sign up SIGN UP

LIFE

Tak Sampai 12 Jam, Ini Negara dengan Durasi Puasa Tersingkat Tahun Ini

Dians Marfuah | Minggu, 25 Apr 2021 18:30 WIB
Tak Sampai 12 Jam, Ini Negara dengan Durasi Puasa Tersingkat Tahun Ini
caption
Jakarta -

Umat muslim di seluruh dunia secara serentak melaksanakan Ibadah puasa di bulan Ramadan yang sama.  Meski demikian, setiap negara memiliki durasi waktu berpuasanya masing-masing. Tak jarang durasi waktu puasa dari negara satu dengan negara lainnya cukup berbeda dikarenakan perbedaan letak geografisnya.

Untuk tahun ini sendiri, umat muslim di bagian selatan bumi berpuasa lebih singkat dibanding umat muslim di bagian utara. Bahkan beberapa diantaranya menjalani puasa tak cukup 12 jam. Berikut negara-negara dengan durasi puasa tersingkat tahun ini.

Ilustrasi/Pexels.com
Ilustrasi/Pexels.com

Selandia Baru

Di buan Ramadan kali ini saudara muslim kita di  Christchurch, Selandia Baru menjalani puasa dengan waktu paling singkat. Umat muslim di negara ini menahan lapar dan haus selama 11 jam 20 menit lamanya. Biasanya mereka  mulai berpuasa pada jam 5.27 pagi hingga jam 17 lewat. Uniknya lagi nih, hari pertama puasa di negara ini akan lebih lama dibanding dengan hari terakhir puasa.

Chili

Negara selanjutnya dengan durasi puasa tercepat tahun ini adalah Chili. Yap umat muslim di negara ini menjalani puasa selama 11 jam 30 menit lamanya di tahun ini. Negara yang masih berada di kawasan Amerika Selatan ini memang dikenal sering mendapat jatah puasa singkat. Bahkan puasa di negara ini pernah berlangsung sekitaran 9 jam saja loh. Dimana puasa dimulai pada puku 05.31, lalu magrib pada pukul 15.00 waktu setempat.  

Ilustrasi/Pexels.com
Ilustrasi/Pexels.com

Australia

Tak perlu jauh-jauh negara tetangga kita rupanya juga menjalani puasa yang cukup singkat. Tepatnya di Canberra Australia umat muslim menjalani ibadah puasa dengan durasi 11 jam 47 menit. Selain durasi puasa yang cukup singkat berpuasa di Canberra Australia tidak akan membuat terlalu haus, terlebih saat musim dingin.  Hal ini dikarenakan suhu di Australia Canberra cukup dingin, bahkan suhu tertinggi  di kota tersebut hanya mencapai sekitar 16 derajat celcius.

Afrika Selatan

Umat muslim di Afrika Selatan menjalani ibadah puasa dengan durasi waktu 11 jam 52 menit di tahun ini Durasi ini termasuk lebih lama dibanding dengan tahun sebelumnya. Mengingat negara ini kerap memiliki waktu terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari yang lebih cepat. Bahkan pernah suatu ketika durasi puasa di negara ini kurang lebih 10 jam 30 menit. Meski demikian, umat muslim di negara ini punya tantangan tersendiri saat berpuasa karena cuacanya yang cenderung panas.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id