sign up SIGN UP

LIFE

Tidak Selalu Mahal, Ini 4 Tips Atur Budget Diet Sehat Saat Puasa Ramadan

Dian Aprilia | Senin, 26 Apr 2021 16:00 WIB
Tidak Selalu Mahal, Ini 4 Tips Atur Budget Diet Sehat Saat Puasa Ramadan
caption

Diet itu tak harus mahal, tapi harus dipersiapkan dan direncanakan. Banyak orang menilai budget diet itu mahal, sebab perlu membeli berbagai makanan sehat dan memenuhi kecukupan gizi. Padahal, budget makan sembarangan yang bikin obesitas bisa lebih mahal dari budget diet sehat, lho!

Di bulan Ramadan ini, bisa menjadi momen yang tepat untuk diet sehat. Sebab puasa termasuk proses detoksifikasi tubuh, sehingga menjaga asupan nutrisi bisa mendukung proses tersebut. Berikut beautynesia.id telah merangkum 4 tips atur budget diet sehat saat puasa Ramadan:

Sisihkan Dana untuk Kebutuhan Makan

Sisihkan dana
Sisihkan dana/pexels.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyisihkan dana untuk kebutuhan makan. Kamu boleh menyamakan dengan anggaran bulanan seperti biasa, atau menambah budgetnya (jika ada). Alokasi kebutuhan makan sebaiknya diposisikan penting seperti halnya dana investasi, kebutuhan rumah tangga dan cicilan.

Sehingga harus pas atau cukup dan tidak boleh terlalu kurang. Sebab hal ini akan berdampak pada kesehatan kita yang penting untuk menunjang produktivitas sehari-hari. Jangan sampai terlalu irit, sebab kalau sudah sakit juga bakal menghabiskan biaya yang lebih besar.

Rencana Alokasi Dana Mingguan

Rencana keuangan
Rencana keuangan/pexels.com

Biaya konsumsi bulanan yang sudah disisihkan tadi, bisa di breakdown dalam anggaran konsumsi mingguan. Dana alokasi mingguan tersebut yang akan menjadi uang belanja mingguan. Pastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi selama 1 minggu, baik untuk belanja sayuran atau membeli makanan jadi.

Besaran biaya tidak selalu harus sama setiap hari. Kamu bisa memberi jatah berlebih di hari sabtu minggu untuk makan menu yang spesial. Jangan lupa untuk membagi dana tersebut dalam kebutuhan diet sehat seperti, karbohidrat, protein, sayur, buah-buahan, dan susu (bisa di-skip jika budget tidak mencukupi).

Tidak melulu mahal, kamu bisa pilih sumber makanan yang sehat tapi murah. Seperti halnya tempe, tahu, ayam (protein), bayam, kangkung, sawi (sayuran), pisang, pepaya, semangka (buah), nasi putih (karbohidrat).

Anggaran Makan di Luar

Makan di luar
Makan di luar/pexels.com

Di bulan Ramadan ada kalanya kita ingin makan-makanan yang spesial, seperti membeli takjil favorit, makan di restoran tertentu, bukber, dan lainnya. Kamu bisa merancang anggaran tambahan untuk makan di luar. Tapi pastikan budget konsumsi mingguan tidak terganggu dan tidak berlebihan.

Intensitas anggaran makan di luar bisa 1-2 kali dalam seminggu. Pilihlah makanan dengan porsi yang tidak berlebihan agar tidak mengganggu proses dietmu. Sekali-kali boleh makan junk food, tapi secukupnya dan imbangi dengan kebutuhan nutrisi lainnya.

Disiplin Terhadap Budget

Makan
Makan/pexels.com

Terakhir, hal yang perlu kamu lakukan adalah disiplin terhadap budget yang telah kamu buat. Hati-hati dengan kalimat, ‘Gapapalah boros sedikit, kan cuma sekali’. Ingat sedikit demi sedikit bisa jadi bukit. Jangan sampai boros di awal malah bikin menu makanan di akhir ramadan jadi tidak enak dan sedikit karena dana habis.

Patuhi budget yang telah dibuat, toh kamu juga sudah menyiapkan anggaran makan di luar selama bulan ramadan. Seharusnya budget tersebut sudah mengakomodasi keinginanmu.

Itulah 4 tips atur budget diet sehat saat puasa ramadan yang bisa kamu terapkan. Selamat menjalankan ibadah puasa.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id