sign up SIGN UP

LIFE

3 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Berjemur untuk Mencegah COVID 19

Tria Oktyana | Rabu, 01 Apr 2020 03:15 WIB
3 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Berjemur untuk Mencegah COVID 19
caption
Untuk mencegah menyebaran COVID 19, banyak hal yang kita lakukan. Diantaranya adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari yang banyak dihimbau oleh para ahli kesehatan. Walaupun memiliki banyak manfaat ternyata berjemur di bawah sinar matahari harus sangat berhati-hati. Untuk itu kita perlu mengetahui 3 hal berikut ini!

Waktu yang Tepat untuk Berjemur




Foto: https://id.pinterest.com/artoflivingfashion8888/

Berjemur merupakan salah satu cara untuk tubuh mendapatkan asupan vitamin D secara alami. Manfaat vitamin D yang didapatkan saat berjemur dapat meningkatkan sistem imun, mencegah infeksi pada tubuh dan melawan penyakit, seperti penyakit jantung, beberapa jenis penyakit autoimun, kanker dan flu. 

Walaupun begitu saat berejmur kita perlu mengetahui waktu yang tepat agar penyerapan vitamin D secara maksimal. Ada dua jenis sinar matahari yaitu sinar ultraviolet A dan ultraviolet B. Sinar ultraviolet A muncul pada saat matahari mulai muncul yaitu sekitar pukul 5.30 - 7.00. Jam-jam ini wajib kita hindari karena diperaya dapat menyebabkan kanker kulit. 

Sebaliknya sinar ultraviolet B yang puncul pada pukul 10.00 - 15.00 merupakan sinar yang kita butuhkan kerena mengandung vitamin D. Para ahli kesehatan menyarankan waktu berjemur terbaik adalah sekitar pukul 10.00 - 15.00. 


Berapa Waktu yang Diperlukan?




Foto: https://id.pinterest.com/palenikovak/

Selain waktu yang tepat untuk berjemur kita juga perlu mengetahui berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk berjemur. Seperti kita ketahui, sinar matahari tak hanya memberikan manfaat tapi juga memiliki efek buruk yang dapat menyebabkan kanker kulit, radikal bebas dan mempercepat penuaan dini. 

Menurut para ahli, waktu yang diperlukan untuk berjemur adalah skitar 10-15 menit, terlalu lama berjemur di bawah terik matahari juga tidak baik untuk kesehatan. Saat berjemu juga jangan lupa untuk menggunakan sunblock untuk mencegah kulit terbakar sinar matahari.


Bagaimana Cara Berjemur saar Social Distancing




Foto: https://id.pinterest.com/sarahstrelz/
Tak seperti berjemur biasanya yang dapat dilakukan dimana saja atau dengan siapa saja. Saat melakukan social distancing ataupun self-isolation kita tak bisa berjemur di pantai bersama teman sambil canda tawa. 

Apabila kita ingin melakukan berjemur dengan sahabat ataupun keluarga, usahakan untuk menjaga jarak sekitar 1 meter agar tidak memperluas penyebaran virus. Apabila ingin melakukannya sendiri, pilihlah tempat yang nyaman untuk mendapatkan sinar matahari. Kita dapat membuka jendela kamar untuk membuat sinar matahari langsung masuk, ataupun pekarangan rumah yang disulap senyaman mungkin. 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id