sign up SIGN UP

LIFE

4 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kolagen, Efektif Cegah Kerutan di Wajah

Dian Aprilia | Selasa, 18 May 2021 15:30 WIB
4 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kolagen, Efektif Cegah Kerutan di Wajah
caption

Siapa sih yang tidak ingin wajah tetap terlihat awet muda? Ada berbagai cara untuk mencegah keriput di wajah sehingga tetap terlihat awet muda, mulai dari mengonsumsi makanan bergizi, suplemen, menggunakan skincare, olahraga, dan lainnya.

Salah satu hal yang sering dilakukan adalah dengan meningkatkan asupan kolagen. Kolagen adalah jenis protein pembangun jaringan ikat, kulit, tendon dan tulang.  Sebenarnya kolagen bisa diproduksi oleh tubuh secara alami, yakni dengan menggabungkan dua asam amino glisin dan prolin ditambah dengan vitamin C dan mineral tembaga.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 4 jenis makanan yang bisa meningkatkan kolagen.

Makanan Sumber Protein

Seafood
Seafood/pexels.com

Pembentukan kolagen dalam tubuh membutuhkan asupan protein. Banyak sekali jenis makanan yang merupakan sumber protein, mulai dari unggas, telur, makanan laut, produk susu, kacang-kacangan, keju, tahu dan lainnya.

Usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan protein harian, agar pembentukan kolagen tidak terhambat. Berdasarkan tabel Angka Kecukupan Gizi Kemenkes RI, diketahui kebutuhan protein masyarakat Indonesia adalah 56-59 gram per hari (perempuan) dan 62-66 gram per hari (laki-laki).

Makanan Mengandung Vitamin C

jeruk
Jeruk/pexels.com

Selanjutnya, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin C. Vitamin C bisa didapat dari buah sitrus (jeruk, lemon), jambu, stroberi, dan sayuran seperti brokoli dan kangkung. Berpijak dari AKG Kemenkes, diketahui kebutuhan vitamin C per hari ialah sekitar 75-90 mg.

Makanan yang Mengandung Prolin dan Glisin

Daging dan asparagus
Daging dan asparagus/pexels.com

Sumber asupan prolin diantaranya adalah putih telur, susu, kubis, asparagus, jamur, daging, keju, dan kedelai. Sementara itu, sumber asupan glisin ialah kulit ayam, gelatin, makanan yang mengandung protein, dan lainnya. Prolin dan glisin adalah asam amino yang penting untuk pembentukan kolagen, jadi tidak boleh diabaikan.

Makanan yang mengandung Tembaga

Alpukat
Alpukat/pexels.com

Sumber asupan tembaga ialah biji wijen, jeroan hati, tiram, bubuk kakao, sayuran hijau, kacang mete, alpukat dan juga lentil. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG), kebutuhan asupan tembaga orang dewasa adalah 10 mg/hari.

Selain sebagai pembentuk struktur kolagen, tembaga juga berfungsi untuk pembentukan hemoglobin, energi, mendukung fungsi saraf dan juga pertumbuhan tulang. Meski kebutuhannya sedikit, tapi jangan sampai dilewatkan ya.

Itulah 4 jenis makanan yang berperan untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh. Keempat jenis makanan tersebut bukanlah pilihan, melainkan harus dikonsumsi semuanya sesuai dengan jumlah kebutuhan.

Dengan begitu, kolagen bisa terbentuk dan melakukan fungsinya dengan baik. Mulai dari mengencangkan kulit, mencegah timbulnya kerutan, mengurangi tanda-tanda penuaan dan lain sebagainya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id