutuhan, baiknya buatlah anggaran keuangan. Kamu dapat memanfaatkan smartphone ataupun komputer untuk melakukan pencatatan agar lebih rapi. Catat semua pemasukan serta pengeluaran dalam sebulan agar kamu tahu pemasukanmu mencukupi atau tidak. Selain itu, dengan begini kamu bisa melihat apakah ada yang bisa ditambah atau dikurangi. 

Cari peluang pemasukan tambahan

Cari peluang pemasukan tambahan
Cari peluang pemasukan tambahan/foto: freepik.com

Generasi sandwich memang identik dengan banyaknya pengeluaran. Jika hanya mengandalkan pemasukan dari satu sektor, belum tentu semua kebutuhan tersebut akan terpenuhi. Karena itu, cobalah cari peluang usaha untuk mendapat pemasukan tambahan. Mulailah dengan mencari di sekitarmu seperti dari lingkup keluarga, teman ataupun kolega lainnya. 

Buatlah tabungan jangka pendek dan panjang

Buatlah tabungan jangka pendek dan panjang
Buatlah tabungan jangka pendek dan panjang/foto: freepik.com

Menabung merupakan hal krusial yang memang sebaiknya dilakukan sejak dini. Tabungan dapat menjadi dana tambahan yang bisa dipergunakan jika ada kebutuhan mendesak. Walaupun sedikit, usahakanlah untuk tetap menabung setiap bulannya. Bentuklah tabungan jangka pendek dan panjang.

Tabungan jangka pendek biasanya untuk hal-hal sekunder yang dalam waktu dekat sedangkan tabungan jangka panjang ini contohnya seperti tabungan pensiun, tabungan sekolah anak dan sebagainya. 

Komunikasikan dengan orang tua 

Komunikasikan dengan orang tua
Komunikasikan dengan orang tua/foto: freepik.com

Mengkomunikasikan keuangan dengan orang tua bukanlah hal yang mudah, namun kamu sebaiknya melakukannya. Orang tua atau keluarga biasanya menjadi tanggungan bagi generasi sandwich. Karena itu, coba bicarakan baik-baik dengan orang tua berapa yang sanggup kamu tanggung untuk mereka. Dengan keterbukaan, maka kamu tidak akan merasa terbebani dan lebih lega.

Gunakanlah asuransi 

Gunakanlah asuransi
Gunakanlah asuransi/foto: freepik.com

Jika kamu merupakan tulang punggung keluarga, sebaiknya gunakan proteksi atau perlindungan diri dengan memiliki asuransi baik kesehatan ataupun jiwa. Hal ini bertujuan untuk memastikan perlindungan dan kompensasi jika sewaktu-waktu kamu mengalami masalah kesehatan atau kecelakaan kerja. 

Nah, itulah beberapa tips keuangan yang mungkin bisa membantu generasi sandwich untuk mengelola dan memastikan keuangan berjalan dengan baik. Semoga membantu!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id