sign up SIGN UP

Tetap Bergairah, Ini 5 Makanan Pemicu Hormon Estrogen!

Izzul Millati Umami | Kamis, 13 May 2021 14:30 WIB
Tetap Bergairah, Ini 5 Makanan Pemicu Hormon Estrogen!
caption

Hormon estrogen itu penting banget buat wanita. Gimana enggak, hormon ini berpengaruh bagi perkembangan tubuh wanita, terutama komponen seks yang sangat penting untuk kebutuhan bereproduksi.

Nah, sebenarnya, tubuh pun bisa memproduksi hormon estrogen secara alami.  Namun, kadarnya pun menurun seiring bertambahnya usia. Nah, supaya hormon estrogen ini tetap ‘ada’ dalam tubuh, sebaiknya rutinkan konsumsi makanan berikut ini:

Bawang putih

bawang putih
bawang putih/sumber:pexels.com

Sebagai bumbu yang sering digunakan untuk menambah aroma pada masakan, bawang putih ternyata bisa mempengaruhi kadar estrogen. Bagi wanita, tentunya ini sangat membahagiakan. Bawang putih juga mengandung suplemen minyak yang berguna untuk kesehatan tulang. Bagi Ladies yang nggak ingin tulangnya cepat keropos di masa tua, coba konsumsi lebih banyak bawang putih. 

Tahu tempe

tempe
tempe/sumber:pexels.com

Sudah jadi rahasia umum bahwa tahu dan tempe kaya akan sumber protein nabati. Selain itu, tahu tempe punya kandungan isoflavon tinggi. Keduanya pun merupakan sumber estrogen yang sangat bagus bagi tubuh.  So, kalau Ladies ingin tetap menggairahkan di usia yang semakin menua, coba konsumsi tempe dan tahu, deh. 

Biji wijen

biji wijen
biji wijen/sumber:pexels.com

Siapa sangka, di balik ukurannya yang kecil, biji wijen mengandung manfaat yang sangat besar. Biji wijen diyakini mempengaruhi produksi hormon estrogen pada wanita. Bahkan, penelitian seputar biji wijen telah dipublikasikan dalam sebuah jurnal. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa wanita yang mengkonsumsi biji wijen selama seminggu mengalami peningkatan estrogen. 

Susu kedelai

Sama seperti tempe dan tahu, susu kedelai diyakini kaya dengan fitoestrogen. Dalam sebuah jurnal, terungkap sebuah hasil penelitian yang menyebutkan manfaat susu kedelai untuk peningkatan estrogen. Selain itu, produk-produk lain yang terbuat dari susu kedelai juga sangat bagus untuk memicu produksi hormon. 

Brokoli

brokoli
brokoli/sumber:pexels.com

Selain makanan dari kedelai semacam tempe dan susu, nyatanya sayuran seperti brokoli juga punya kandungan estrogen yang lumayan tinggi. Jenis sayur lain yang punya khasiat seperti brokoli adalah bunga kol dan kubis. Dilaporkan, terdapat lignan dan coumestrol dalam sayur-sayuran tersebut. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id