sign up SIGN UP

LIFE

5 Cara Menyimpan Daging Ayam Agar Tahan Lama

LIFIA MAWADDAH PUTRI | Selasa, 21 Jul 2020 20:00 WIB
5 Cara Menyimpan Daging Ayam Agar Tahan Lama
caption
Jakarta -

Daging ayam merupakan salah satu jenis lauk pauk yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Selain enak, daging ayam pun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan protein, vitamin dan mineral yang tinggi pada daging ayam dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan lho! Selain itu, daging ayam juga dapat mengontrol kolesterol dan mengurangi risiko kanker. Namun jika penyimpanannya tidak dilakukan dengan benar, maka daging ayam pun bisa cepat busuk. Agar hal itu enggak terjadi, yuk simak 5 cara menyimpannya agar bisa bertahan lama!

Jangan Dicuci Dulu!

Jangan mencuci ayam jika ingin disimpan dalam waktu lama
Daging Ayam/freepik.com

Setelah dibeli, kamu pasti akan langsung mencuci daging ayam tersebut. Tapi, lain halnya kalau kamu ingin memasaknya di hari lain. Jika kamu mau menyimpan ayam di kulkas, jangan dicuci dulu ya, Beautynesian. Dengan enggak mencucinya terlebih dulu, daging ayam pun akan lebih tahan lama berada di dalam kulkas.


Letakkan di Wadah yang Tepat

Sebelum menyimpan daging ayam di kulkas, pastikan kamu sudah menyimpannya di wadah yang tepat ya! Wadah yang kamu gunakan harus mampu menampung seluruh stok daging dan mampu tertutup dengan rapat. Hal ini agar aroma daging enggak memengaruhi makanan lainnya di dalam kulkas.

Simpan di Freezer

Menyimpan ayam di freezer dapat bertahan hingga 1 tahun
Daging Ayam/freepik.com

Kebanyakan orang pasti menyimpan daging ayam pada freezer. Karena memang dengan meletakkan pada bagian ini, daging ayam pun dapat bertahan hingga setahun. Hal ini dapat terjadi karena suhu minus pada freezer mampu mencegah munculnya bakteri yang membuat daging ayam menjadi cepat busuk. Nah, untuk kamu yang ingin menyimpan stok daging ayam dalam waktu lama bisa meletakkannya pada bagian ini.

Selain Freezer, Bisa Juga Disimpan di Rak Bawah Kulkas

Berbeda dari menyimpan di freezer yang mampu membuat daging ayam bertahan lebih lama, pada bagian rak bawah ini ayam hanya mampu disimpan selama 2 hari saja. Peletakkan daging ayam pada bagian ini sangat cocok jika kamu ingin mengolah ayam dalam waktu dekat. Namun, jangan lupa untuk memastikan suhu kulkasmu berada pada rentan 0-5 derajat celcius ya.

Menyimpan Ayam yang Sudah Dimasak

letakkan ayam yang sudah dimasak pada wadah yang kedap udara.
Daging Ayam/freepik.com

Jika kamu memasak ayam terlalu banyak dan ingin menyimpannya, kamu bisa meletakkan pada wadah yang kedap udara. Atau, kamu juga bisa menyimpannya dalam kemasan ziploc. Kemudian, ingat-ingatlah tanggal kamu membekukannya. Ketika kamu ingin menghangatkannya kembali, cairkan dengan menggunakan microwave pada pengaturan defrost. Selain itu, pastikan tidak ada gumpalan beku atau bintik-bintik di tengah daging ayam tersebut.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id