sign up SIGN UP

SKINCARE

Waspada, Ternyata Ini Jenis-Jenis Penuaan dan Penyebabnya

Rumaysha Milhania | Selasa, 31 Mar 2020 15:00 WIB
Waspada, Ternyata Ini Jenis-Jenis Penuaan dan Penyebabnya
caption
Khawatir dengan kulit yang berisiko mengalami penuaan dini? Yuk, intip penyebab utama penuaan dini sesuai jenisnya yang harus diantisipasi!

Penuaan memang merupakan hal yang pasti terjadi dan dialami semua orang. Namun, bagaimana dengan kasus penuaan dini di mana kulit mengeriput dengan banyak noda hitam di usia yang lebih muda? Tidak bisa dipungkiri, masalah penuaan dini memang menjadi salah satu masalah yang dihadapi banyak orang saat ini.

Untuk mengatasinya, kamu memang bisa melakukan beberapa perawatan khusus hingga menggunakan produk skincare untuk menjaga kulit tetap kencang dan tampak muda. Namun, itu saja tidak masih belum cukup. Kamu harus benar-benar tahu jenis-jenis penuaan dini untuk bisa menyiapkan pencegahan terbaik dan tepat.
 



1. Penuaan Sel Kulit 


Foto: https://www.justaboutskin.com/


Usia sel ditentukan pada berapa kali mereka telah melakukan replikasi diri. Sel dapat mereplikasi sekitar 50 kali sebelum akhirnya materi genetik dalam tubuhnya tidak lagi dapat disalin secara akurat. Di sisi lain, kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas juga membuat sel-sel kulit ini menjadi lebih mudah rusak sehingga sulit untuk mereplikasi diri.
 




2. Penuaan Hormonal
 


Foto: https://www.katekerrlondon.co.uk/


Hormon memainkan peran yang sangat besar dalam proses penuaan, khususnya sepanjang periode pertumbuhan masa kanak-kanak dan remaja. Tingkat hormon akan berfluktuasi sepanjang hidup. Biasanya, masa pubertas remaja akan menjadi saat di mana jerawat bermunculan dengan tampilan pori-pori yang lebih besar. Di sisi lain, seiring bertambahnya usia, perubahan hormon menyebabkan kulit menjadi kering sehingga menyebabkan keriput.
 



3. Akumulasi Kerusakan Kulit
 


Foto: https://food.ndtv.com/


Kerusakan terakumulasi pada kulit merupakan faktor eksternal yang harus diantisipasi untuk mencegah penuaan kulit. Paparan racun, sinar UV dari matahari, makanan berbahaya, polusi, dan asap memiliki dampak buruk pada tubuh. Seiring waktu, faktor-faktor eksternal ini dapat menyebabkan kerusakan jaringan. Selanjutnya, tubuh akan kehilangan kemampuannya untuk memelihara dan memperbaiki sel, jaringan, dan organ.
 



4. Penuaan Metabolik
 


Foto: https://www.womenfitness.net/


Dalam kehidupan sehari-hari, sel-sel tubuh secara konstan mengubah makanan menjadi energi. Namun, hal ini proses ini sebenarnya juga menghasilkan produk sampingan yang bisa berbahaya. Nah, energi yang berisiko menyebabkan kerusakan pada tubuh ini akan menumpuk dari waktu ke waktu. Itulah sebabnya, menjaga pola makan dengan memilih asupan yang sehat dan membatasi kalori yang dikonsumsi per hari dipercaya dapat memperlambat penuaan.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id