sign up SIGN UP

LIFE

5 Cara yang Ampuh Atasi Sakit Pinggang Saat Datang Bulan

Vindi Fitriana | Minggu, 15 Mar 2020 11:30 WIB
5 Cara yang Ampuh Atasi Sakit Pinggang Saat Datang Bulan
caption
Aktivitas yang padat seketika menjadi terganggu oleh munculnya datang bulan yang rutin setiap bulannya. Apalagi ditambah dengan munculnya salah satu gejala yang dirasakan, seperti sakit pinggang yang tak tertahankan. Nah, ini dia cara untuk mengatasi sakit pinggang yang dirasakan saat datang bulan!

Tentu sebagian wanita pernah merasakan sakit pinggang yang disebabkan oleh datang bulan. Perlu kamu ketahui bahwa sakit pinggang tersebut bukan kondisi yang berbahaya. Karena saat datang bulan, otot pada perut akan mengalami kontraksi akibat tegang.

Nah, ketegangan pada otot inilah yang memicu munculnya rasa nyeri di perut termasuk otot di bagian pinggang. Untuk mengatasi sakit pinggang yang disebabkan oleh datang bulan, berikut cara ampuh mengatasi sakit pinggang yang ampuh.


1. Minum Air Putih Hangat




Foto: Istimewa

Saat sakit pinggang kamu perlu mengganti cairan tubuh yang hilang dengan perbanyak minum air putih. Disarankan, minum air hangat agar sakit pinggangmu lebih reda. Hal ini karena air hangat dapat meningkatkan aliran darah juga mengendurkan otot yang kram.


2. Kompres dengan Air Hangat




Foto: Istimewa

Selain minum air putih hangat, kamu bisa mengompres bagian pinggangmu yang sakit. Kamu bisa mengopresnya dengan menggunakan washlap atau kantong khusus.

Perlu diketahui bahwa mengopres menggunakan air yang hangat dapat memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah dan suplai oksigen lebih mudah mencapai daerah yang sakit. Dengan begitu sakit pinggangmu menjadi reda. Bahkan kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan hal tersebut. 


3. Melakukan Peregangan




Foto: Istimewa

Sakit pinggang saat menstruasi pasti tidak akan terasa nyaman, untuk itu kamu bisa mengatasinya dengan cara melakukan peregangan sederhana. Caranya, kamu hanya perlu duduk, kemudian purar badan secara bergantian ke kanan dan kiri.


4. Mengonsumsi Kunyit




Foto: https://www.practicalpainmanagement.com/

Sudah pernah dengar bukan khasiat kunyit saat datang bulan? Ya, tumbuh-tubuhan yang dijadikan jamu ini dapat meredakan nyeri pada bagian pinggang kamu. Hal ini dikarenakan kunyit telah teruji klinis yang dapat menekan inflamasi (peradangan) yang menjadi biang nyeri. Kamu bisa mengkonsumsi minuman kunyit asam secara teratur ya!


5. Melakukan Olahraga




Foto: https://www.thestar.com.my/

Hanya sebagian orang saja yang rutin untuk melakukan olahraga. Padahal olahraga yang dilakukan secara teratur akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Selain itu bagi sebagian wanita dapat membantu meredakan sakit pinggang saat datang bulan menghampiri.

Perlu diketahui juga bahwa beberapa penelitian menganjurkan untuk berolahrga secara rutin untuk menghilangkan rasa nyeri di pinggang. Hal ini dikarenakan saat olahraga, tubuh secara alami akan menghasilkan hormon endorfin. Hormon ini diproduksi oleh otak untuk meringankan rasa sakit dari dalam. Apalagi, olahraga teratur juga mampu memperlancar aliran darah pada daerah yang terasa nyeri sehingga mengurangi terjadinya bengkak maupun peradangan.

Nah, buat kamu yang masih malas untuk berolahraga. Kamu bisa memulainya dengan melakukan beberapa olahraga, seperti jogging, lari, bersepeda, berenang, dan jalan kaki.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id