sign up SIGN UP

LIFE

Merasa Lebih Boros Saat WFH? Ini Tips Atur Keuangan Selama di Rumah Aja!

Astari Larasati | Minggu, 12 Apr 2020 15:00 WIB
Merasa Lebih Boros Saat WFH? Ini Tips Atur Keuangan Selama di Rumah Aja!
caption
Hampir sebulan menjalani Work From Home atau WFH membuat sebagian orang merasa hemat karena enggal mengeluarkan uang transportasi, makan hingga biaya nongkrong. Namun masih ada orang merasa sejak WFH dirinya boros lho.

Situasi saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi ibu rumah tangga yang memang sebagian besar mengurus keuangan. Anggota keluarga berada di rumah menjadikan kamu harus sigap dalam memenuhi kebutuhan. Para ahli perencana keuangan mengatakan beberapa komponen pengeluaran rumah tangga otomatis akan meningkat.


Misalnya penggunaan air dan listrik menjadi lebih banyak daripada sebelumnya. Sehingga hal ini akan menyebabkan biaya yang akan kamu bayar menjadi lebih mahal. Begitu pula dengan pemakaian gas atau kompor untuk memasak.


Kegiatan memasak pun menjadi lebih banyak selama berada dirumah. Oleh karena itu, gas akan menjadi lebih cepat habis dan membuat pengeluaran untuk membeli gas menjadi lebih besar.



Foto: Istimewa

Selain itu, kamu juga perlu untuk menyiapkan makanan ringan selama di rumah misalnya snack hingga buah. Agar anggota keluarga bisa tetap berada di rumah dan menghindari aktivitas di luar.


Siapa sangka, ternyata WFH dan sekolah dari rumah memberikan efek positif bagi keuangan keluarga. Misalnya, uang jajan dan kebutuhan transportasi sehari-hari akan berkurang dan kamu bisa menutupi biaya kebutuhan yang naik dengan uang yang sebelumnya untuk transportasi.


Foto: Istimewa

Seperti merealokasikan dana dari transportasi dan jajan di luar. Jadi kamu enggak perlu untukĀ  menambah alokasi belanja perbulannya selama kamu menerapkan WFH.


Namun jika uang yang kamu alokasikan ternyata enggak cukup untuk menutupi yang kurang. Kamu bisa menambahkan dengan biaya darurat yang selama ini telah kamu simpan.


Usahakan biaya tambahan tersebut enggak begitu naik secara signifikan ya Ladies. Agar kamu masih bisa menutupi biaya yang telah kamu keluarkan selama WFH. Kamu harus punya strategi dalam menyiasati hal ini.


Misalnya dengan membuat laporan keuangan perminggu selama WFH. Untuk biaya makan pagi, siang, malam hingga camilan. Dengan begitu, jumlah pengeluaran tetap bisa diukur nilainya.


Foto: Istimewa

Catat barang belanjaan apa saja yang harus kamu beli. Ingat jangan lupa untuk membeli dengan jumlah yang secukupnya, jangan sampai berlebihan atau bahkan kamu membeli barang yang diluar catatan tadi.


Selain itu, kamu harus bisa menahan untuk membeli barang yang menyangkut gaya hidup. Seperti membeli sepatu atau makeup sehingga kebutuhan perutmu tetap terpenuhi. Karena kamu enggak akan tahu, keadaan seperti ini akan sampai kapan.


Foto: Istimewa

Jika pengeluaranmu lebih banyak untuk kebutuhan makan, air, listrik hingga gas. Itu merupakan hal yang wajar saja, apalagi dalam kondisi saat ini.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id