sign up SIGN UP

LIFE

5 Manfaat Blueberry untuk Kulit Kamu

Atikah Nur Pertiwi | Selasa, 12 Jan 2021 07:00 WIB
5 Manfaat Blueberry untuk Kulit Kamu
Manfaat Blueberry untuk Kulit Sehat/freepik.com

Memuncaki daftar sebagai makanan super alami, blueberry dikenal karena khasiatnya yang dapat melawan penyakit. Tidak hanya itu, blueberry  juga merupakan makanan yang sangat baik untuk diet dan yang paling penting untuk kesehatan kulit kita lho.

Dengan lebih memperhatikan nutrisi dan kesehatan kulit, banyak orang bertanya-tanya bagaimana blueberry dapat membantu kulit mereka tetap awet muda dan sehat.

Kira-kira apa saja ya manfaat blueberry untuk kulit?

1. Melawan Penuaan Dini

Peebandingan penuaan dini yang terjadi
Melawan Penuaan Dini/freepik.com

Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas menurun. 

Blueberry mengandung antioksidan tinggi dengan senyawa alami yang membantu melawan radikal bebas perusak sel, melindungi kulit dari kerusakan dan mempercepat penyembuhan kulit.

Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari, asap rokok, polusi, dan pola makan yang buruk dapat meningkatkan produksi radikal bebas di kulit. Ketika ada lebih banyak radikal bebas daripada antioksidan, sel-sel kulit mulai melemah dan menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Bersama dengan buah dan sayuran kaya antioksidan lainnya, makan blueberry dapat meningkatkan asupan antioksidan total untuk membantu mengurangi penuaan dini.

2. Memperbaiki Sirkulasi

Wajah sehat dengan sirkulasi yang baik
Memperbaiki Sirkulasi/freepik.com

Diet tinggi blueberry dikaitkan dengan kesehatan jantung dan sirkulasi yang penting untuk kesehatan kulit. Kulit yang terpapar lingkungan luar, biasanya membutuhkan nutrisi dan oksigen untuk menyembuhkan dan memperbaiki. Itulah kenapa jantung memompa darah ke seluruh tubuh untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi ke sel, serta membuang limbah darinya.

Jika kamu makan 1 cangkir (148 gram) blueberry per hari, dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengirimkan nutrisi dan oksigen ke kulit dan sel-sel lain, serta membuat kulit jadi lebih sehat, lho.

3. Meningkatkan Kolagen Secara Alami

Kolagen alami pada tubuh
Meningkatkan Kolagen Secara Alami/freepik.com

Blueberry mengandung dua antioksidan tinggi, yaitu vitamin C dan antosianin yang dapat membantu tubuh membangun lebih banyak kolagen, protein yang memberi struktur dan kekenyalan kulit.

Dalam 1 cangkir (148 gram) menyediakan 16% dan 19% kebutuhan vitamin C harian untuk pria dan wanita. Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen, terutama untuk kulit kuat dan sehat. Hal ini juga baik sebagai antioksidan alami untuk melindungi kolagen di kulit dari kerusakan. 

Jika ingin memiliki kulit kenyal alami dan asupan kolagen yang baik, cobalah memakan blueberry untuk membantu menjaga kulit kamu ya.

4. Dapat Mengurangi Jerawat

Dapat mengurangi jerawat pada wajah
Dapat Mengurangi Jerawat/freepik.com

Jerawat adalah kondisi kulit inflamasi umum yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat, menyebabkan perubahan warna kulit dan kemerahan, bengkak, benjolan yang meradang seperti pustula atau jerawat.

Blueberry adalah sumber karbohidrat glikemik rendah, yang terkait dengan peradangan terkait jerawat yang lebih rendah. Meskipun tidak ada penelitian langsung yang menghubungkan blueberry dengan pengurangan jerawat, diet tinggi antioksidan dalam blueberry dapat membantu penurunan peradangan dan dapat mengurangi pembengkakan jerawat, serta perubahan warna kulit.

Jadi, memakan blueberry dapat memberi tambahan nutrisi untuk mendukung kulit kamu. Perlu diingat, untuk tidak mengoleskan blueberry langsung ke kulit ya, karena malah dapat memperparah jerawat kamu, Ladies!

5. Mendukung Usus yang Sehat

Kesehatan usus yang baik untuk kulit
Mendukung Usus yang Sehat/freepik.com

Adanya penelitian muncul yang menunjukkan, bahwa kesehatan usus berhubungan dengan kulit lho. 

Serat memang sangat penting untuk mikrobioma usus yang sehat dan merupakan kelompok bakteri yang hidup di usus. Secara khusus, dysbiosis bakteri merupakan ketidakseimbangan bakteri di usus, yang mungkin terkait dengan kondisi kulit seperti jerawat, psoriasis, eksim, rosacea, dan penuaan dini.

Blueberry adalah sumber serat yang sangat baik, mengandung hampir 4 gram dalam satu cangkir (148 gram). Dengan kata lain, blueberry membantu mendukung mikrobioma yang sehat dan kulit sehat. Ayo coba mulai mengkonsumsi blueberry untuk menjaga kesehatan kulit kamu ya, Ladies!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id